Aplikasi Discord Akan Buat Fitur 'Live-Streaming' Discord buat fitur live-streaming pada platformnya (Foto: Neowin.net)

DISCORD merupakan salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan oleh para gamer. Banyak gamer yang memilih Discord karena fitur-fiturnya yang mempermudah. Dalam Discord pengguna dapat membuat grup yang nantinya digunakan bersama dengan pengguna-pengguna lain yang tergabung dalam grup tersebut.

Di dalam grup tersebut nantinya bisa dipecah menjadi beberapa channel baik itu voice chat atau teks biasa. Fitur ini memudahkan pengguna di dalamnya agar topik pembahasan tidak tercampur. Discord juga memudahkan pengguna untuk melihat aktivitas pengguna lainnya. Hal dimaksudkan Discord untuk menunjukkan game apa yang sedang dimainkan oleh pengguna lainnya. Selain itu fitur voice chat Discord juga dibuat untuk memudahkan pengguna Discord selama bermain game.

Baca juga:

Kamu Bisa Jadi Gamer Tajir Melalui 'Platform Live Streaming' Ini

Untuk membuat Discord semakin menarik bagi para gamer, mereka ingin menambah satu fitur baru. Fitur terbaru yang akan Discord buat ialah fitur live-streaming. Fitur yang akan dinamakan Go Live ini membiarkan pengguna Discord untuk menyiarkan diri mereka saat sedang bermain secara langsung ke grup Discord mereka. Namun tak seperti platform live-streaming yang lain, fitur milik Discord ini hanya membiarkan siaran ditonton oleh sepuluh orang pengguna lain.

Aplikasi Discord Akan Buat Fitur 'Live-Streaming'
Fitur Go Live perbolehkan pengguna bersiaran di channel Discord (Foto: Engadget)

Hal tersebut dirasa aneh jika dibandingkan dengan fitur live-stream besar seperti YouTube, Twitch dan Mixer yang memperbolehkan siaran untuk ditonton oleh beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta orang. Nampaknya fitur live-stream milik Discord ini memang bukan ditujukan untuk membuat siaran publik melainkan untuk siaran privat (untuk teman sebaya).

Baca juga:

Disney+, Layanan Video 'Streaming' Terbaru dari Disney, Dirilis Akhir 2019

Menurut laman engadget, Discord akan memperbolehkan untuk membuat siaran dengan kualitas 720p-30FPS secara gratis. Namun jika kualitas tersebut dirasa kurang, pengguna dapat ikut dalam layanan berlangganan milik Discord, Discord Nitro.

Para pelanggan Discord Nitro Classic (USD 5/Rp71 ribu per bulan) diberi kelebihan dapat bersiaran dengan kualitas hingga 1080p-60FPS dan pelanggan Discord Nitro (USD 10/Rp142 ribu per bulan) dapat bersiaran dengan kualitas hingga 4K-60FPS.

Aplikasi Discord Akan Buat Fitur 'Live-Streaming'
Tampilan fitur Go Live pada Discord (Foto: Engadget)

Melansir laman The Verge, fitur Go Live masih terbatas pada Windows saja. Pengguna Mac dan Linux harus menggunakan browser jika ingin menonton siaran Go Live. Discord rencananya akan memperbaiki hal tersebut dan juga memperbaharui Discord di ponsel pintar supaya pengguna dapat menonton siaran darimana saja.

Fitur ini dirasa oleh The Verge bukan untuk melawan platform live-streaming besar layaknya YouTube, Twitch dan Mixer, tetapi untuk semakin menguatkan identitasnya sebagai tempat berkumpul para gamer. Go Live sepertinya dibuat untuk menciptakan suasana seakan-akan berada di satu ruang tamu yang sama dengan pengguna-pengguna lain yang menonton siaran. (sep)

Baca juga:

Google Assistant Kini Bisa Bacakan Pesan Dari Aplikasi 'Chat' Di Ponsel



Ananda Dimas Prasetya