Ada Bahaya Mengintip di Balik Bra Kawat Bra kawat bisa memengaruhi kesehatan tubuh. (foto: pixabay/jackmac34)

MENGENAKAN bra kawat dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang perempuan. Kawat yang berada di bagian bawah mampu mempertahankan bentuk payudara sehingga tidak terlihat kendur dan tetap kencang. Bentuk payudara yang indah menjadi kebanggaan tersendiri bagi perempuan yang bahkan dianggap bisa menunjang penampilan sehari-hari.

Namun, kamu perlu tahu bahwa payudara merupakan salah satu organ penting yang sangat sensitif. Salah dalam perawatan payudara dapat berakibat fatal dan memicu penyakit kronis. Menonjolkan keindahan payudara demi menunjang penampilan sih boleh saja, asalkan aman. Dalam hal ini, menggunakan bra kawat dalam jangka waktu panjang dan terus-menerus bisa berdampak negatif lho.

BACA JUGA: Apa yang Dicari? Mapan dan Matang tapi Belum Menikah

1. Menghambat Sirkulasi Darah

blood
Tekanan kawat bra menghambat sirkulasi darah. (foto: pixabay/qimono)

Menggunakan pakaian yang ketat saja tidak dianjurkan, apalagi menggunakan bra kawat yang memberikan tekanan yang sangat besar. Bra kawat mampu menahan peredaran darah yang seharusnya melewati payudara. Memang menggunakan bra kawat membuat payudara terlihat indah, tapi coba selingi dengan penggunaan bra nonkawat agar payudaramu bisa beristirahat dan mendapat asupan darah yang cukup.


2. Infeksi Kulit

skin
Gesekan kawat menyebabkan infeksi kulit. (foto: pixabay/hans)

Kawat dalam bra sering kali menyembul keluar jika bra tersebut sudah berusia tahunan. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit di area payudara bagian bawah menjadi infeksi akibat gesekan dari kawat tersebut.

Jika tidak ditangani dengan serius, infeksi itu akan berakibat fatal karena bisa menjulur ke mana-mana. Payudara merupakan salah satu organ sensitif, kulit di sekitarnya juga sangat mudah iritasi sehingga menggunakan bra tanpa kawat merupakan suatu hal yang dianjurkan.

BACA JUGA: Dampak Berbuat Kebaikan yang Bisa Memengaruhi Kesehatan Tubuh

3. Sakit Kepala dan Punggung

back
Cup bra menekan tulang belakang hingga ke punggung. (foto: pixabay/stocksnap)

Cup bra yang menggunakan kawat dapat memberikan tekanan yang cukup kuat. Efeknya bisa sampai ke tulang bagian belakang dan punggung. Jika sudah begitu, lama-lama sakitnya akan merambat sampai ke kepala karena punggung dan tulang belakang terhubung langsung dengan kepala.


4. Mengganggu Sistem Kerja Limfa

abdominal pain
Bra kawat menahan kinerja limfa. (foto: pixabay/derneumann)


Getah bening merupakan salah satu kelenjar yang penting dalam tubuh kita karena berfungsi untuk membunuh kuman-kuman yang masuk dan mengganggu kerja tubuh. Zat-zat tersebut dihasilkan limfa. Menggunakan bra kawat sama saja menahan kinerja limfa dalam menjalankan tugasnya.(mar)

BACA JUGA: Keindahan Bentuk Mata Perempuan dari Berbagai Belahan Dunia



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH