Kecantikan

Sering Menangis Bisa Memanjangkan Bulu Mata?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 09 November 2022
Sering Menangis Bisa Memanjangkan Bulu Mata?
Ada banyak mitos tentang kaitan menangis dan panjangnya bulu mata yang beredar. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

BEBERAPA orang mungkin pernah mendengar mitos bahwa sering menangis bisa membuat bulu mata jadi lebih panjang dan lentik. Akhirnya keindahan bulu mata jadi salah satu tolok ukur seberapa cengeng seseorang. Apalagi jika berkaca setelah menangis, kamu terkadang merasa bulu matamu tampak lebih indah dan hitam, seperti pakai mascara.

Tapi, efek menangis memangnya benar-benar sekeren itu untuk kecantikan? Nah, seperti diberitakan Byrdie, Selasa (8/11), baru-baru ini dua orang doker kulit di Amerika Serikat, Marisa Garshick, MD dan Rebecca Marcus, MD diundang untuk membeberkan fakta tentang kaitan antara menangis dan bulu mata.

Baca Juga:

Cara Benar Jepit Bulu Mata

Sebagai langkah awal, kamu harus tahu dulu tentang air mata yang jadi esensi utama saat menangis. Air mata tersusun dari banyak hal, yaitu air, minyak dan lemak, elektrolit, musin, dan protein. Kandungan ini akhirnya membentuk tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, lapisan air, dan lapisan lendir. Jadi isinya bukan cuma air seperti minuman, ya.

Air mata secara signifikan memang bisa membantu membersihkan mata dari debu, kotoran, dan makeup. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Nah, kandungan-kandungan ini secara efektif membantu mata jadi lebih bersih karena mengangkat debu-debu dan kotoran yang masuk. Air mata juga membantu menghapus makeup yang masih menempel. Namun di luar itu, ketiga kandungan tadi tak ada yang bisa memanjangkan apalagi melentikkan bulu matamu. Jadi, ini hanya mitos. Tak ada kaitannya antara bulu mata lentik dengan keseringan menangis.

Baca Juga:

Rekomendasi Aplikasi untuk Alis, Eyeshadow, dan Warna Rambut Sempurna

Garshick mengakui memang setelah menangis, bulu mata kita nampak jadi lebih cantik. Namun itu hanya efek sementara. Sebab, kandungan air dan minyak tadi membuat lapisan bulu mata jadi lebih mengilap, lurus, dan lebih gelap.

"Menangis tidak akan memanjangkan bulu mata. Tetapi memang membuatnya nampak lebih indah karena air mata melapisi seluruh lapisannya," ungkap Garshick.

Efek cantik air mata pada bulu mata ternyata sifatnya hanya sementara saja. (Foto: Pexels/Israelzin Oliveira)

Jika kamu benar-benar ingin memanjangkan bulu mata, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, tentu saja pergi ke klinik kecantikan dan melakukan eyelash extension. Kedua adalah dengan menggunakan serum bulu mata. Serum ini sebenarnya tidak secara langsung menumbuhkan panjang bulu mata, tetapi ia berfungsi untuk memanjangkan umur pertumbuhan bulu mata. (mcl)

Baca Juga:

4 Alternatif Penggunaan Lipstik Selain untuk Bibir

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan