4 Manfaat Menjalankan Pola Hidup Vegan

P Suryo RP Suryo R - Senin, 03 Februari 2020
4 Manfaat Menjalankan Pola Hidup Vegan
Gaya hidup vegan sangat bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Unsplash/Miika Laaksonen)

POLA hidup vegan (vegetarian) belakangan menjadi gaya hidup yang diterapkan banyak orang di seluruh dunia. Vegan hanya mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung unsur hewani maupun sumber makanan dari hasil eksploitasi hewan.

Bukan pilihan buat kamu yang masih menggemari produk hewani. `Namun, jika kamu berhasil mengubah gaya makan menjadi vegan, akan banyak manfaat baik yang akan kamu dapat.

Baca Juga:

Atasi Sembelit dengan Makanan Ini


Menurunkan Risiko Terserang Kanker

vegan
Menekan risiko terkena kanker sampai 15%. (Foto: Unsplash/sydney Rae)

Seperti yang dilansir healthline.com, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran umumnya banyak dikonsumsi oleh vegan ketimbang non vegan. Ini menjawab pertanyaan mengapa tinjauan 96 studi yang ada menunjukan adanya angka 15% lebih rendah terhadap risiko terkena atau meninggal akibat kanker Diet vegan mengandung lebih banyak produk kedelai, yang bermanfaat melindungi dari kanker payudara.

Maksimalkan Kerja Organ

vegan
Fungsi ginjal akan bekerja dengan baik. (Foto: Unsplash/Alexandr Podvalny)


Menurut laman ecowatch.com, penelitian menemukan kalau mereka yang menjalankan diet vegan mengurangi risiko ginjal tidak berfungsi dengan baik. Biasanya hal ini disebabkan beralihnya jenis protein yang mereka konsumsi. Organ mereka secara keseluruhan akan lebih sehat, sedangkan yang mengkonsumsi protein memiliki otot yang lebih lemah.

Baca Juga:

Cegah Stunting dengan Perhatikan Isi Piring Anak


Menurunkan Kadar Gula Darah

vegan
Menekan konsumsi obat-obatan yang berhubungan dengan diabetes. (Foto: Pixabay/stevepb)


Menurut laman ecowatch, hampir setengah dari vegan sudah berhasil menekan jumlah pemakaian obat diabetes yang mereka butuhkan. Artinya, diet sangat menolong mengurangi kadar gula darah dan membantu memperbaiki kerusakan yang sebelumnya terjadi karena asupan gula tinggi sebelumnya. Tubuh akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin dan mereka tidak membutuhkan bantuan ekstra untuk menyerap glukosa.

Mengurangi Sakit Akibat Artritis

vegan
Meredakan peradangan pada persendian. (Foto: Unsplash/Anna Auza)

Dilansir dari ecowatch, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan vegan dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan rasa sakit yang dialami. Ini berhubungan dengan peradangan pada tubuh yang dapat disebabkan oleh produk hewani. Penelitian tersebut melibatkan makanan vegan yang kaya probiotik. Dalam studi tersebut, orang-orang yang mengikuti diet vegan selama enam minggu merasakan tingkat energi yang lebih baik dan tingkat rasa sakit yang lebih rendah. Terutama pada mereka yang menderita rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. (lgi)


Baca Juga:

Kenali 5 Penyebab Kulit Kering

#Vegetarian #Sayur Mayur #Buah
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan