5 Tips Mudah untuk Mencegah Kantung Mata

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 31 Desember 2022
5 Tips Mudah untuk Mencegah Kantung Mata
Perlunya merawat mata agar tetap terlihat cantik. (Pexels/Min An)

MEMPUNYAI masalah kantung mata memang mengurangi nilai tampilan orang. Saat ini banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kantung mata menggunakan beberapa cara agar penampilan tetap oke.

Kamu sebaiknya jangan memilih cara perawatan kulit, khususnya masalah kantung mata secara sembarangan. Tidak ada cara instan untuk menghilangkan kantung mata, terdapat berbagai produk untuk mengatasi kantung mata yang dapat dicoba.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan masalah kantung mata yang disesuaikan dengan penyebabnya. Salah satu caranya adalah melakukan perawatan di rumah yang gunanya dapat mengecilkan kelopak bagian bawah mata. Dapat pula melakukan perawatan di salon kecantikan.

Sementara untuk berobat ke dokter kecantikan dapat dilakukan jika kamu mau. Ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan masalah kantung mata yang dapat dihilangkan 100% atau permanen.

Baca Juga:

Sering Menangis Bisa Memanjangkan Bulu Mata?

mata
Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya kantung mata. (Pexels/Kush Kaushik)

Sebagai berikut cara aman untuk menghilangkan kantung mata:

Kompres dingin


Tips pertama mencegah kantung mata paling mudah adalah mengompres mata menggunakan air dingin. Suhu dingin yang berasal dari kompresan air ini dapat menghilangkan lingkaran warna hitam dan mempersempit aliran darah yang merupakan penyebab kelopak mata menjadi bengkak.

Terdapat berbagai jenis kompres dingin bisa digunakan, seperti kompres irisan buah timun yang dingin atau sendok sudah dingin.

Caranya, letakkan kompres di atas mata tertutup. Diamkan kurang lebih 20 menit di bagian kantung mata bengkak akibat menangis.

Hindari makanan yang mengandung garam


Kebanyakan konsumsi makanan asin bisa menjadi salah satu penyebab utama muncul kantung mata. Menurut penelitian dari American Academy of Optometry, garam dapat memicu terjadinya penumpukan cairan dan mengarah ke pembengkakan.

Pembengkakan ini menjadi penyebab utama masalah kantung mata dan mengurangi nilai tampilan. Maka dari itu, kurangi asupan makanan yang mengandung garam atau makanan siap saji untuk menghilangkan kantung mata yang disebabkan oleh retensi cairan.

Mengubah posisi tidur


Tanpa disadari posisi tidur bisa menjadi salah satu penyebab masalah pada kantung mata. Contohnya, tidur terlentang dapat menghindari proses gravitasi cairan di dalam tubuh. Sehingga, dengan hal tersebut bukanya turun justru menumpuk di bagian mata.

Kamu dapat menggunakan cara menambah bantal dan menopang di bagian bawah kepala agar lebih tinggi dibandingkan posisi badan.

Pastikan menggunakan bantal yang mempunyai tekstur yang nyaman dengan kebutuhan diri. Bantal yang nyaman dapat membuat kualitas tidur lebih baik dan mengatasi leher menjadi kaku.


Minum air yang cukup


Kementerian Kesehatan Indonesia mengatakan, bahwa tubuh manusia membutuhkan sekitar 80% cairan termasuk air minum. Tubuh yang mengalami tidak terpenuhi kadar cairannya bisa membuat kulit kering dan kusam. Maka dari itu jika kekurangan cairan dapat membuat struktur kulit akan kehilangan kecerahan dan muncul lingkaran hitam di bagian mata akan terlihat jelas.

Tak mengherankan seseorang yang mengalami dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata atau sering disebut mata cekung.


Membatasi alkohol


Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi dan akhirnya memunculkan kantung mata.

Maka dari itu, mengurangi atau berhenti minuman alkohol demi memberikan penampilan kulit menjadi lebih sehat dan menjadi salah satu langkah mengatasi masalah kantung mata.

Ketika terasa sulit, kamu dapat berkonsultasi kepada dokter mengenai cara mengurangi dan berhenti mengonsumsi alkohol.

Baca Juga:

Jangan Kucek Mata Saat Kelilipan, Lalu Harus Gimana?

mata
Kurang atau berlebihan tidur bukan satu-satunya penyebab kantung mata. (Pexels/Ketut Subiyanto)


Ciri-Ciri punya kantung mata


Kantung mata merupakan kondisi pembengkakan ringan yang terjadi di bagian bawah mata. Hal ini sudah wajar terjadi pada orang berusia lanjut atau mempunyai jaringan di sekitar mata yang sudah mulai melemah. Kantung mata juga bisa muncul karena gaya hidup atau kondisi tertentu. Sebagai berikut beberapa ciri-ciri kamu yang mempunyai kantung mata:

? Kulit di bawah mata mulai mengering dan kendur.

? Muncul lingkaran hitam di sekitar mata.

? Bagian bawah kulit mata mulai mengalami pembengkakan.

Penyebab munculnya kantung mata


Banyak yang menduga bahwa munculnya kantung mata ini karena kurang tidur atau bengkak setelah menangis dalam jangka waktu lama.

Tak salah pada anggapan itu, karena kebiasaan sehari-hari dapat memberikan pengaruh kondisi mata dan kulit. Berikut penjelasan mengenai penyebab munculnya kantung mata:


Melemahnya kulit dan otot di kelopak mata


Dilansir dari laman Cleveland Clinic, sangat wajar ketika otot dan jaringan yang menopang kelopak mata sudah mulai melemah karena faktor usia. Selain itu, lemak yang menopang mata bisa berpindah kebagian bawah.

Inilah yang kemudian menyebabkan kelopak mata terlihat seperti membengkak. Cairan yang ada di sekitar mata dapat berpindah dan berkumpul di kelopak mata. Ini bisa membuat bagian bawah mata terlihat gelap. Karena faktor itulah orang sudah mulai menua mempunyai kantung mata besar.

Penumpukan cairan


Penumpukan cairan menjadi salah satu penyebab kantung mata yang sebenarnya umum terjadi apalagi saat bangun tidur. Cairan ini dapat berkumpul di bagian bawah kelopak mata karena faktor tertentu. Contohnya melemahnya kelopak mata seiring usia.

Selain itu, penumpukan cairan bisa disebabkan oleh pola makan garam yang tinggi. Garam bisa menahan cairan di beberapa bagian tubuh tertentu, termasuk di kelopak mata. Cairan yang menumpuk ini membuat kulit di sekitar mata terlihat gelap dan membengkak.

Kurang atau berlebihan tidur


Waktu tidur yang kurang atau berlebihan, sama-sama menimbulkan lingkaran gelap atau sering disebut dengan mata panda. Tambahan lagi bila kurang tidur dapat membuat kulit kamu menjadi pucat.

Sehingga, pembuluh darah di sekitar kelopak mata bisa menjadi gelap. Kurangnya waktu tidur juga bisa memicu terjadinya penumpukan cairan dan menyebabkan timbulnya kantung mata. Semakin terpangkas waktu tidur, maka semakin terlihat pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata.

Reaksi alergi


Laman John Hopkins Medicine menjelaskan, bahwa kondisi alergi bisa menyebabkan mata menjadi bengkak dan berair.

Bukan tidak mungkin, cairan di sekitar mata dapat mengumpul di bagian bawah kelopak mata. Sehingga, menimbulkan tampilan bawah mata terlihat gelap. Alergi sering menyebabkan hidup mampet dan peradangan di sekitar hidung dan mata. Ketika kamu tidak dapat menghindari sumber alergi atau tidak mengonsumsi obat alergi, maka bisa berlanjut dan semakin parah.

Dehidrasi


Salah satu penyebab kantung mata yang jarang disadari adalah dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, kulit di bagian bawah mata akan tampak kusam dan pembuluh darah di bawah semakin jelas.

Untuk kulit kelopak mata yang tipis dan dekat dengan tulang mata, maka warnanya bisa lebih gelap. Dapat pula membuat kulit menjadi kusam kemudian lekuk tulang kamu bisa semakin terlihat dan tampilan mata menjadi cekung.

Untuk menghindari itu sebaiknya kamu memenuhi kebutuhan air minum paling tidak dua liter sehari. Aturan tersebut sudah diajarkan langsung oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Penyebab kantung mata dapat pula diakibatkan dengan beberapa kondisi medis tertentu. Jika penyebabnya masalah kesehatan secara serius, maka ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. (psr)

Baca Juga:

Cara Benar Jepit Bulu Mata

#Kesehatan #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan