Belajar Jadi Vegetarian, Ini Tips Agar Doyan Makan Sayuran (Foto: Unsplash/Hermes Rivera)

SUDAH jadi rahasia umum banyak orang tidak suka makan sayuran. Hal ini berlaku terutama untuk orang-orang dengan tingkat kepekaan yang sangat tinggi terhadap rasa pahit.

Mungkin bagi beberapa orang, tekstur sayuran bisa menjadi biang keladi. Belum lagi alasan-alasan ajaib lainnya yang terkesan rada ‘maksa’.

Baca juga:

4 Manfaat Menjalankan Pola Hidup Vegan

Padahal sudah sejak dulu santer terdengar kalau sayuran sangat erat hubungannya dengan "makan sehat". Belum lagi manfaat di luar kesehatan. Apakah kamu tahu jika beralih dari pola makan hewani ke nabati, kita berkontribusi bagi lingkungan hidup lebih baik?

Tidak ada kata terlambat buat kamu yang sampai hari ini belum juga doyan mengonsumsi sayur-mayur. Mengingat begitu luar biasanya manfaat dari sayur mayur, hal itu bisa dijadikan alasan kamu untuk mencoba menggemari sayuran.

Melansir Chooseveg, berikut adalah beberapa tips yang layak dicoba untuk membantu kamu jadi doyan sayuran, antara lain:

1. Coba metode persiapan yang berbeda

1
Beberapa jenis sayuran baik untuk dikukus. (Foto: Unsplash/Sam Hojati)

Banyak cara untuk membuat sayuran jadi lebih lezat. Coba buat sayuran panggan. Brokoli, kembang kol, kubis, dan bahkan wortel semuanya terasa nikmat saat digabungkan bersama minyak zaitun kemudian dipanggang.

Masukkan bahan sayuran tersebut ke dalam oven sampai mendapatkan tingkat keempukkan sempurna. Beberapa sayuran lebih baik dikukus, seperti ubi, bit, dan kacang hijau, sementara yang lain lebih enak jika dimakan mentah.

2. Tidak harus selalu menjadi pendamping

2
Tambah pilihan saus krim. (Foto: Unsplash/Mike Von)

Sayuran jangan cuma kamu jadikan makanan pelengkap. Ini bisa jadi 'lauk' utama kamu. Biar lebih enak, tambahkan daging vegan yang beraroma atau biji-bijian dan kacang-kacangan favorit kamu pada menu sayuran.

3. Beli yang fresh

3
Beberapa lebih beraroma saat masih segar. (Foto: Unsplash/Scott Warman)

Banyak dari kita mungkin memiliki memori masa kanak-kanak tentang makan kacang hijau kalengan yang lembek. Mungkin di sinilah asal-muasal reputasi buruk yang didapat sayur-mayur karena memiliki rasa dan rupa yang sangat menggelikan.

Makanya beli sayuran yang segar. Bisa di pasar tradisional atau pasar swalayan yang berkualitas. Sayuran seperti jagung dan kacang polong manis, lebih beraroma saat dibeli dalam keadaan segar.

Baca juga:

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!

4. Selipkan sayuran ke dalam makanan

4
Pasta bisa sangat brilian. (Foto: Unsplash/Sarah Dubler)

Mac dan cheese yang dibuat dari butternut squash dan ubi? Kenapa tidak. Mac dan cheese sangat baik dan juga lezat. Cobalah menambahkan tomat panggang dan bawang bombai ke dalam pasta. Atau jika kamu ingin sedikit mencoba bertualang, cobalah mi zucchini atau spaghetti squash dengan marinara dan bakso vegan.

5. Jangan lupa lemak sehat

5
Cocok saat mengonsumsi banyak sayuran. (Foto: Unsplash/Prudence Earl)

Bagian dari menciptakan makanan vegan yang memuaskan adalah memastikan kamu memasukkan satu atau dua jenis lemak sehat ke dalam hidangan. Terutama saat kamu akan mengonsumsi banyak sayuran. Pertimbangkan alpukat, berbagai kacang, biji wijen, dan kelapa atau minyak zaitun.

Sayuran mengandung vitamin, mineral, serat, cairan pelembap, dan senyawa tanaman khusus. Sayuran jug mampu membantu melawan penyakit dan dengan kalori yang relatif sedikit.

Ada bukti bahwa mengonsumsi sayuran dapat dikaitkan dengan risiko memiliki masalah kesehatan yang lebih rendah seperti penyakit jantung .

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Sustainability menyorot mengapa kebutuhan akan daging sangat buruk bagi lingkungan.

Penelitian itu menunjukkan bahwa meningkatkan pertumbuhan kembali vegetasi akibat mengandalkan pola makan nabati dapat menghilangkan 9 hingga 16 tahun emisi CO2 bahan bakar fosil global.

Jika permintaan daging menurun di tahun-tahun mendatang, jumlah penghilangan CO2 itu akan secara efektif menggandakan anggaran karbon Bumi yang menyusut dengan cepat.

Jumlah ruang yang dibutuhkan untuk menanam makanan yang bersumber dari hewani mencakup 83% dari lahan pertanian di Bumi. Banyaknya lahan yang dibutuhkan untuk memelihara dan memberi makan hewan, berarti makin luas juga vegetasi asli ditekan. Akibatnya, ekosistem tidak dapat berkembang.

Nah, tunggu apa lagi? Mulai sekarang belajar untuk mengonsumi sayur-mayur dan menjadi vegetarian. Selama ada kemauan pasti berhasil. (lgi)

Baca juga:

Beragam Sajian Sayur Bantu Hadapi Pandemi

Penulis : Leonard Leonard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Basboi ‘Tresno Karo Kowe’ Di Single Terbarunya
ShowBiz
Basboi ‘Tresno Karo Kowe’ Di Single Terbarunya

Dirilis pada 12 Februari 2021, single ini adalah hasil kerja sama Basboi dengan CVX sebagai produser.

Brisia Jodie dan Fandy Christian Bintangi Web Series 'The Ways'
ShowBiz
Brisia Jodie dan Fandy Christian Bintangi Web Series 'The Ways'

Deretan artis ternama Tanah Air akan bintangi web series 'The Ways', seperti halnya Brisia Jodie , Fandy Christian dan masih banyak yang lainnya

Keberhasilan Ekshibisi E-Sports di PON XX Papua 2021 Gugah Perhatian Publik 
Fun
Keberhasilan Ekshibisi E-Sports di PON XX Papua 2021 Gugah Perhatian Publik 

Menjadi tonggak sejarah baru bagi dunia e-sports Tanah Air.

Cara Cerdas dan Anti Mainstream Pakai Hoodie-mu
ShowBiz
Sekeping Biskuit Oreo Bergambar Pokemon Dijual Rp357 Juta
Fun
Sekeping Biskuit Oreo Bergambar Pokemon Dijual Rp357 Juta

Belum lama ini, Pokemon bekerjasama dengan Oreo.

Tiongkok Temukan Eksistensi Alien? Ini Penjelasannya
Fun
Tiongkok Temukan Eksistensi Alien? Ini Penjelasannya

badan antariksa nasional tiongkok China National Space Agency (CNSA) mengumumkan kabar yang sangat-sangat mengejutkan. Yakni mengonfirmasi adanya penemuan kehidupan di luar Bumi

Riset, Kunci Penting Sukses Bisnis Obat Herbal
Fun
Riset, Kunci Penting Sukses Bisnis Obat Herbal

Bisnis obat herbal, kenapa tidak?

Dewa United E-Sports Tampil di Laga Pembuka AWC 2021
Fun
Dewa United E-Sports Tampil di Laga Pembuka AWC 2021

Fase Grup AWC 2021 akan dimulai pada 19-27 Juni 2021

Posisi Konsol Terbalik, Iklan PS5 Jadi Bahan Olokan
Fun
Begini Posisi Berkendara Sepeda Motor yang Aman dan Nyaman
Fun
Begini Posisi Berkendara Sepeda Motor yang Aman dan Nyaman

Kenali posisi yang aman dan nyaman dalam berkendara sepeda motor