Beberapa Pilihan Menu Bekal Sehat yang Cocok untuk Ngantor Mulailah membawa bekal makanan yang lebih sehat. (Foto: Unsplash/Shane Rounce)

BEKAL makan siang memiliki perbedaan besar dengan kebiasaan makan siang kamu. Jangan lupa kesehatan harus diperhatikan! Salah satunya adalah kebersihan dari wadah yang dipakai membawa makanan.

Termasuk pula tentunya nilai nutrisi yang ada pada makanan kamu. Yang harus diperhatikan adalah di dalam bekal sebaiknya mengandung dua jenis nutrisi penting, yaitu protein dan serat. Butuh waktu bagi tubuh untuk mencerna protein. Hal ini akan membuat kamu akan lebih lama merasa kenyang, bahkan hingga selesainya jam kerja.


Baca Juga:

Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan

makan
Makan siang sangat diperlukan, jangan pernah melewatkan. (Foto: Pixabay/wirdefalks)


Makan siang yang mengandung serat akan menjadi sumber energi. Sama halnya dengan protein, serat juga dapat memberikan efek rasa kenyang lebih awet. Termasuk menstabilkan kadar gula darah dan mencegah konstipasi.

Di lansir dari lama Alodokter.com, beberapa pilihan menu bekal makan siang dengan kategori praktis namun tetap sehat yang bisa kamu persiapakan untuk dibawa ke kantor.


Roti gandum dengan isian

makan
Memanggang roti dengan minyak zaitun ditambah isian. (Foto: Pexels/Buenosia Carol)

Bekal ini dianggap sehat karena kandungan banyak terdapat serat, protein, vitamin B, antioksidan, dan mineral. Pilihan buah berwarna hijau seperti alpukat cocok sebagai isian karena kandungannya rendah gula, kaya serat, dan beragam vitamin dan mineral.

Bukan cuma bikin kenyang sampai sore, dua bahan makanan ini juga akan membantu menurunkan berat badan. Memanggang roti dengan minyak zaitun dan menambah isian roti dengan selada, tomat, ikan tuna atau keju, jika memungkinkan.

Baca Juga:

Makanan Terlarang untuk Selebriti Korea

Salad buah atau sayur

makan
Mengandung banyak air yang mengenyangkan. (Foto: Unsplash/Sara Dubler)

Disarankan juga membuat bekal makanan seperti salad buah atau sayur. Buah dan sayur mengandung banyak air yang mengenyangkan dan kebutuhan cairan dapat terpenuhi. Kandungan vitamin dan antioksidan pada buah dan sayur bermanfaat menangkal paparan radikal bebas dan menurunkan risiko terserang penyakit.

Membuat salad sayur, terdiri dari tomat, mentimun, brokoli rebus, jamur, bawang bombai, dan selada. Tambahkan minyak zaitun, cuka apel, garam, dan lada untuk jadi saus salad yang menyegarkan.

Sementara salad buah-buahan seperti apel, stroberi, mangga, jeruk, semangka, dan melon. Pilihan yogurt rendah lemak yang digunakan sebagai saus agar salad buah memberikan manfaat bagi kesehatan.

Spaghetti

makan
Banyak yang tidak menyadari ternyata spaghetti menyehatkan. (Foto: Unsplash/Olayinka Babalola)

Spaghetti bisa jadi pilihan makanan sehat untukmu. Mengandung protein dan serat yang baik untuk sistem pencernaan dan rendah lemak dan garam.

Jika makanan ini menjadi pilihan bekal makan siangmu. Maka pilih jenis spaghetti yang terbuat gandum utuh karena kaya serat. Tambahkan minyak zaitun, garam, bubuk cabai, brokoli rebus, daging sapi atau tuna untuk membangkitkan selera. (lgi)


Baca Juga:

5 Bahan Sederhana yang Bikin Mi Instan Makin Enak

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH