Jadi Sarang Bakteri, inilah 5 Hal Terjorok di Sekitarmu Selalu bersihkan tangan setelah menyentuh benda-benda ini.(foto: pixabay/hans)

JIKA ditanya apakah bagian terjorok di rumah, kamu pasti akan menyebut dudukan toilet sebagai jawabannya.

Ternyata jawaban itu salah! Bagaimana bisa?

"Hampir semua orang ketakutan terhadap kuman yang keluar dari bagian dubur. Namun, dudukan toilet bisa jadi merupakan bagian tebersih di toiletmu, karena kamu membersihkannya amat sering. Paling tidak setiap kali akan memakai toilet," ujar Charles Gerba, profesor bidang mikrobiologi di Universitas Arizona, seperti dilansir Health.

BACA JUGA: Kapan Sih Melancong Aman Kembali?

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa bebas menyentuh dudukan toilet begitu saja lalu berpikir itu bebas kuman, ya. Faktanya, memang ada titik-titik dalam rumah yang ternyata jauh lebih kotor ketimbang dudukan toilet.

Apa saja?


1. Handuk tangan dekat wastafel

handuk tangan
Handuk tangan yang lembap jadi sarang kuman. (foto: pinterest)

"Bakteri suka sekali hidup di lingkungan yang basah dan lembap," ujar Gerba.

Handuk, demikian juga yang untuk lap tangan, memang didesain untuk menyerap air. Itu memang bagus untuk mengeringkan tanganmu. Jangan lupa, handuk yang lembap ternyata juga bagus untuk perkembangan bakteri. Terlebih bila kamu tidak mencuci tangan dengan benar.

Saat mengeringkan tangan dengan handuk tangan, kamu tanpa sengaja memindahkan kuman ke handuk lembap yang merupakan sarang terbaik bagi kuman untuk berkembang biak. Yang bikin lebih jorok, biasanya handuk tangan diganti dalam rentang yang lama, paling tidak seminggu sekali. Itu akan membuatnya makin kotor dan berkuman.

Gerba menyarakan gantilah handuk tangan dua hari sekali.


2. Tempat sikat gigi

tempat sikat gigi
Tempat sikat gigi yang jarang dibersihkan memuat banyak kuman. (foto: homerises.com)

"Orang-orang amat jarang membersihkan titik yang satu ini," ujar Gerba.

Sebuah laporan dari NSF International di 2011 menemukan 27% tempat sikat gigi merupakan rumah bagi bakteri Coliform. Jenis bakteri itu meliputi Salmonella dan E coli.


3. Sabut cuci piring

sabut cuci piring
Benda kecil ini paling banyak berisikan kuman. (foto: pinterest)

Hal kecil ini mungkin tak terpikirkan oleh kamu. Gerba menyebut benda inilah yang merupakan hal paling jorok dan kotor dalam rumah.

"Itu mungkin mengandung ratusan jutaan bakteri," ujarnya.

Senada dengan Gerba, NSF menyebut 75% spons atau sabut cuci piring mengandung Coliform.

BACA JUGA: Lawan Corona, Peralatan Medis Harus Bebas Virus


4. Talenan

talenan
Selalu cuci dan gosok talenan agar bebas kuman. (foto: cuttingboard.com)

Biasanya sehabis masak, sebgian besar orang hanya akan membasuh talenan lalu menyimpannya. Namun, ternyata itu enggak cukup. Gerba menyarankan kamu untuk mencucinya dengan sabun, menggosoknya dengan seksama, kemudian mengeringkannya. Itu akan menghindarkan talenan dari kuman.


5. Trolley supermarket

trolley
Pegangan trolley supermarket menyebarkan kuman kemana-mana. (foto: pixabay/michael gaida)

Tidak hanya di rumah, di luar rumah pun banyak benda yang kamu sentuh ternyata amatlah kotor. Trolley supermarket misalnya.

"Hampir semuanya merupakan tempat berkembang biak E coli. Penyebabnya, banyak orang yang selalu menyentuh pegangannya setelah memegang produk mentah, seperti daging," ujar Gerba.


Bahkan, tas belanjan pakai ulang bisa jadi amat jorok karena orang cenderung jarang mencucinya.

Selain lima hal itu, banyak lagi benda-benda jorok yang mungkin kamu sentuh sehari-hari, seperti tali sepatu, dompet, kunci mobil, hingga papan ketik.

Agar terhindar dari semua bakteri itu, Gerba menyarankan kamu untuk selalu menggunakan hand sanitizer saat di luar rumah atau langsung mencuci tangan dengan sabun begitu kamu masuk ke rumah. Dengan begitu, peluang terkontaminasi bakteri jadi berkurang separuhnya.

Jadi jangan lupa cuci tangan dengan sabun, ya.(dwi)

BACA JUGA: Karena Sudah Terbiasa, 5 Cara Cuci Tangan yang Kita Lakukan Ternyata Salah

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH