Pernah Merinding Saat Mendengar Lagu? Ini Penjelasan Ilmiahnya Yuk intip penjelasan ilmiah mengapa bulu kuduk kamu bisa merinding saat mendengarkan sebuah musik yang bagus (foto: pixabay/rinfoto0)

SETIAP orang tentunya pernah merasakan bulu kuduk merinding. Biasanya hal itu terjadi lantaran kedinginan maupun ketakutan. Selain itu, juga bisa terjadi ketika kamu mendengarkan sebuah lagu yang bagus.

Seperti halnya saat kamu bersantai menikmati lagu bagus sendirian di kamar lewat ponsel maupun komputer, dan kamu tiba-tiba bulu kuduk kamu merinding.

Baca Juga:

Mendengarkan Musik Sambil Berolahraga Baik Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Merinding bisa dijelaskan secara ilmiah (foto: pixabay/sweetlouise)


Namun banyak juga pemikiran awam yang mengaitkan bulu kuduk merinding dengan hal mistis. Dugaan ada hantu yang tengah berada di dekatmu.

Rupanya bulu kuduk merinding ada penjelasan ilmiahnya gengs, dan bukan lantaran hal mistis. Seperti yang dilansir dari laman thehealthy, bulu kuduk merinding ternyata ada kaitannya dengan struktur otak kita.

Jika lagu yang bagus membuat bulu kuduk merinding, korteks auditori dalam okta kita serta pusat pemrosesan emosi otak kita mempunyai lebih banyak serat yang saling menghubungkan.

Baca Juga:

Jangan Asal Pilih Klinik Kecantikan, Perhatikan Beberapa Hal ini agar Kamu tak Menyesal



Hal itu menjadi salah satu tanda jika kita memiliki emosi yang lebih luas dan intens. Meski penelitian itu masih dalam tahap awal. Namun Matthew Sachs, pakar peneliti itu mengatakan, jika hal ini bisa dikembangkan menjadi hal yang lebih positif.

Mendengarkan musik bisa menjadi alternatif untuk meredakan depresi (Foto: pixabay/bep)



Matthew berharap jika penemuan itu dapat memberi dampak pada perawatan seseorang yang mendapat gangguan depresi. Karena mendengarkan musik bisa jadi alternatif untuk meredakan depresi.

Tak hanya itu, musik juga bisa membuat kita langsung merasa bahagia. Seperti jika ada lagu yang dirasa bagus, langsung memberi sensasi yang bikin merinding, biasanya perasaan kamu akan membaik usai mendengarnya.

Nah jika saat ini mood kamu tengah buruk dan ingin merilekskan pikiran, cobalah untuk mencari lagu yang bagus dan sesuai dengan selera kamu. Dengarkanlah lagu tersebut dan nikmati, semoga hari kamu akan lebih cerah dari sebelumnya yah gengs. (ryn)

Baca Juga:

Kenali Dampak Berbahaya Sandal Jepit Untuk Kesehatan Kaki

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH