Begini Cara Memperbaiki Atap Bocor dengan Perekat Multiguna

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 28 Desember 2022
Begini Cara Memperbaiki Atap Bocor dengan Perekat Multiguna
Perekat atap tidak hanya menutupi kebocoran atap, tetapi juga menyediakan lapisan pelindung untuk mencegah penetrasi air dan sinar matahari. (Foto: Pexels/Miguel-A Padrinan)

"TIK, tik, tik, bunyi hujan di atas genting. Airnya turun tidak terkira."

Lagu rakyat (folksong) untuk anak-anak ini mungkin masih tergiang di telingamu. Saat kecil, musim hujan bisa jadi momen yang paling kamu tunggu. Sebab kamu bisa bermain air dengan riang di sekitar rumahmu sembari bernyanyi-nyanyi.

Kemudian masa berputar dan kamu mendewasa, lalu memiliki rumah sendiri. Saat hujan turun, tak ada lagi keriangan seperti dulu. Malah kamu pusing tujuh keliling, tujuh hari, tujuh malam. Tersebab atap rumahmu bocor. Airnya turun tak terkira, membasahi semua benda di ruangan.

Sudah akhir bulan pula. Gaji belum turun. Ingin memanggil tukang bangunan, danamu belum cukup. Maka tak ada cara lagi selain memperbaiki sendiri atap tersebut dengan perekat (sealant) multiguna.

"Perekat atap tidak hanya menutupi kebocoran atap, tetapi juga menyediakan lapisan pelindung untuk mencegah penetrasi air dan sinar matahari," tulis laman thisoldhouse.com.

Baca juga:

Smart Home Berikan Ketenangan Bagi Pemilik Rumah Pergi Liburan

perekat multiguna
Perekat atap tidak hanya menutupi kebocoran atap, tetapi juga menyediakan lapisan pelindung untuk mencegah penetrasi air dan sinar matahari. (Foto: Pexels/Adrien Olichon)

Sealant tersedia dalam berbagai kemasan. Dari cairan dalam kaleng cat, cairan dalam kaleng semprot, cairan dalam semprotan pistol, sampai pita perekat. Bahannya juga beragam, seperti dari karet dan poliuretan.

Di Indonesia, sealant diproduksi oleh PT Adhi Cakra Utama Mulia selaku distributor Aquaproof. Tak hanya untuk atap, perekat multiguna bernama "Aquaproof Sealband" ini bisa diaplikasikan di berbagai bidang properti. Utamanya yang berkaitan dengan air guna mencegah kebocoran.

"Aquaproof Sealband merupakan perekat multiguna berbahan dasar bitumen atau aspal dengan lapisan pelindung aluminium yang cocok digunakan pada substrat seperti metal, beton kayu, akrilik, dan fiber glass," kata Marketing Manager di PT Adhi Cakra Utama Mulia, Chandra Kurniawan, seperti dikutip Antara (28/12).

Chandra menjelaskan, sealband mudah diaplikasikan layaknya menggunakan isolasi sehingga pemilik rumah tidak memerlukan jasa tukang untuk menambal kebocoran.

"Produk ini dapat dikatakan sebagai lakban antibocor yang memang didesain untuk konsumen yang membutuhkan solusi praktis mengatasi bocor dan rembes yang kerap terjadi di rumah," sebut Chandra.

Selain dapat diaplikasikan pada atap, Aquaproof Sealband dapat digunakan pada bak cuci piring, talang air, sudut antara dinding dan atap, pipa, dan tangki penampungan air.

Baca juga:

Persiapkan Rumah Hadapi Cuaca Ekstrem

perekat multiguna
Tak perlu menggunakan alat khusus dan zat aditif untuk mengaplikasian sealband. (Foto: Pexels/Pixabay)

"Daya lekat lakban ini tentu jauh lebih kuat dibanding lakban plastik sehingga produk ini tepat untuk selalu disediakan di dalam rumah untuk penggunaan sehari-hari,” kata Chandra.

Aquaproof Sealband tersedia di pasaran dalam dua ukuran: lebar 10 cm x panjang 10 m dan lebar 5 cm x panjang 10 m. Produk itu tersua di berbagai lokapasar daring dan toko bangunan luring.

Kamu tak perlu menggunakan alat khusus dan zat aditif untuk mengaplikasian sealband. Cukup menempelkannya saja di bidang yang dituju. Mudah sekali, ya? Berikut cara menggunakan Aquaproof Sealband.


- Bersihkan substrat. Retakan dengan lebar dari 3 mm harus diperbaiki atau ditutup terlebih dulu

- Potong Aquaproof Sealband sesuai panjang yang dibutuhkan dan lepaskan lapisan plastik

- Aplikasikan Aquaproof Sealband dengan cara ditekan di atas sisi permukaan yang kering

- Pastikan tidak ada udara yang terjebak, gunakan roll atau kain untuk meratakannya.

Saat menggunakan perekat tersebut, kamu harus memperhatikan juga hal berikut ini.

- Pastikan ada lebihan minimal 25 mm antar lapisan dan pastikan lebihan itu melekat dengan kuat

- Aquaproof Sealband akan jadi kaku jika terkena semen.

- Aquaproof Sealband tidak tahan terhadap asam dan basa.

- Jangan mengaplikasikan Aquaproof Sealband saat hujan. (dru)

Baca juga:

Merencanakan Anggaran Renovasi Rumah setelah Musim Hujan

#Rumah
Bagikan
Bagikan