Bersepeda Layaknya Atlet Bersama Komunitas Mozia Loop Komunitas bersepeda Mozia Loop saat melakukan riding dengan intens (Side.id/Andhika)

SEIRING maraknya hobi bersepeda, komunitas hobi gowes pun kembali bermunculan. Baik komunitas yang baru dibentuk maupun yang sudah 'senior', seperti Mozia Loop. Mereka termasuk salah satu komunitas bersepeda yang tergabung dalam Serpong Cycling Team (SCT) dan sudah aktif sejak 2015 di kawasan BSD.

Baca juga:

Bersepeda ke Kantor Tanpa Terlihat Berkeringat

Bukan sekadar bersepeda untuk konten media sosial, Mozia Loop berfokus pada pelatihan fisik layaknya atlet profesional. Selain kegiatan gowes rutin, komunitas yang mengambil nama dari tempat mereka berkegiatan yakni The Mozia BSD City, juga melakukan sharing session seputar edukasi ketika bersepeda.

"Awalnya berkegiatan di Spring, karena lokasi tersebut kini sudah ramai, kami pindah lokasi ke sini," tutur founder sekaligus coach di komunitas Mozia Loop Sony Wahyudin kepada side.id saat ditemui Rabu (22/7).

Bersepeda Layaknya Atlet Bersama Komunitas Mozia Loop
Mozia Loop merupakan komunitas sepeda yang berbasis di The Mozia BSD City. (Side.id/Andhika)

Melaju mengitari jalur (lap) sepanjang 2,7km secara berkelompok dan intens, program pelatihan fisik yang dilakukan Mozia Loop berperan penting untuk urusan yang satu ini.

Mereka melakukan latihan rutin setiap Selasa hingga Minggu, program latihan yang dilakukan termasuk latihan candance, power, dan endurance untuk menjaga stamina dan pace saat riding.

Untuk bisa riding bareng Mozia Loop, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi, di antaranya yakni dilarang memotong jalan, dilarang berhenti gowes, dilarang menyalip barisan, jangan berhenti mendadak, dan wajib untuk selalu berhati-hati.

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Bersepeda Bisa Menyebabkan Impotensi

Sebagaimana Mozia Loop melaju berkelompok (berbaris), peraturan-peraturan di atas penting dipatuhi untuk menghindari kecelakaan. Kedisiplinan menjadi hal penting saat bersepeda bersama komunitas ini. Pasalnya jika ada satu anggota yang melakukan kesalahan, bisa berdampak (kecelakaan) bagi seluruh rombongan.

Penting juga untuk menjaga kondisi tubuh agar stamina saat riding tetap prima. Kedisiplinan dan kondisi tubuh menjadi hal penting ketika bersepeda.

Bersepeda Layaknya Atlet Bersama Komunitas Mozia Loop
Komunitas Mozia Loop juga terbuka untuk seluruh jenis sepeda. (Side.id/Andhika)

“Mozia Loop ini wadah bagi siapapun yang mau bersepeda, sebagai bentuk edukasi juga terutama untuk para pesepeda yang sekarang banyak baru mulai bersepeda itu enggak concern mengenai kesehatan dan performance,” jelas Maverick Jonathan sebagai salah satu anggota Mozia Loop.

Komunitas ini juga terbuka untuk berbagai jenis sepeda. Meski begitu, jenis sepeda yang paling cocok untuk riding bareng Mozia Loop adalah tipe road bike atau sepeda lipat. Mengingat jalur yang dilalui adalah jalanan datar.

Tertarik untuk riding bareng Mozia Loop? Hal yang kamu butuhkan hanya perlu membawa sepeda sendiri lengkap dengan peralatan keamanan seperti helm dan lampu sepeda. Tentunya kamu harus datang tepat waktu.

Biasanya komunitas Mozia Loop berkumpul di Plaza The Mozia pukul 06:00 WIB untuk melakukan briefing sebelum mulai gowes. Kamu juga bisa melihat jadwal latihan atau riding komunitas kece ini dengan mengecek akun instagram @mozialoop. (side.id/valentine)

Baca juga:

Merawat Sepeda Brompton ala Komunitas Brompton BOAS



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH