5 Tempat Hiking Terbaik di Dunia, Destinasi Wajib Pencinta Alam Hiking di Camino Santia, Spanyol. (Foto: Pixabay/gavilla)

ADA kalanya cara terbaik untuk menikmati suatu negara yaitu dengan berjalan kaki, berinteraksi dengan penduduk setempat, dan menjelajahi tempat-tempat dengan pemandangan luas.

Dikutip booking.com, berikut lima tujuan hiking terbaik dunia menurut wisatawan global. Kelimanya cukup baik baik buat kamu sebagai pemula atau profesional.


1. Kalaw, Myanmar

 Para nelayan di Danau Inle. (Foto: Pixabay/3dman_eu)
Nelayan di Danau Inle punya teknik unik menangkap ikan. (Foto: Pixabay/3dman_eu)


Kamu bisa memulai perjalanan dari Stasiun bukit Kalaw sebelum memulai perjalanan tiga hari dalam trek di Danau Inle. Sebuah danau dangkal yang indah dengan pemandangan matarahi terbenam dan siluet para nelayan yang berdiri di perahu-perahu panjang mereka.

Para nelayan mencari ikan dengan teknik yang mungkin tak ditemukan di tempat lain. Mereka berdiri dan menyeimbangkan badan mereka hanya dengan satu kaki di ujung perahu, sambil melempar jaring dan mendorong perahu dengan dayung yang dikaitkan di kaki. Mereka lalu meluncur dengan anggun di atas air dengan celana panjang nelayan Burma yang khas dan topi kerucutnya.

Kamu juga bisa mendapatkan panduan dari dari perusahaan trekking lokal di Kalaw untuk melintasi Bukit Shan Myanmar, tempat pemandangan apik yang menampilkan hutan pinus, terasering persawahan, ladang wijen, dan desa dengan rumah-rumah bambu.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 4 Lokasi Glamping Paling Tak Terlupakan di Asia Tenggara


2. Nallathanniya, Sri Lanka

  Puncak Adam di Sri Lanka. (Foto: Pixabay/neourons)
Puncak Adam memiliki pemandangan hutan dan lautan. (Foto: Pixabay/neourons)


Desa Nallathanniya di Sri Lanka dikenal sebagai titik awal untuk pendakian populer ke Puncak Adam. Puncak gunung kerucut ini memiliki makna sakral bagi umat Buddha, Hindu, Muslim, dan Kristen, dan juga menawarkan beberapa pemandangan terbaik pulau terutama saat matahari terbit.

Puncak Adam memiliki pemandangan bukit berhutan dan Samudera Hindia yang membentang ke arah cakrawala barat. Meskipun tidak terlalu sulit untuk didaki, dibutuhkan waktu hingga empat jam untuk naik hampir 6.000 anak tangga batu.

Ada juga rute alternatif lain dengan tanjakan lebih mudah didaki. Selain itu, kamu juga bisa mendapat banyak makanan lezat lokal Nallathanniya.

3. Hrabusice, Slovakia

  Lembah Zadielska. (Foto: Pixabay/Zajcsik)
Lembah Zadielska ada sungai-sungai kecil mengalir ke kaskade. (Foto: Pixabay/Zajcsik)

Desa Hrabusice dikelilingi oleh jalur pendakian kelas dunia yang cocok untuk semua usia dan tingkat pengalaman. Daerah itu bisa menjadi gerbang masuk ke Surga Slovakia atau Taman Nasional Karst Slovak.

Taman Nasional Karst Slovak merupakan cagar alam yang terkenal dengan 1.000 gua dan jurang bawah tanahnya. Taman nasional ini merupakan pegunungan karst dengan pemandangan hutan cemara serta Air Terjun Haj. Air terjun itu sering sering dikunjungi saat musim dingin, ketika suku beku mengubahnya menjadi kumpulan stalaktit es.

Kamu juga bisa menempuh jalur sepanjang 500 kilometer untuk hiking melalui Lembah Zadielska. Lembah ini merupakan pilihan populer buat para pendaki dengan sungai kecil mengalir ke kaskade yang tak terhitung jumlahnya.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 6 Kota Kecil Eksotis di Asia yang Wajib Disinggahi Para Pelancong

4. Palas de Rei, Spanyol

  Jalur Camino de Santiago. (Foto: Pixabay/ulma93)
Jalur Camino de Santiago. (Foto: Pixabay/ulma93)

Kota kecil Galicia merupakan rute terakhir dari Camino de Santiago, yang bisa dibilang ziarah kuno paling terkenal di Eropa. Camino mengarah ke Santiago de Compostela, sebuah kota katedral yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir rasul St James.

Namun, sebagian besar para pelancong yang mencoba rute tersebut bukan karena alasan agama. Mereka datang untuk hiking dengan Camino yang menghadirkan pemandangan pedesaan yang luar biasa.


5. Hrensko, Ceko

 Pravcicka brana. (Foto: Pixabay/Ronile)
Pravcicka brana batuan pasir alami. (Foto: Pixabay/Ronile)

Dari Desa kecil Hrensko di Sungai Elbe, banyak pendakian mengarah ke berbagai arah melalui Taman Nasional Bohemian Switzerland, Republik Ceko. Salah satu rute yang paling indah di sana dan cocok untuk segala usia yaitu jalur sepanjang 20 kilometer yang membutuhkan waktu sekitar enam jam.

Daya tarik utama dari jalur ini mungkin adalah Pravcicka brana, lengkungan batu pasir alami terbesar di Eropa dan monumen yang mengesankan dengan panjang hampir 30 meter. Tempat tersebut telah terabadikan dalam banyak film termasuk The Chronicles of Narnia tahun 2005. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Indahnya Gua Batu Cermin, Destinasi Wisata yang Ngehits di Labuan Bajo

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH