Bersepeda ke Kantor Tanpa Terlihat Berkeringat

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 07 Juli 2020
Bersepeda ke Kantor Tanpa Terlihat Berkeringat
Tetap terlihat kering meskipun bersepeda ke kantor. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

PANDEMI COVID-19 membuat aktivitas bersepeda menjadi ramai. Bahkan tak sedikit yang kembali bersepada menuju kantor demi menghindari kerumunan pada moda angkutan massal.

Menjadi tantangan tersendiri ketika kita pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda. Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tidak bau keringat ketika tiba di kantor. Selain lebih sehat, bersepeda tentu ramah lingkungan dan kamu dapat menikmati perjalanan lebih segar.

Baca Juga:

Keseruan Komunitas Brompton BOAS dan BROMBE Gowes Bareng ke Cafe JTTS di Kemang

Keringat tentu menjadi masalah ketika inign melakukan aktivitas. Apalagi jarak rumah ke kantor yang bisa dibilang cukup jauh. Merangkum laman Life Hacker dan Bloomberg, berikut lima tips agar kamu tidak terlihat berkeringat setibanya di kantor.

1. Bangun lebih pagi

sepeda
Hitung waktu perjalanan agar tak terlambat masuk kerja. (Foto: Pexels/Anna Urlapova)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Ingat, kecepatan sepeda dengan kendaraan lain seperti mobil, motor, dan kereta sangat jauh. Agar tidak terburu-buru, kamu harus berangkat dari rumah beberapa jam sebelumnya. Misalnya, kamu harus tiba di kantor pukul 07.00 WIB, disarankan untuk sudah mulai pergi sekitar pukul 05.00 WIB. Semua ini ditentukan dari seberapa jauh jarak rumahmu ke kantor. Berangkat lebih pagi membuat kita tidak ngebut dan lebih santai ketika menuju ke kantor.

2. Tentukan rute perjalanan

sepeda
Pilih rute yang melintasi jalanan befrpohon. (Foto: Pixabay/em_framing)

Setelah kamu memutuskan untuk berangkat lebih pagi, langkah selanjutnya adalah menentukan rute perjalanan. Rencanakan rute di samping jalan yang sepi dan teduh karena banyak pohon. Bagian samping jalan seringkali memiliki kualitas udara yang lebih baik, sejuk, dan memberikan keteduhan. Akan lebih baik jika kamu berjalan di jalur yang disediakan khusus untuk sepeda. Meskipun jarak kantor yang jauh, kamu akan tetap tenang dan nyaman.

3. Suhu

sepeda
Bawalah baju ganti. (Foto: Unsplash/Yerko Lucic)

Pada dasarnya, keringat muncul karena adanya perubahan temperatur, kelembaban, usaha mengayuh sepeda, dan jenis pakaian yang dipakai. Jika kamu menggunakan pakaian tebal di suhu sekitar 23 derajat Celcius, mungkin kamu tidak akan berkeringat dan baik-baik saja. Berebda jika suhunya tinggi dan memiliki kelembaban sekitar 80 persen, rasanya sulit untuk tidak berkeringat. Sebaiknya kamu membawa baju ganti dan handuk, kemudian mengeringkannya di tempat kerja.

Baca Juga:

Nih Bedanya Brompton Tipe S, M, P, dan H

4. Gunakan pakaian yang tepat

sepeda
Perhatikan pakaianyang dikenakan. (Foto: Unsplash/Ving N)

Ketika bersepeda, hendaknya kita memperhatikan kemampuan gerak kayuh di sepeda. Gaun atau rok yang panjang berpotensi akan tersangkut di rem, jari-jari roda, atau gir rantai. Selain menjadi kotor, ini menjadi risiko yang berbahayat bagimu. Disarankan untuk mengenakan celana pandek dan baju jersey ketika bersepeda. Simpan pakaian kantor seperti kemeja dan celana bahan di tas yang kamu bawa. Setibanya di kantor, langsung ganti pakaian yang digunakan saat bersepeda dengan pakaian kantor yang telah ditentukan.

5. Pelan-pelan jika sudah dekat kantor

sepeda
Gowes santai kalau sudah dekat kantor. (Foto: Unsplash/Yolanda Sun)

Berkeringat paling sering terjadi ketika kamu sudah dekat dengan lokasi kantor. Apabila jarak kantor sudah dekat, kayuh sepeda secara perlahan dan nikmati suasana yang ada. Dengan begitu, fisik kita akan mereda secara perlahan dan membuat tubuh menjadi lebih sejuk. (and)

Baca Juga:

Ini Penjelasan Gear 1, 2, 3 dan 6 di Sepeda Brompton

#Juli MP X #Sepeda #Semangat Kerja
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan