Kesehatan
Pengaruh Vaksinasi COVID-19 pada Kesehatan Reproduksi Perempuan Sebagian perempuan memiliki pertanyaan tentang vaksin yang membuat mereka ragu-ragu. (123RF/choreograph)

SUDAHKAH kamu divaksin? Apakah sudah terdaftar untuk vaksinasi COVID-19? Atau sedang menunggu jadwal? Jangan-jangan kamu termasuk orang yang ragu-ragu untuk disuntik karena masih memiliki pertanyaan tentang vaksin.

Bagi orang dengan penyakit autoimun, atau memiliki riwayat alergi obat-obatan, pasti ada kekhawatiran mengenai keamanan vaksin COVID-19. Belum lagi jika kamu punya rutinitas pengobatan atau vaksin lain seperti vaksin HPV (untuk melindungi terhadap kanker serviks) dan suntikan penguat Hepatitis B.

Kekhawatiran yang berkaitan dengan riwayat medis semacam itu dapat kamu konsultasikan dengan dokter untuk lebih jelasnya. Namun, selain itu, sebagian perempuan juga memiliki pertanyaan tentang vaksin yang membuat mereka ragu-ragu mendapatkan suntikan. Kondisi seperti hamil, menyusui, berencana hamil, dan sedang menstruasi bisa menjadi penyebab keragu-raguan itu.

BACA JUGA:

Vaksin COVID-19 Nonsuntik Tengah Diuji Coba

Berikut penjelasan Profesor Tan Hak Koon, Ketua Divisi Obstetri dan Ginekologi di RKK Women’s and Children’s Hospital (KKH) Singapura yang menjawab pertanyaan-pertanyaan sumber keragu-raguan perempuan untuk mendapatkan vaksin COVID-19, seperti dilansir Channel News Asia.

1. Menstruasi

perempuan
Vaksin tak memperburuk sindrom pramenstruasi. (123RF/choreograph)

Sebenarnya, kapan waktu terbaik dalam siklus menstruasi untuk divaksinasi? "Kamu dapat divaksinasi kapan saja dalam siklus," ujar Tan seperti diberitakan Channelnewsasia.com (30/6).

Dia menambahkan, vaksin tidak memperburuk sindrom pramenstruasi atau memengaruhi aliran menstruasi.

2. Hamil

hamil
Kamu dapat memilih untuk menerima vaksin COVID-19 dari minggu ke-13 kehamilan. (123RF/Olga Yastremska)

Kamu ragu-ragu vaksin karena sedang mengandung? Menurut Tan, “Perempuan hamil harus mendapat vaksinasi COVID-19 sejak dini, karena mereka berisiko lebih tinggi menghadapi komplikasi parah jika mereka terinfeksi COVID-19 jika dibandingkan dengan populasi yang tidak hamil.”

Beberapa dari risiko terkena COVID-19 termasuk mengembangkan komplikasi serius yang mungkin melibatkan perawatan intensif dan membutuhkan ventilasi. Tan menambahkan, ada juga risiko perempuan hamil mengembangkan komplikasi COVID-19 yang berpotensi mematikan seperti penggumpalan darah yang terbentuk di kaki atau deep vein thrombosis, serta emboli paru-paru atau pulmonary embolism.

“Mereka juga memiliki risiko dua kali lipat melahirkan prematur jika menunjukkan gejala COVID-19 dan bayi-bayi ini mungkin memerlukan perawatan ICU neonatal,” dia melanjutkan.

Lalu, kapan sebaiknya dalam usia kehamilan kamu bisa divaksin? Meskipun tidak ada batasan dalam hal usia kehamilan untuk vaksinasi pada perempuan hamil, Tan mengatakan kamu dapat memilih untuk melakukannya dari minggu ke-13 kehamilan, karena 12 minggu pertama merupakam periode paling penting dari perkembangan janin.

3. Risiko Keguguran

vaksin covid-19
Tidak ada peningkatan keguguran untuk perempuan hamil yang divaksinasi. (123RF/Prasit Rodphan)

Mengutip data dari sebuah penelitian AS yang diterbitkan pada April 2021 yang melibatkan hampir 4.000 perempuan hamil yang telah menerima vaksin, Tan membagikan dua temuan penting dari penelitian tersebut. Tidak ada peningkatan risiko hasil yang merugikan bagi ibu dan bayi mereka yang belum lahir, dan vaksin aman untuk diberikan dalam usia kehamilan kapan pun.

Dia menambahkan, tidak ada peningkatan keguguran, kelahiran prematur dan kelainan yang ditemukan pada bayi untuk perempuan hamil yang divaksinasi.

4. Kesuburan

perempuan
Saat ini tidak ada bukti bahwa vaksin COVID-19 akan berdampak buruk pada kesuburan. (123RF/Elnur Amikishiyev)

Lalu, bagaimana kalau kamu tengah berharap untuk hamil dalam beberapa bulan mendatang, apakah vaksin akan memengaruhi kemampuan perempuan untuk hamil? Menurut Tan, saat ini tidak ada bukti bahwa vaksin COVID-19 akan berdampak buruk pada kesuburan. Jadi tidak perlu menunda rencana untuk memulai sebuah keluarga, kamu tetap bisa mendapatkan vaksinasi dan melanjutkan program punya anak.

Jika kehamilan terjadi setelah mendapatkan suntikan pertama, kamu juga tidak perlu ragu-ragu untuk mendapatkan dosis kedua. Dia menyatakan kamu dapat terus melanjutkan dengan dosis kedua, karena vaksinasi COVID-19 juga belum terbukti memengaruhi kehamilan.

Bahkan, untuk kamu yang tengah menjalani perawatan fertilisasi in-vitro, seharusnya tidak menjadi masalah untuk mendapatkan vaksin. Tan mengatakan aman bagi perempuan yang mencari perawatan kesuburan untuk menerima vaksinasi.

Namun, dia menyarankan agar kamu juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kandunganmu untuk membuat keputusan yang tepat sebelum mendapatkan vaksinasi.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Instagram Lite Sudah Tersedia di Ratusan Negara
Hiburan & Gaya Hidup
Instagram Lite Sudah Tersedia di Ratusan Negara

Setelah sempat ditarik dari play store pada pertenghan tahun 2020 lalu, Instagram Lite Sudah Tersedia di Ratusan Negara

Aplikasi Terbaik untuk Mengorganisir Klub Buku Virtual
Fun
Aplikasi Terbaik untuk Mengorganisir Klub Buku Virtual

Klub buku yang biasanya berdiskusi langsung tatap muka, memindahkan perbincangan secara daring.

Kim Seon-ho Tetap Bintangi Film 'Sad Tropics'
ShowBiz
Kim Seon-ho Tetap Bintangi Film 'Sad Tropics'

Aktor lain menolak menggantikan.

Mengintip Pesan Tersirat Difki Khalif di Lagu 'Ratu Drama'
ShowBiz
Mengintip Pesan Tersirat Difki Khalif di Lagu 'Ratu Drama'

Difki Khalif merilis single ketiganya yang bertajuk 'Ratu Drama'

Mager Video Call?  Ini 3 Kegiatan Lain yang Tetap Bisa Membuatmu Bersosialisasi 
Fun
Mager Video Call?  Ini 3 Kegiatan Lain yang Tetap Bisa Membuatmu Bersosialisasi 

Hindari berpergian di situasi yang semakin parah ini

4 Sepatu Air Force 1 Paling Ikonik yang Wajib Kamu Miliki
Fun
Mengenal Lebih Dekat Jeep Gladiator 2021
Fun
Mengenal Lebih Dekat Jeep Gladiator 2021

Jeep Gladiator memiliki sejumlah fitur yang menarik

Pemula, ini 4 Tips Berburu Fesyen Preloved
Fashion
Pemula, ini 4 Tips Berburu Fesyen Preloved

Bisa juga dijadikan sebagai investasi di masa yang akan datang.

Belajar Bahasa Mandarin Asyik lewat Metaverse Storyland
Hiburan & Gaya Hidup
Belajar Bahasa Mandarin Asyik lewat Metaverse Storyland

Cara agar waktu screen time anak bisa optimal.

Ini Alasan Utama Mikha Tambayong Tak Pernah Absen Olahraga
ShowBiz
Ini Alasan Utama Mikha Tambayong Tak Pernah Absen Olahraga

Aktris sekaligus penyanyi Mikha Tambayong memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya tidak pernah absen berolahraga