5 Tipe Siswa Berdasarkan Tas Sekolahnya, Valid No Debat Karkateristik siswa kalau di sekolah. (Foto: YouTube/Ilham Fachreza)

ENAM buku pelajaran, buku tulis, kotak pensil, baju ganti, parfum, headset, dan peralatan tempur lainnya sudah di dalam tas sekolah. Tinggal bekal saja belum masuk karena baru akan dimasak ibu besok pagi. Siswa angkatan pandemi alias belajar jarak jauh di rumah masing-masing mungkin rindu dengan masa-masa itu ketika beratnya tas sekolah sampai bikin bahu nyeri dan jalan bungkuk.

Pas masih duduk di bangku SMA, kamu suka pakai tas seperti apa nih? Pasti macam-macam, ada backpack hitam tebal, sling bag, tas transparan, atau mungkin enggak pernah bawa tas karena buku pelajaran ditinggal di kolong meja? Meski enggak bisa dipukul rata, melihat karakteristik teman dapat dipantau dari tas sekolahnya. Yuk, simak langsung!

Baca juga:

Kilas-Balik Memori Bolos Sekolah, Ngapain Aja Sih?

1. Backpack Polo – Si Pulang Cepat

5 Tipe Siswa Berdasarkan Tas Sekolahnya, Valid No Debat
Standar tas anak sekolahan. (Foto: Instagram/halwa_bag)

Ya, tas sekolah satu ini pasti sering kamu lihat bahkan temanmu sendiri menggunakan backpack berlogo orang berkuda atau sejenisnya ke sekolah. Tasnya itu tebal, terlihat bawaannya berat, biasanya ada botol minum di kantong samping, dan kalau jalan harus pelan-pelan karena bawaannya berat. Mereka standar anak sekolahan sebenarnya.

Mereka mungkin dicap antisosial atau anak mami sama teman-teman, tapi di sisi lain termasuk tipe siswa konsisten dan enggak pernah bikin masalah di sekolah. Mereka tahu persis kewajiban utama sebagai pelajar, datang sekolah tepat waktu, atribut lengkap, dan bawa bekal.

Kalau memang waktunya pulang sekolah, mereka akan langsung pulang tanpa basa-basi. Mereka akan jadi orang pertama keluar dari gerbang sekolah di saat teman-temannya masih mengerjakan deadline tugas di kelas.

Walaupun kamu mengikuti aturan, bukan berarti jadi orang tidak menyenangkan atau kaku. Mereka masih punya waktu buat main bareng teman, ikut esktrakurikuler, dan sesekali pacaran dengan teman sekelas.

2. String bag – Si Olahragawan

5 Tipe Siswa Berdasarkan Tas Sekolahnya, Valid No Debat
Barang bawaan seputar olahraga. (Foto: Instagram/mitrasport_id)

Mana nih atlet kebanggan sekolah tampilannya sporty banget? Mulai dari running shoes, smart watch, sampai string bag enteng banget. Prioritas barang bawaannya malah bukan peralatan sekolah. Isi tas enggak jauh-jauh dari kaos ganti, handuk kecil, botol minum, bahkan sepatu olahraga untuk ekskul nanti. Bawa buku cetak dan buku tulis paling cuma satu, sementara pulpen tinggal pinjam ke teman sebangku.

Saat jam pelajaran berlangsung, si olahragawan biasanya paling sering dipanggil guru olahraga untuk latihan karena ada lomba dengan sekolah lain. Apa enggak senang kalau begitu? Tak jarang beberapa dari mereka prestasi non-akademisnya lebih besar daripada akademis. Berbekal punya postur tubuh tinggi, mereka sering jadi incaran teman seangkatan atau adik kelas. Huft.

3. Briefcase – Si Intelektual

5 Tipe Siswa Berdasarkan Tas Sekolahnya, Valid No Debat
Simple dan elegan. (Foto: Unsplash/Rajesh Rajput)

Siapa bilang briefcase cuma dipakai sama orang kantoran saja? Beberapa siswa juga suka memakai tas ini ke sekolah. Jika kamu salah satunya, selamat, kamu adalah si intelektual. Sesuai dengan jumlah sekatnya, si intelektual hanya akan membawa barang-barang penting saja, seperti buku pelajaran dan laptop. Sudah, itu saja.

Tampaknya mereka memang ingin fokus di kelas, paling rajin mencatat, dan punya goals jelas. PR dikerjakan dari rumah akan selalu jadi bahan contekan teman-teman di kelas.

Tipe tersebut enggak akan bawa bekal atau botol minum di tas. Mereka enggak mau barang bawaan mereka basah karena tumpahan air sop atau tetesan embun dari botol. Makanya setiap istirahat langsung bergegas ke kantin sebelum ramai massa.

Baca juga:

Kangen Momen Keseruan Berburu Perlengkapan Sekolah Sebelum Pandemi

4. Tas Transparan – Si Tukang Pamer/Stylish

tas sekolah
Barang di dalamnya terlihat jelas. (Foto: Instagram/bumbblebeeshop)

Kamu pasti setuju kalau pakai tas ini mayoritas atau mungkin sudah pasti perempuan, betul? Mereka ingin terlihat eye catchy dengan barang bawaan di tas terlihat begitu jelas, seperti headset, powerbank, kotak kacamata, semprotan softlens, dan bando pita segede gaban. Tas transparan ini memang pernah populer di kalangan pelajar dan mahasiswa karena terlihat unik.

Namun, lantaran terlihat justru bikin bahaya. Pencopet bisa melihat dengan jelas barang bawan. Si tukang pamer paling enggak bertahan lama pakai tas ini. Minggu depan juga mereka akan ganti tas lebih aman. Apalagi masih naik kendaraan umum.

5. Enggak bawa tas – Si greget

5 Tipe Siswa Berdasarkan Tas Sekolahnya, Valid No Debat
Tetap santai meski enggak bawa tas. (Foto: Instagram/haidarrrrrrrrrr_)

Nah, paling juara di antara semuanya sih. Simple, santai, bodo amat, terpenting bawa diri dan siap untuk belajar. Buku pelakaran, buku tulis, topi, dan dasi sengaja diletakkan di kolong meja biar semuanya enggak ribet. Ditegur guru BK atau kepala sekolah sih sudah jadi makanan sehari-hari. Supaya tetap terlihat serius, mereka akan memerhatikan guru saat menerangkan di kelas dan penuh inisiatif jika ada temannya kesulitan.

Namun, jika tiba-tiba harus membawa alat praktek biasanya mereka akan titip teman karena memang enggak mau ribet. Anak macam ini memang terkadang mengesalkan tapi di sisi lain juga akan lebih cepat membantu bila ada teman dalam kesulitan.

Nah, begitulah gambaran beberapa tipe siswa berdasarkan tas sekolah dibawa. Meski enggak semua seperti itu, setidaknya kamu mengingat kembali masa-masa saat masih sekolah luring. Di masa pandemi ini, kamu tidak lagi menyiapkan buku pelajaran di malam hari untuk sekolah besok di tas. Yang ada hanya mengenakan seragam bagian atas saja, menyalakan laptop, mendengarkan guru, dan berinterakis lewat chat dengan teman sekelas. (and)

Baca juga:

Kenangan Presentasi Kelompok, Peran Beda-Beda Tapi Nilai Sama Jumlahnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Resisten Antimikroba Sebabkan Kematian
Fun
Resisten Antimikroba Sebabkan Kematian

Resisten Antimikroba merupakan krisis kesehatan global yang terabaikan.

Trailer Perdana dan Tanggal Rilis ‘The Patrick Star Show’
ShowBiz
Trailer Perdana dan Tanggal Rilis ‘The Patrick Star Show’

The Patrick Star Show adalah spin-off dari serial SpongeBob Squarepants.

Akun Twitter Studio Ghibli Unggah Ilustrasi Mengejutkan
Fun
Akun Twitter Studio Ghibli Unggah Ilustrasi Mengejutkan

Ghibli membagikan beberapa hal menarik yang terjadi di balik layarnya.

Ebike yang Ringan dan Keren ini Cocok Melibas Jalanan Perkotaan
Fun
Ebike yang Ringan dan Keren ini Cocok Melibas Jalanan Perkotaan

Sangat fungsional untuk lingkungan perkotaan.

Mads Mikkelsen Resmi Gantikan Johnny Depp di ‘Fantastic Beasts 3’
ShowBiz
Mads Mikkelsen Resmi Gantikan Johnny Depp di ‘Fantastic Beasts 3’

Karena kasus yang menimpa Jhonny Depp, Mads Mikkelsen resmi perankan Grindewald di sekeul Fantastic Beast.

Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar
Fun
Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar

Menampilkan beragam visual tentang K-pop.

Menparekraf Dukung Penuh Restorasi Terumbu Karang
Fun
Menparekraf Dukung Penuh Restorasi Terumbu Karang

Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung penuh program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Restorasi Terumbu Karang.

Tips Agar Bisnis Dropship Berkembang di Masa Pandemi
Fun
Tips Agar Bisnis Dropship Berkembang di Masa Pandemi

Transaksi online meningkat selama masa pandemi.

Toko Sekaligus Museum Khusus Masker Dibuka di Jepang
Fashion
Toko Sekaligus Museum Khusus Masker Dibuka di Jepang

Jauh sebelum pandemi, orang-orang di Jepang sudah akrab dengan masker.

Membungkus Makanan Panas dengan Plastik, Berbahaya
Fun
Membungkus Makanan Panas dengan Plastik, Berbahaya

Yuk, kurangi penggunaan plastik untuk membungkus makanan.