Apa yang Terjadi Kalau Kamu Berhenti Pakai Bra? Pilihan perempuan sekarang jatuh pada bralette atau sport bra yang praktis dan nyaman. (Foto: Unsplash/Pablo Heimplatz)

BERBULAN-bulan bekerja dan belajar dari rumah membuat banyak orang memikirkan ulang tentang busana mereka. Kenyamanan sekarang menjadi prioritas, gaya dan gengsi menjadi nomor sekian.

Di tengah kebutuhan atas busana yang nyaman, tentunya pakaian dalam yang ketat dan berkawat bukan lagi jadi pilihan. Pilihan perempuan sekarang jatuh pada bralette atau sport bra yang praktis dan nyaman, atau bahkan braless.

Baca Juga:

Ada Bahaya Mengintip di Balik Bra Kawat

bra
Ketika berolahraga lebih baik jika mengenakan bra demi kebaikan punggungmu. (Foto: 123RF/ammentorp)

Meskipun tidak memakai bra mungkin menawarkan kenyamanan sementara, kamu mungkin belum memikirkan efek jangka panjang dari tidak memakai bra. Jadi, apa masalahnya? Apa yang sebenarnya terjadi pada payudara ketika kamu berhenti memakai bra?

Ternyata, untuk menjawab pertanyaan ini sedikit rumit. Sejak 1889, bra telah dianggap sebagai cara terbaik untuk menopang "aset"-mu. Menurut Waqas Ahmad, MD, seorang dokter kedokteran keluarga dan kepala dewan penasihat medis di Insurecast, tidak memakai bra dapat menyebabkan berkurangnya topangan.

"Ada ligamen yang disebut ligamen Cooper yang berlabuh di sekitar jaringan payudara. Ini menyebabkan lebih banyak gerakan dan memantul. Menurut saya, payudara akan melorot dan kendor jika bra tidak dipakai dalam waktu lama," katanya seperti diberitakan Real Simple.

Sementara Dr. Ahmad melihat beberapa manfaat memakai bra, dia juga mengatakan kamu tidak boleh memakainya sepanjang hari, setiap hari.

“Mengenakan bra sepanjang waktu juga tidak baik untuk kesehatanmu,” dia menjelaskan, "Ini akan menyebabkan peningkatan keringat, yang akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal."

Baca Juga:

Sebaiknya Bra Tidak Dimasukan ke Pengering

bra
Elastisitasnya akan meningkat dan mengambil alih dukungan jaringan lunak. (Foto: Unsplash/Uliana Kopanytsia)

Apakah itu berarti kamu harus segera memakai bra? Tidak harus demikian. Sebuah studi yang berlangsung selama 15 tahun tahun 2013 menyimpulkan, melepaskan bra sebenarnya dapat mengurangi kendur. Menurut penelitian, penyangga bra dapat melemahkan jaringan di sekitar payudara, menyebabkannya kendur.

“Apa yang terjadi ketika kamu tidak memakai bra adalah payudara secara visual terlihat seperti kendur karena tanpa penyangga yang mereka gunakan sebelumnya,” kata Lina Velikova, MD, PhD, penasihat medis di Supplements101.

“Namun, begitu kamu mulai menggunakan otot-otot itu, elastisitasnya akan meningkat dan mengambil alih dukungan jaringan lunak yang menyangga payudara. Jika kamu ingin mempercepat prosesnya, kamu dapat melakukan gerakan olahraga payudara yang ditargetkan untuk mengembangkan otot dan memperkuat ligamen lebih cepat,” dia menjelaskan.

Payudara akan melorot karena gravitasi dan usia, dua faktor yang berada di luar kendalimu. Namun, jika kamu ingin payudara tetap bulat dan kencang untuk saat ini, mungkin lebih baik kamu menyimpan bra di lemari.

Baca Juga:

Pengaruh Vaksinasi COVID-19 pada Kesehatan Reproduksi Perempuan

Melepas bra

bra
bra-Unsplash-Womanizer Toys

Keuntungan lain dari tidak mengenakan bra? Kebiasaan itu dapat meningkatkan sirkulasi tubuh. Menurut penelitian selama 15 tahun, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa memakai bra untuk waktu yang lama dapat memotong sirkulasi di bagian tengah tubuh dan tulang rusuk.

Itu sangat masuk akal. Siapa pun yang mengenakan bra tahu sensasi menenangkan yang tak dapat dijelaskan setiap kali kamu melepasnya. Itu terjadi karena mengenakan bra ketat untuk waktu yang lama dapat membatasi sirkulasimu.

Tentu saja, dampak memakai bra bukan hanya untuk payudara. Tanpa bra sebagai penyangga dapat membuat punggung tegang dan merusak postur tubuh, bahkan ketika kamu melakukan olahraga ringan. Jadi, jika kamu akan berjalan-jalan atau berolahraga, lebih baik jika mengenakan bra, demi kebaikan punggungmu.

Jika mengenakan bra berkawat bukan pilihan, kamu masih dapat mengenakan sport bra atau bralette. Jika ingin membeli beberapa sport bra, pertimbangkan untuk mencari jenis yang memiliki tali dan kaitan yang dapat disetel sehingga lebih pas dan dapat menyangga maksimal.

Jadi, jawaban dari pertanyaan: Apa yang terjadi jika kamu tidak memakai bra? Ternyata, akibatnya tidak seburuk yang kamu sangka. Kamu tidak perlu takut payudara akan mengendur dalam semalam. Jika kamu tidak ingin memakai bra, kamu dan payudaramu akan baik-baik saja.

Meskipun, jika kamu merasakan sakit punggung atau nyeri di payudara, pertimbangkan untuk mengenakan bralette atau sport bra yang nyaman untuk memberikan sedikit dukungan. Dan jika mengenakan bra memberimu kepercayaan diri, teruslah memakainya setiap pagi.

Apa pun preferensi mengenakan atau tidak mengenakan bra, penting untuk tetap merasa nyaman. (aru)

Baca Juga:

5 Kebiasaan Perempuan ini Justru Merugikan Kesehatan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Merawat Legging Agar Awet
Fashion
Cara Merawat Legging Agar Awet

Merawat legging tidak boleh sembarangan.

Cengti, Antara Solidaritas dan Maut
Fun
Cengti, Antara Solidaritas dan Maut

Fenomena pemotor berbonceng tiga sudah menjadi pemandangan yang 'lumrah' di Negeri Aing

Penyandang Down Syndrome Jadi Model Skincare Lokal
Fun
Penyandang Down Syndrome Jadi Model Skincare Lokal

Guna mematahkan stigma kecantikan perempuan.

Tampil Stylish Bermodalkan Legging
Fashion
Tampil Stylish Bermodalkan Legging

Tampil stylish dengan legging

Langsung Merespon dapat Menjaga Kepercayaan
Fun
Langsung Merespon dapat Menjaga Kepercayaan

Jangan berpikir lama kalau tidak mu dianggap tidak tulus.

'Final Fantasy IX' dan 'Legend of Mana' Bakal Digarap Jadi Anime
Fun
'Final Fantasy IX' dan 'Legend of Mana' Bakal Digarap Jadi Anime

Dua Game Hits Square Enix akan Digarap Jadi Anime

Gim Eksklusif Xbox Gagal Rilis, Developer Scalebound Minta Maaf
Fun
Tren Baru, Merawat Kulit dengan DNA Salmon
Fashion
Tren Baru, Merawat Kulit dengan DNA Salmon

Seperti yang dilakukan Krisdayanti.

Karakter Park Eun Seok Kembali dengan Gaya Rambut Berbeda Usai Kontroversi
ShowBiz
Karakter Park Eun Seok Kembali dengan Gaya Rambut Berbeda Usai Kontroversi

Sebelumnya, gaya rambut karakter ini adalah gimbal, kini rambutnya berubah menjadi lurus.

Album ‘Certified Love Boy’ Drake Rilis 3 September 2021
ShowBiz
Album ‘Certified Love Boy’ Drake Rilis 3 September 2021

Perilisan album ini mengalami beberapa kendala dan kesulitan.