Google Assistant Kini Bisa Bacakan Pesan Dari Aplikasi 'Chat' Di Ponsel Fitur baru Google Assistant yang memudahkan pengguna ponsel pintar (Foto: Instamotor)

GOOGLE Assistant pada dasarnya memang memiliki fitur membaca pesan SMS atau aplikasi Hangout yang kamu terima. Namun fitur ini jarang digunakan karena tidak banyak pengguna android yang menggunakan SMS atau aplikasi Hangout, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan aplikasi chat yang lebih populer seperti WhatsApp, Telegram, Slack, Discord, GroupMe dan sebagainya.

Baca juga:

Google Buat Android Auto Semakin Mirip dengan Ponselmu

Google Assistant Kini Bisa Bacakan Pesan Dari Aplikasi 'Chat' Di Ponsel
Untuk dapat menggunakan fitur ini, beri akses aplikasi pada ponsel (Fotp: Android Police)

Tapi update terbaru dari Google mungkin akan merubah nasib fitur tersebut. Dilansir dari laman AndroidPolice, saat ini Google Assistant mampu membaca pesan dari aplikasi-aplikasi pihak ketiga.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna tinggal memberikan Google Assistant akses ke aplikasi pesan yang digunakan. Setelah itu pengguna hanya perlu mengucapkan read my messages atau baca pesan saya ke Google Assistant, seperti teknologi Tony Stark fitur baru ini akan membacakan pesan yang kamu dapatkan satu per satu.

Google Assistant juga akan memberitahukan siapa yang mengirimkan pesan, dari aplikasi, apa dan menandai pesan tersebut dengan tanda terbaca.

Baca juga:

Google Maps Buat Fitur Baru

Tak hanya itu, Google Assistant juga dapat membantu kamu membalas pesan yang diterima tanpa harus mengetik. Fitur ini tentunya membantu pengguna yang sedang tidak dapat memegang ponsel miliknya, seperti saat mengemudi.

Saat ini fitur tersebut masih terbatas pada teks saja. Berkas audio, gambar, dan video masih belum dapat diakses oleh Google Assistant. Namun, Google Assitant akan tetap memberitahu penggunanya bahwa ada pesan yang mengandung berkas lain selain teks.

Google Assistant Kini Bisa Bacakan Pesan Dari Aplikasi 'Chat' Di Ponsel
Fitur ini bantu pengguna yang sedang tidak dapat memegang ponselnya (Foto: androidpolice)

Untuk saat ini fitur terbaru ini sepertinya masih dalam tahap uji coba dan belum diumumkan oleh Google secara resmi. Meski begitu, menurut Android Police banyak dari tim mereka yang dapat mencoba fitur ini. Melihat hal tersebut, tidak heran jika Google mengumumkan fitur ini secara resmi di waktu dekat.

Diharapkan kedepannya Google Assistant juga memungkinkan pengguna untuk memainkan berkas audio dan memungkinkan penggunanya untuk membalas pesan menggunakan sistem audio. (sep)

Baca juga:

Google Uji Coba Sistem Kemudi Otomatis Gunakan AI Game StarCraft II



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH