Kesehatan
Pengaruh Vaksinasi COVID-19 pada Kesehatan Reproduksi Perempuan Sebagian perempuan memiliki pertanyaan tentang vaksin yang membuat mereka ragu-ragu. (123RF/choreograph)

SUDAHKAH kamu divaksin? Apakah sudah terdaftar untuk vaksinasi COVID-19? Atau sedang menunggu jadwal? Jangan-jangan kamu termasuk orang yang ragu-ragu untuk disuntik karena masih memiliki pertanyaan tentang vaksin.

Bagi orang dengan penyakit autoimun, atau memiliki riwayat alergi obat-obatan, pasti ada kekhawatiran mengenai keamanan vaksin COVID-19. Belum lagi jika kamu punya rutinitas pengobatan atau vaksin lain seperti vaksin HPV (untuk melindungi terhadap kanker serviks) dan suntikan penguat Hepatitis B.

Kekhawatiran yang berkaitan dengan riwayat medis semacam itu dapat kamu konsultasikan dengan dokter untuk lebih jelasnya. Namun, selain itu, sebagian perempuan juga memiliki pertanyaan tentang vaksin yang membuat mereka ragu-ragu mendapatkan suntikan. Kondisi seperti hamil, menyusui, berencana hamil, dan sedang menstruasi bisa menjadi penyebab keragu-raguan itu.

BACA JUGA:

Vaksin COVID-19 Nonsuntik Tengah Diuji Coba

Berikut penjelasan Profesor Tan Hak Koon, Ketua Divisi Obstetri dan Ginekologi di RKK Women’s and Children’s Hospital (KKH) Singapura yang menjawab pertanyaan-pertanyaan sumber keragu-raguan perempuan untuk mendapatkan vaksin COVID-19, seperti dilansir Channel News Asia.

1. Menstruasi

perempuan
Vaksin tak memperburuk sindrom pramenstruasi. (123RF/choreograph)

Sebenarnya, kapan waktu terbaik dalam siklus menstruasi untuk divaksinasi? "Kamu dapat divaksinasi kapan saja dalam siklus," ujar Tan seperti diberitakan Channelnewsasia.com (30/6).

Dia menambahkan, vaksin tidak memperburuk sindrom pramenstruasi atau memengaruhi aliran menstruasi.

2. Hamil

hamil
Kamu dapat memilih untuk menerima vaksin COVID-19 dari minggu ke-13 kehamilan. (123RF/Olga Yastremska)

Kamu ragu-ragu vaksin karena sedang mengandung? Menurut Tan, “Perempuan hamil harus mendapat vaksinasi COVID-19 sejak dini, karena mereka berisiko lebih tinggi menghadapi komplikasi parah jika mereka terinfeksi COVID-19 jika dibandingkan dengan populasi yang tidak hamil.”

Beberapa dari risiko terkena COVID-19 termasuk mengembangkan komplikasi serius yang mungkin melibatkan perawatan intensif dan membutuhkan ventilasi. Tan menambahkan, ada juga risiko perempuan hamil mengembangkan komplikasi COVID-19 yang berpotensi mematikan seperti penggumpalan darah yang terbentuk di kaki atau deep vein thrombosis, serta emboli paru-paru atau pulmonary embolism.

“Mereka juga memiliki risiko dua kali lipat melahirkan prematur jika menunjukkan gejala COVID-19 dan bayi-bayi ini mungkin memerlukan perawatan ICU neonatal,” dia melanjutkan.

Lalu, kapan sebaiknya dalam usia kehamilan kamu bisa divaksin? Meskipun tidak ada batasan dalam hal usia kehamilan untuk vaksinasi pada perempuan hamil, Tan mengatakan kamu dapat memilih untuk melakukannya dari minggu ke-13 kehamilan, karena 12 minggu pertama merupakam periode paling penting dari perkembangan janin.

3. Risiko Keguguran

vaksin covid-19
Tidak ada peningkatan keguguran untuk perempuan hamil yang divaksinasi. (123RF/Prasit Rodphan)

Mengutip data dari sebuah penelitian AS yang diterbitkan pada April 2021 yang melibatkan hampir 4.000 perempuan hamil yang telah menerima vaksin, Tan membagikan dua temuan penting dari penelitian tersebut. Tidak ada peningkatan risiko hasil yang merugikan bagi ibu dan bayi mereka yang belum lahir, dan vaksin aman untuk diberikan dalam usia kehamilan kapan pun.

Dia menambahkan, tidak ada peningkatan keguguran, kelahiran prematur dan kelainan yang ditemukan pada bayi untuk perempuan hamil yang divaksinasi.

4. Kesuburan

perempuan
Saat ini tidak ada bukti bahwa vaksin COVID-19 akan berdampak buruk pada kesuburan. (123RF/Elnur Amikishiyev)

Lalu, bagaimana kalau kamu tengah berharap untuk hamil dalam beberapa bulan mendatang, apakah vaksin akan memengaruhi kemampuan perempuan untuk hamil? Menurut Tan, saat ini tidak ada bukti bahwa vaksin COVID-19 akan berdampak buruk pada kesuburan. Jadi tidak perlu menunda rencana untuk memulai sebuah keluarga, kamu tetap bisa mendapatkan vaksinasi dan melanjutkan program punya anak.

Jika kehamilan terjadi setelah mendapatkan suntikan pertama, kamu juga tidak perlu ragu-ragu untuk mendapatkan dosis kedua. Dia menyatakan kamu dapat terus melanjutkan dengan dosis kedua, karena vaksinasi COVID-19 juga belum terbukti memengaruhi kehamilan.

Bahkan, untuk kamu yang tengah menjalani perawatan fertilisasi in-vitro, seharusnya tidak menjadi masalah untuk mendapatkan vaksin. Tan mengatakan aman bagi perempuan yang mencari perawatan kesuburan untuk menerima vaksinasi.

Namun, dia menyarankan agar kamu juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kandunganmu untuk membuat keputusan yang tepat sebelum mendapatkan vaksinasi.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Disney Parks Ungkap Konsep Cerita Wahana 'Princess and the Frog'
Fun
Disney Parks Ungkap Konsep Cerita Wahana 'Princess and the Frog'

Taman bernain mengumumkan perubahan tema atraksi Splash Mountain menjadi Princess and the Frog.

Sejumlah Karya Picasso Laris Dilelang Seharga Rp 1,4 Triliun
Fun
Sejumlah Karya Picasso Laris Dilelang Seharga Rp 1,4 Triliun

Karya dari Pablo Picasso dilelang, harganya sangat fantastis.

Pabrikan Jepang Ini Targetkan Netralitas Karbon pada 2035
Fun
Pabrikan Jepang Ini Targetkan Netralitas Karbon pada 2035

Ingin ciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

Ajang Unjuk Gigi Beauty Creator Anak Negeri
Hiburan & Gaya Hidup
Ajang Unjuk Gigi Beauty Creator Anak Negeri

Puluhan Beauty Creator Unjuk Gigi di Grand Opening iCantix & Co

Apa Sajian Sahur Sukarno-Hatta Sehabis Merancang Teks Proklamasi
Hiburan & Gaya Hidup
Apa Sajian Sahur Sukarno-Hatta Sehabis Merancang Teks Proklamasi

Makanan itu sangat berkesan bagi Sukarno,

Olivia Rodrigo, Best New Artist di Grammy Awards 2022
ShowBiz
Olivia Rodrigo, Best New Artist di Grammy Awards 2022

Olivia Rodrigo masuk dalam tujuh nominasi di Grammy Awards 2022.

Festival Kue Bulan 2021, Intip Kreasi Paling Unik dan Kreatif
Fun
Festival Kue Bulan 2021, Intip Kreasi Paling Unik dan Kreatif

Rayakan Festival Kue Bulan dengan bentuk yang unik dan kreatif di 2021.

Tips Mudah Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Mudah Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal

Kenali perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal dengan cermat

Ada Sprint Race di F1 GP Austria 2022, Catat Jadwalnya
Fun
Ada Sprint Race di F1 GP Austria 2022, Catat Jadwalnya

Jadwal F1 GP Austria 2022 jadi balapan kandang untuk Red Bull Racing.

Pengunjuk Rasa Ditangkap saat Catwalk Louis Vuitton
Fashion
Pengunjuk Rasa Ditangkap saat Catwalk Louis Vuitton

Untungnya tidak menghalangi jalannya catwalk Louis Vuitton.