Beragam Sajian Sayur Bantu Hadapi Pandemi Beragam cara mengonsumsi sayur dalam jumlah lebih banyak. (Foto: Unsplash/Anna Pelzer)

DI masa pandemi ketahanan tubuh menjadi pruoritas tak terbantahkan. Makan yang sehat merupakan salah satu caranya, seperti lebih banyak mengonsumsi sayur.

Makanan harus lengkap dan kaya akan nutrisi. Untuk itu kamu membutuhkan sayuran dalam setiap makananmu. Selain kaya nutrisi, sayuran juga menjadi antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Baca Juga:

Mengenal Istilah Food Coma, Kondisi 'Mager' Akibat Terlalu Banyak Makan

Dilansir dari Healthline.com, ada beberapa cara pengolahan sayur yang bisa menggugah selera makan kita dan dapat mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak.

1. Sup

sayur
Sup sayur atau sup krim sayur untuk mengonsumsi beragam sayur sekaligus. (Foto: Unsplash/Samee Anderson)



Ternyata sup menjadi salah satu solusi untuk mengonsumsi sayur dengan jumlah yang banyak sekaligus. Ketika membuat sup kamu bisa menambahkan beberapa jenis sayuran ke dalam masakanmu. Apalagi ada berbagai jenis sup, entah menjadi sup kaldu atau sup krim yang disukai banyak orang.

2. Mi vegetarian

sayur
Menambahkan sayur sebagai bahan dasar mi atau pasta. (Foto: Unsplash/Lea Interthal)

Bila kamu pecinta mi coba buat sendiri dengan bahan dasar sayur. Kalau biasanya mi tinggi karbohidrat, kali ini bisa mengonsumsinya tanpa rasa bersalah karena tinggi nutrisi. Biasa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mi adalah wortel, ubi, dan sayur lainnya.

3. Smoothie

sayur
Smoothie menjadi salah satu minuman yang menyegarkan dan mengenyangkan.(Foto: Unsplash/Truong Dat)

Smoothie bisa menjadi salah satu minuman yang menyegarkan dan juga mengenyangkan. Selain berbahan dasar dari buah, kamu bisa membuat smoothie dengan bahan dasar sayur-sayuran hijau. Seperti kale dengan blueberry, pisang, dan mentimun yang sangat bernutrisi. Minuman ini juga bisa menjadi camilan yang sehat untuk tubuh.

Baca Juga:

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli

4. Omelet sayur

sayur
Omelet sayur, menambahkan sayur dalam telur dadar. (Foto: Unsplash/Kaitlyn Chow)

Omelet atau telur dadar ini menjadi masakan yang paling sederhana dan mudah dibuat di rumah. Kamu bisa menambahkan sayuran ke dalam Omelet untuk menambahkan banyak nutrisi. Seperti menggunakan bayam, bawang bombai, daun bawang, jamur, tomat, dan sayur-sayuran lain.

5. Kebab vegetarian

sayur
Kebab sayur menjadi salah satu cara nikmat mengonsumsi sayur. (Foto: Unsplash/Likemeat)

Kalau biasanya kita mengonsumsi daging-dagingan di dalam kebab, kali ini kamu bisa menggantinya dengan sayur-sayuran seperti paprika, bawang bombay, jamur, zucchini, atau tomat yang cocok untuk kebab. Selain itu kamu juga bisa meletakkan sayuran cincang dan dipanggang seperti sate. (ren)

Baca Juga:

5 Rekomendasi Green Smoothies Enak Bebas Rasa Sayuran



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH