Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Makanan untuk menambah berat badan (Foto: Pixabay/Silviarita)

DIET tak melulu bertujuan menurunkan berat badan. Karena, ada juga lho diet yang membantu kamu menambah berat badan, tentunya mengunakan cara-cara sehat. Seperti yang diketahui, menaikan berat badan memang mudah, tapi melakukannya dengan cara yang benar cukup sulit.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan kamu kekurangan berat badan misalnya tak suma makan, jarak makan yang lama, pilihan makanan yang buruk, gangguan makan seperti Nervosa dan bulimia, dan lain sebagainya. Orang dengan berat badan kurang memiliki indeks massa tubuh (BMI) di bawah 18,5 atau berat 15 persen hingga 20 persen di bawah normal untuk kelompok usia dan tinggi badan mereka.

Baca juga:

Pria ini Makan Malam Hanya Kentang Goreng, Rutin Selama 32 Tahun

Nah, kalau kamu ingin memiliki berat badan ideal dengan cara yang sehat, yuk ikiti tips dari situs Boldsky ini.

1. Selai kacang

Selai kacang (Foto: Boldsky)
Selai kacang (Foto: Boldsky)

Kacang dikemas dengan protein dan lemak dan merupakan pilihan makanan ideal bagi orang yang ingin menambah berat badan secara alami. Satu sendok teh selai kacang memiliki sekitar 100 kalori. Ini juga mengandung vitamin seperti magnesium, asam folat, vitamin B dan vitamin E. Kamu bisa meningkatkan asupan selai kacang dengan mengoleskannya pada sepotong roti dan sarapan.


2. Susu Lemak Utuh

Susu lemak utuh (Foto: Boldsky)
Susu lemak utuh (Foto: Boldsky)


Salah satu solusi paling sederhana untuk menambah berat badan secara alami adalah dengan meminum susu berlemak. Ganti susu skim dengan susu murni dan tubuh kamu akan mendapatkan 60 kalori per gelas. Susu juga kaya akan vitamin dan nutrisi serta sumber vitamin D dan vitamin A yang baik.

Baca juga:

Beberapa Fakta Menarik Tanaman Herbal, Dari Pengobatan Hingga Bahan Masakan!


3. Alpukat

Alpukat (Foto: Boldsky)
Alpukat (Foto: Boldsky)


Mengonsumsi alpukat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan berat badan. Setengah dari alpukat mengandung 140 kalori dan sumber vitamin dan mineral seperti vitamin E, asam folat, dan kalium. Kamu dapat menikmati alpukat dengan menaruhnya di salad, smoothie, atau menyebar.

4. Roti Gandum Utuh

Roti gandum (Foto: Boldsky)
Roti gandum (Foto: Boldsky)

Roti gandum adalah makanan lain yang bisa membantu kamu menaikan berat badan. Roti gandum memiliki nutrisi untuk mendukung sarapan sehat dan mampu menambah kalori yang cukup. Mereka juga mengandung serat dan mineral yang hilang dalam roti putih biasa.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Foto: Boldsky)
Kacang-kacangan (Foto: Boldsky)

Ketika ingin menambah berat badan, kacang bisa menjadi pilihan. Kacang merupakan camilan enak dengan sumber lemak dan nutrisi yang baik. Mereka juga memiliki serat dan akan membuat perut kamu kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Agar mendapatkan sebagian besar manfaatnya, makanlah kacang campuran setiap hari. (Yni)

Baca juga:

Jangan Percaya, Anggapan Tentang 'Fast Food' Ini Hanya Mitos


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH