7 Latihan untuk Turunkan Berat Badan, Pilih Mana? Latihan merupakan kunci penurunan berat badan (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

BEROLAHRAGA adalah salah satu strategi paling umum bagi mereka yang mencoba mengurangi berat badan. Olahraga berfungsi membakar kalori, dan memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga telah dikaitkan dengan banyak manfaat lain, termasuk peningkatan mood, tulang yang lebih kuat, dan pengurangan risiko banyak penyakit kronis.

Baca juga:

Push-up, Sederhana tapi Kaya Manfaat

Berikut adalah jenis-jenis latihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan seperti yang dilansir dari laman healthline:

1. Berjalan kaki

Cocok untuk pemula (Foto: Pexels/Yogendra Sigh)

Jalan kaki merupakan jenis latihan yang baik untuk pemula karena dapat dilakukan di mana saja, tanpa memerlukan peralatan, dan memberikan tekanan minimal pada sendi. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak jalan kaki ke dalam kegiatan sehari-hari kamu. Dari hal yang sederhana saja, cobalah berjalan kaki ke supermarket dekat rumah ketimbang menggunakan sepeda motor atau sepeda.

2. Jogging dan lari

Baik dilakukan setiap minggu (Foto: Pexels/Andre Morgan)

Merupakan latihan yang bagus untuk menurunkan berat badan dan mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas mingguan kamu. Jogging dan lari juga dapat membantu membakar lemak perut, yang sering dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

3. Bersepeda

Baik dilakukan oleh beragam tingkat kebugaran (Foto: Pexels/Snapwire)

Sangat baik untuk semua orang dengan beragam tingkat kebugaran. Dapat dilakukan di luar ruangan dengan sepeda atau di dalam ruangan dengan sepeda statis. Bersepeda sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan sensitivitas insulin dan pengurangan risiko penyakit kronis tertentu.

4. Latihan beban

Membakar kalori selama dan pasca latihan (Foto: Pexels/Leon Martinez)

Berfungsi menurunkan berat badan dengan membakar kalori selama dan setelah latihan. Selain itu, latihan beban juga dapat membantu kamu membangun massa otot, yang meningkatkan tingkat metabolisme dengan membakar jumlah kalori tubuh saat istirahat.

Baca Juga:

Yuk Mulai Rutin Jogging!

5. Latihan interval

Membakar kalori selama dan pasca latihan (Foto: Pexels/Mantas Hesthaven)

Latihan ini sangat efektif untuk penurunan berat badan. Bahkan dapat diterapkan pada banyak jenis latihan. Termasuk berlari, melompat, hingga bersepeda. Menjadikan latihan interval sebagai rutinitas mampu membantu kamu membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat.

6. Berenang

Meningkatkan fleksibilitas (Foto: Pexels/Jim De Ramos)

Akan berdampak baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, berenang juga berfungsi membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi faktor risiko terserang berbagai penyakit.

7. Yoga

Signifikan menurunkan berat badan (Foto: Pexels/Chevanon Photography)

Yoga merupakan latihan penurunan berat badan yang hebat. Dapat dilakukan hampir di mana saja. Tidak hanya membakar kalori, tetapi yoga juga mengajarkan kamu untuk fokus melawan keinginan makan. (lgi)

Baca Juga:

3 Latihan Dasar Berfungsi Meningkatkan Kemampuan Berlari

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo