Yuk Mulai Rutin Jogging! Jogging memberikan banyak manfaat lainnya (Foto: Pexels/CARLOS PÉREZ ADSUAR ANTÓN)

MERUPAKAN aktivitas fisik populer yang bermanfaat untuk kebugaran. Bukti ilmiah telah mengonfirmasi lari lambat atau jogging dapat mengurangi risiko penyakit.

Selain itu, jogging juga dapat meningkatkan stamina dan produktivitas. Mulai rutin jogging bisa menjadi keputusan terbaik dalam hidup kamu.

Berikut manfaat yang bisa kamu dapat dari jogging:

1. Membantu menurunkan berat badan

Membakar kalori (Foto: Pexels/RUN 4 FFWPU

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, siswa yang berlari 4,8 km kehilangan lemak tubuh 9,4% lebih banyak daripada kelompok siswa yang tidak berlari. Jogging kurang dari 10 menit berdasarkan berat badan individu juga dapat membantu membakar 180-266 kalori.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Kesehatan jantung lebih baik (Foto: Pexels/Picography)

Jogging adalah latihan aerobik yang sangat baik yang meningkatkan kesehatan jantung. Peningkatan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol pria dan wanita yang kelebihan berat badan. Dalam sebuah studi tahun 2002, orang-orang yang berlari menunjukkan kesehatan jantung dan kadar kolesterol yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

3. Menurunkan depresi dan stres

Mengurangi kecemasan (Foto: Pixabay)

Segala bentuk olahraga, baik aerobik maupun anaerob, dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Studi menunjukkan bahwa latihan aerobik (seperti jogging) memperbaiki gejala stres dan meningkatkan kualitas hidup.

4. Meningkatkan fleksibilitas tulang belakang

Hidrasi disk lebih baik (Foto: Pixabay)

Jogging dapat membantu menghidrasi tulang belakang dan mengurangi tekanan pada cakram tulang belakang. Sebuah studi menunjukkan jogging untuk waktu yang lebih lama dapat membantu hidrasi disk yang lebih baik.

5. Meningkatkan aktivitas insulin

Meningkatkan tingkat sekresi insulin (Foto:Pexels/Andre Morgan)

Setiap jenis latihan aerobik meningkatkan sensitivitas insulin dan metabolisme karbohidrat. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, jogging jangka panjang dapat membantu meningkatkan aktivitas insulin dan meningkatkan tingkat sekresi insulin sebesar 87%.

6. Menekan Angka Kematian

Menurunkan angka kematian (Foto: Pexels/Rosemary Ketchum)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan laju jogging yang lambat atau sedang tiga kali seminggu dapat membantu menurunkan angka kematian. (lgi)

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH