Teknologi

Cara Membersihkan Smartphone Agar Terbebas dari Kuman

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 21 Juni 2018
Cara Membersihkan Smartphone Agar Terbebas dari Kuman
Smartphone harus rutin dibersihkan. (Foto: Pixabay/jeshootscom)

BELUM lama ini, ada sebuah survei yang menemukan 92 persen ponsel yang diuji terdapat bakteri. Hal itu memang terdengar cukup menakutkan, karena tak baik untuk kesehatan.

Salah satu cara menanganinya yaitu membersihkannya. Namun kamu tak bisa asal membersihkan, karena jika salah caranya bisa jadi smartphone kamu malah rusak.

Untuk itu, seperti yang dilansir dari Miui, berikut ini kiat-kiat tentang pemeliharaan smartphone dan cara membersihkannya dengan mudah.

1. Rajin untuk Mengelap Smartphone

Lap smartphone sesering mungkin. (Foto: miui)

Kamu harus sesering mungkin mengelap smartphone kamu. Dalam hal ini kamu bisa mengelapnya dengan lap yang sudah dibasahi anti bakteri sebelumnya. Selain itu sebagai alternatif untuk membersihkan layar kamu yaitu kamu membutuhkan botol semprot kecil, 8 ons alkohol gosok 70 persen serta 8 ons air sulingan, karena jika air keran akan meninggalkan residu.

2. Bersihkan Detil Smartphone

Bersihkan hingga detil. (Foto: miui)

Pada smartphone banyak sisi-sisi kecil yang sulit dijangkau dengan menggunakan lap. Untuk itu gunakanlah tusuk gigi kayu untuk membersihkan celah-celah kecil di smartphone kamu. Setelah itu bersihkan kembali dengan sisa debu dengan kapas kering. Sementara untuk beberapa detail seeperti lensa kamera kamu dapat menggunakan kapas segar yang telah dicelupkan kedalam larutan pembersih dan memutarnya di lensa kamera serta bagian detail di chassis smartphone. Bersihkanlah dengan teliti namun lembut, karena jika kamu bersihkan dengan cara yang kasar dapat menggores smartphone kamu.

3. Bersihkan Headphone

Jangan melupakan earphone/headphone. (Foto: Pixabay/firmbee)

Selain smartphone, perangkat pendukung lain yang kerap kamu gunakan juga harus dibersihkan. Seperti halnya headphone. Menjaga kebersihan headphone dapat kamu lakukan dengan membersihkannya dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan sabun cuci piring dan air secara keseluruhan. Namun jika headphone kamu terdapat penutup silicon, kamu dapat melepaskannya dan membersihkannya secara terpisah dengan sikat gigi. Setelah itu kamu celupkan kapas kedalam alkohol dan bersihkan lagi secara menyeluruh. Dan untuk finishing, biarkanlah headphone kamu benar-benar kering sebelum kamu gunakan kembali.

4. Pemeliharaan

Berilah pelindung pada layar ponsel kamu. (Foto: Pixabay/newswatch)

Setelah dibersihkan dengan baik, kamu jangan lupa lakukan pemeliharaan harian yang membuat smartphone kamu tetap berjalan lancar dan kondisi prima. Caranya yaitu, cek temperature smartphone kamu, catat suhu minimum dan maksimum yang tercantum dalam dokumen kelengkapan ponsel kamu dan pastikan tak kamu tak meninggalkan ponsel disembarang tempat. Selain itu casing serta tempered glass juga cara yang tepat agar smartphone kamu terlindungi. Tapi kamu sebaiknya memilih case serta pelindung layar dengan kualitas yang baik sebelum membelinya.

Selain itu, ketika mengisi daya atau batrai smartphone kamu, sebaiknya lepaskan case handhpone kamu, guna mencegah suhu naik terlalu tinggi. Selain itu kamu juga perlu berhati-hati saat memegang ponsel dengan tangan kamu yang masih basah, terlebih jika kamu baru saja memegang makanan, berkebun atau hal-hal lainnya yang membuat tangan kamu kotor, karena dapat menyebabkan kuman menempel pada smartphone kamu. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Usai Viralnya Donat Mie Instan, Kini Muncul Donat Nugget

#Ponsel
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan