Otomotif

Mobil Listrik Tetap Awet Selama WFH, Begini Kiatnya!

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 11 Mei 2020
Mobil Listrik Tetap Awet Selama WFH, Begini Kiatnya!
Cara merawat mobil listrik beda dengan mobil biasa (Foto: Pexels/Mike)

MOBIL dibiarkan nganggur selama work from home (WFH)? Awas, lama tidak dipakai mesin mobil bisa tidak awet. Apalagi kalau kendaraanmu ialah mobil listrik. Salah perawatan selama tidak digunakan, mobil kamu bisa rusak.

Merawat mobil listrik berbeda dengan mobil biasa. Namun bukan berarti cara merawatnya susah. Melansir KABAROTO, Head of Aster Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales, Boediarto membagikan beberapa tips merawat mobil listrik yang jarang digunakan.

Baca juga:

WFH Bikin Sepeda Motor Nganggur? Rawat dengan Cara Ini

Intinya mobil listrik menggunakan tenaga baterai sebagai komponen penggerak mesin. Hal ini ternyata mempengaruhi cara merawatnya. Misalnya saat diparkir, lokasi parkir bisa membuat kondisi baterai mobil jadi awet atau tidak.

Jangan parkir mobil listrik di tempat dengan suhu panas (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Boediarto menyarankan agar tidak memarkir mobil listrik di tempat yang suhunya tinggi. Apalagi yang langsung terpapar sinar matahari. Soalnya suhu panas akan memengaruhi kapasitas baterai dan masa pakainya.

Baca juga:

Di Tengah Pandemi COVID-19, Badan Antariksa India Banting Stir Produksi 'Hand Sanitizer'

Selain itu, perhatikan pula kapasitas baterai. Jaga agar kapasitas baterai sedang. Jangan sampai terlalu lama dalam keadaan penuh. Jangan pula sampai kapasitas baterai habis total. "Hindari kondisi baterai kosong dan tidak disarankan untuk menyimpan atau menjaga kapasitas baterai dalam kondisi penuh dalam waktu lama," ujarnya.

Jaga agar kapasitas baterai tetap sedang (Foto: Pexels/Rathaphon Nanthapreecha)

Soal kapasitas baterai, kamu juga harus menggunakan arus rendah (home charging) saat mobil lama tak digunakan. Sementara penggunaan quick charging atau arus tinggi bisa diminimalisir. Jika hanya bisa menggunakan quick charging, sebaiknya menggunakan normal-charge setidaknya dua minggu sekali. (ikh)

Baca juga:

Kisah Cinta Paling Romantis dan Bikin Iri di Tengah Pandemi COVID-19

#Mobil #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan