Merawat Sepeda Brompton ala Komunitas Brompton BOAS Perawatan sepeda Brompton ternyata sederhana. (Foto Marketing Week)

BERSEPEDA lagi hit. Ini jadi hobi baru di tengah pandemi COVID-19. Tak jarang mereka yang awalnya biasa saja, kini bahkan membeli harga sepeda dengan harga fantastis. Di pasaran, jenis dan harga sepeda amat beragam, mulai dari MTB, BMX, sampai jenis sepeda lipat.

Salah satu merk sepeda lipat yang belakangan ini ramai diperbincangkan ialah Brompton. Ya, merk satu ini memang dikenal berharga tinggi. Sepeda ‘sultan’ asal Inggris ini sudah pasti wajib kamu rawat agar tetap awet dan kinclong.

BACA JUGA:

Yuk Intip Sejarah Singkat Sepeda Brompton yang Fenomenal

Biar perawatan Brompton kamu tepat, tips dari Komunitas Brompton of Alam Sutera Serpong (BOAS) bisa kamu sontek. Seperti namanya, BOAS merupakan komunitas sepeda Brompton di seputaran Alam Sutera yang dibentuk 2017 silam. Komunitas ini rutin menggelar gowes bareng ke Jakarta setiap minggu. Komunitas yang dibentuk Rudy Gunawan dan tiga rekannya ini membagikan tips merawat sepeda Brompton.

brompton
Dijuluki sepeda para 'sultan'. (Foto Metro Cycles)

Ternyata merawat sepeda Brompton tidak sesulit yang dibayangkan. Menurut Rudy, Brompton sama dengan sepeda lipat lainnya dalam hal perawatan. “Sebetulya enggak ada sih yang spesial. Cuma kan mungkin karena ini steel, jadi kalau kena hujan harus langsung dilap atau dibersihkan biar enggak karatan,” papar Rudy.

Humas BOAS Henry Adhi Nugraha juga menuturkan hal serupa. Ia mengatakan merawat sepeda lipat Brompton memang tidak repot. “Sebetulnya sih sama saja. Paling diusahakan supaya tidak kena air. Kalau pun kena, ya harus langsung dilap atau dibersihkan, kemudian ya rajin juga diservis,” kata Henry.

brompton
Ada tiga komponen yang harus diperhatikan. (Foto Evans Cycles)

Ada tiga komponen penting yang harus diperhatikan dalam perawatan Brompton, yakni rantai, ban, dan rem. Pada bagian rantai, kamu harus sering membersihkannya jika ada kotoran yang menumpuk, terlebih jika kamu sering bersepeda. Setelah itu, jangan lupa olesi rantai dengan pelumas.

brompton
Mahal atau tidak, sepeda wajin dirawat. (Foto Damian Harris Cycles)

Bagian yang tidak kalah penting lainnya ialah ban. Berfungsi sebagai komponen agar sepeda bisa beroperasi, tekanan ban harus diperhatikan. Tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Jika tekanan ban terlalu rendah, sepeda akan lebih berat saat digowes. Di lain hal, jika tekanan ban terlalu tinggi, nantinya stabilitas dan daya serap terhadap getaran akan berkurang. Terakhir, untuk bagian rem, pastikan permukaan brake line tetap bersih agar kinerja pengereman optimal. Tujuan lainnya ialah agar umur kampas rem dan velg lebih awet dan tahan lama.

Besar atau kecilnya harga suatu barang tak begitu penting sih. Hal yang paling sulit bukanlah membeli barang tersebut, melainkan cara merawatnya agar tetap awet dan tahan lama, ya kan? (and)

BACA JUGA:

Keseruan Komunitas Brompton BOAS dan BROMBE Gowes Bareng ke Cafe JTTS di Kemang


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH