Belajar Pantang Menyerah Melalui Kisah Jatuh-Bangun Jerry Hermawan Lo Belajar Pantang Menyerah dari Jerry Hermawan Lo (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

SEORANG anak penjaja kue saban hari rehat di bawah pohon terperangah saat melihat rumah besar jauh di seberangnya. Ia terheran dengan ukuran rumah, halaman luas, jalur khusus kendaraan, dan berjajar mobil terparkir di sampai luar garasi.

"Suatu saat rumah saya harus sebesar rumah itu," anak tersebut membatin merangkai cita-citanya seperti ditulis Steven Beteng pada Life University. Namun, bagaimana anak penjaja kue menggapai cita-cita bahkan jika disebutkan di depan kelas sudah pasti teman-temannya akan menggunjingnya.

Baca Juga:

Pandemi Membuatku Jauh Lebih Berkembang

Rupanya anak penjual kue tersebut bukan sekadar bermimpi. Sejak duduk di kelas satu Sekolah Dasar (SD), Jerry Hermawan Lo harus bangun lebih awal. Ia harus membantu ibunya berjualan nasi uduk di pasar. Sepulang sekolah langkah kaki kecilnya harus berjalan puluhan kilometer berkeliling kampung menjajakan kue buatan ibunya. Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari demi mencukupi kebutuhan makan keluarga.

Jerry kecil bahkan harus menerima pilihan sulit, berhenti sekolah untuk membantu keluarga di pasar atau tetap sekolah dengan ekonomi keluarga sangat sulit. Ia memilih belajar di jalan menemukan petualangan baru. Jerry mengawali peruntungannya dengan berjualan kelapa parut dan ikan.

Namun, berbeda dari pedagang lain, Jerry menjual kelapa sudah diparut untuk memudahkan konsumen mengolah. Pemikiran tersebut melampuai anak-anak bahkan penjual kelapa pada umumnya di pasar. Alhasil lapaknya cukup diminati pembeli.

Jerry melalui berbagai rintangan dan tantangan sejak kecil, hingga akhirnya dia bisa menuai kesuksesan (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Setelah beranjak dewasa, Jerry mencoba peruntungan bekerja menjadi pencatat kupon undian berhadiah bernama National Lottery (Nalo). Kala itu, tugas Jerry hanya mencatat nomor tebakan konsumen. Setelah mendapat uang dari hasil kerja sebulan, Jerry memantapkan tekad untuk merantau ke Jakarta dengan tiga orang temannya.

Sesampainya di Jakarta, berbagai kerjaan dilakoni Jerry. Dari memandikan bus Gamadi, mencuci mangkuk kotor bakmi dan bubur, menjadi salesman, berjualan sabun colek, menjual resep sabun dan makanan, dagang barang kelontong, importir, ternak hewan, dan menjadi pebisnis ulang di bidang properti.

Baca juga:

Aku Belajar Gaya Hidup Minimalis di Masa Pandemi

Namun, tidak semua usaha dijalani Jerry berjalan mulus. Ketika membangun perusahaan sabun colek, Jerry rela melepas puncak karirnya sebagai sales baterai ABC dan anggur Cap Orang Tua. Bahkan, agar tahu cara membuat sabun colek, ia sempat menjadi buruh di pabrik sabun colek.

Saat perusahaan sabun colek ACC milik Jerry berkembang, nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah. Alhasil semua bahan kebutuhan usahanya hampir semua berasal dari luar negeri naik.

Sementara harga jual sabun coleknya tidak mungkin naik, lantaran para pesaingnya menurunkan harga. Hingga akhirnya usaha sabun colek Jerry pun bangkrut alias gulung tikar.

The Power of Mind, salah satu kunci kesuksesan Jerry Hermawan Lo (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Dalam merintis usahanya, Jerry tak setengah-setengah. Ia rela menjual rumahnya demi beroleh modal usaha.

Bahkan saat ekonominya terpuruk, Jerry berani berspekulasi menjual ranjang, meski keluarganya harus tidur di lantai, untuk modal membuat filter air. Dari hasi penjualan tersebutm, Jerry akhirnya menghadirkan produk filter air merek Y nan laris dipesan ketika Pekan Raya Jakarta.

Di samping pengorbanan, kerja keras dan inovasi, hal lain patut dicontoh Jerry Hermawan Lo kekuatan pikiran (the power of mind) di setiap mulai bekerja atau berbisnis.

Seperti saat Jerry masih menjadi penjual kue, berjanji akan punya rumah besar. Begitu pun ketika punya keinginan kuat memiliki perusahaan. Seluruh janji dan keinginan itu tidak hanya mengendap, tapi bekerja di alam bawah sadar, serta menggerakannya untuk berusaha lebih keras, hingga semuanya terwujud.

Dari hasil kerja kerasnya tersebut, kini Jerry sukses membangun JHL Group yang bergerak di bisnis properti, hotel, otomotif dan masih banyak lagi. “Menurut saya, orang yang ingin sukses harus menerapkan motto Panca Krida: Kesempatan, Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, Loyalitas,” kata Jerry dalam berbagai kesempatan.

Kisah jatuh-bangun Jerry Hermawan Lo sangat penting bagi generasi muda. Seperti halnya ilmu pengetahuan tidak melulu didapat dari bangku sekolah, tapi bisa darimana saja, tinggal bagaimana seseorang mau bekerja keras dan pantang menyerah dalam menggapai segala impian. (Ryn)

Baca juga:

Mengapa Guru Lebih Terkenang Murid Bandel Saat Berstatus Alumnus

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Punya Kaki Gemuk? ini Cara Mengecilkannya
Fun
Punya Kaki Gemuk? ini Cara Mengecilkannya

Berat badan berlebih di bagian kaki tidak hanya membuat penampilan kurang

Crocs Bakal Kembali Populer Gegara Justin Bieber?
Fashion
Crocs Bakal Kembali Populer Gegara Justin Bieber?

Saham Crocs langsung naik setelah Justin mengunggah sandal Crocs kemarin.

Penjualan Mobil Premium Meningkat Saat Pandemi
Fun
Penjualan Mobil Premium Meningkat Saat Pandemi

Ditengah anjloknya pasar otomotif karena pandemi, penjualan mobil premium mengalami peningkatan

4 Film yang Membuat Pemerannya Mendapatkan Piala Oscar Pertama
Fun
4 Film yang Membuat Pemerannya Mendapatkan Piala Oscar Pertama

Mulai dari Leonardo DiCaprio sampai Brad Pitt

Dosen Ubaya Ini Berhasil Bikin Aplikasi Mitigasi Bencana
Fun
Dosen Ubaya Ini Berhasil Bikin Aplikasi Mitigasi Bencana

Jika fokus menghadapi bencana erupsi gunung berapi merupakan mitigasi bencana struktural dan non struktural.

Hewan Laut Masih Makan Plastik
Fun
Hewan Laut Masih Makan Plastik

Plastik telah ditemukan di dalam usus sepertiga ikan yang ditangkap di Inggris.

Kebiasaan Main Game Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Fun
Kebiasaan Main Game Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tak disangka, bermain game juga punya manfaat kesehatan.

Album ‘Happier Than Ever’ Billie Eilish Resmi Dirilis
ShowBiz
Album ‘Happier Than Ever’ Billie Eilish Resmi Dirilis

Abum baru Billie Eilish bertajuk Happier Than Ever rilis Jumat 30 Juli 2021.

Kini Kamu Bisa Diramal oleh Cardi B
ShowBiz
Kini Kamu Bisa Diramal oleh Cardi B

Hanya berlaku sampe besok

Nikmati Hidangan Dimsum Fusion Ala Chef Ernest Christoga Hanya di Journey To The South Cafe Kemang
Fun
Nikmati Hidangan Dimsum Fusion Ala Chef Ernest Christoga Hanya di Journey To The South Cafe Kemang

Journey To The South gandeng Ernest Christoga ciptakan menu dimsum yang berbeda.