Travel

4 Lokasi Glamping Paling Tak Terlupakan di Asia Tenggara

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 04 April 2019
4 Lokasi Glamping Paling Tak Terlupakan di Asia Tenggara
Lalamukha Tented Resort Khao Yai. (Foto: instagram.com/porrvp14)

KINI kemping tak melulu harus ke gunung atau ke hutan-hutan. Buat kamu yang suka destinasi outdoor tanpa harus benar-benar meninggalkan semua fasilitas wisata, para operator sudah menyediakan penginapan dengan nuansa alam terbuka berkonsep kemping.

Namaya kemping mewa atau glamping (glamorous camping) sekarang sedang tren. Tempat-tempat ini tetap mempertahankan tenda-tenda khas namun memenuhi kenyamanan sebagai sebuah penginapan.

Nah, khusus di Asia Tenggara, sejumlah lokasi glamping telah bermunculan selama beberapa tahun terakhir, menawarkan kesempatan untuk kembali ke alam. Beberapa kamp bahkan menawarkan kesempatan untuk terlibat dengan proyek konservasi. Dikutip booking.com, berikut telah dipilih empat kamp mewah di Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

1. Berkemah mewah di Khao Yai, Thailand

LaLa Mukha Tented Resort Khaoyai. (Foto: instagram.com/nukniksi)
LaLa Mukha Tented Resort Khaoyai. (Foto: instagram.com/nukniksi)

Jelajahi Khao Yai

Beberapa jam di utara Bangkok, Khao Yai dikenal sebagai Taman Nasional yang terdaftar di Unesco, cagar alam pertama di Thailand yang didirikan pada tahun 1962. Taman nasional ini punya banyak jalan setapak bisa dijelajahi, banyak air terjun, dan beragam satwa liar mulai dari gajah hingga owa.

Selain keliaran hutannya, daerah ini adalah tempat liburan akhir pekan yang populer bagi penduduk Bangkok. Di sana kamu juga akan menemukan mulai dari kilang anggur, museum seni kontemporer, dan taman patung. Khao Yai juga merupakan tempat bagi banyak resor mewah.

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

Tiga Destinasi Eksotis di Kyoto, Perpaduan Nuansa Tradisional dan Modern Jepang


Lala Mukha Tented Resort

Mungkin tempat glamping ini paling glamor dalam daftar ini. Ada kolam renang yang luas, restoran berteras, dan pilihan tenda bergaya safari atau rumah pohon mewah. Hanya lima menit dari pintu masuk, kamu dijamin akan disuguhkan pemandangan yang masih alami.


2. Camping Kemping mewah di Luang Prabang, Laos

Kamu Lodge. (Foto: instagram.com/kamulodge)
Kamu Lodge. (Foto: instagram.com/kamulodge)

Jelajahi Luang Prabang

Luang Prabang merupakan kota dipenuhi dengan kuil-kuil yang anggun dan para biarawan berpakaian oranye. Kota kental budayanya ini memiliki banyak hal untuk direkomendasikan. Jalan-jalan dengan pemandangan berkabut Sungai Mekong masih sama seperti berabad-abad lalu, jangan lewatkan pasar pagi, atau Wat Xieng Thong kuil paling mengesankan di kota ini.


Kamu Lodge

Kamu Lodge adalah kemah bertenda dengan tema lingkungan yang kuat. Pemilik berkomitmen untuk meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan dan mereka bekerja dengan dua desa Khmu lokal, menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengalami cara hidup lokal dan belajar kerajinan tradisional seperti tenun bambu.

Tenda-tenda dilengkapi dengan atap jerami untuk perlindungan matahari ekstra, memiliki panel surya individu untuk menyalakan lampu, dan tidak ada wifi atau TV. Setiap tenda memiliki beranda yang menghadap ke Sungai Mekong.

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

Ingin Menikmati Indahnya Dunia? Berikut Ini 5 Pulau Terbaik untuk Berlayar


3. Berkemah mewah di Koh Kong, Kamboja

Kamu Lodge. (Foto: instagram.com/thepamperednomad)
Kamu Lodge. (Foto: instagram.com/thepamperednomad)

Explore Koh Kong

Sebagian besar daerah yang belum berkembang di Koh Kong adalah surga bagi pecinta alam. Pegunungan Cardamom merupakan rumah bagi beberapa spesies paling langka di dunia, seperti gajah Asia dan macan tutul yang bernama luar biasa.

Kamu juga bisa mengatur perjalanan sehari penuh untuk menjelajahi hutan perawan dan air terjun mengesankan yang tersembunyi di perbukitan. Untuk menikmati pantai, bisa naik perahu ke pulau Koh Kong, rumah bagi beberapa pantai murni dengan spot snorkeling. Jelajahi hutan bakau di luar kota Koh Kong di Suaka Margasatwa Peam Krasaop. Jika kamu beruntung mungkin melihat lumba-lumba Irrawaddy.


Cardamom Tented Camp

Cardamom Tented Camp tepat berada di Taman Nasional Boutum Sakor. Cardamom adalah kamp lain yang serius terhadap isu lingkungan. Dengan tinggal di kemah berarti kamu membantu menjaga tanah di sekitarnya dari tangan penebang dan pemburu liar.

Para tamu juga didorong untuk mengambil bagian dalam kegiatan konservasi seperti penanaman kembali pohon. Akomodasi berada di tenda bergaya safari yang luas dengan shower hujan dan teras pribadi. Ada juga restoran umum dengan koneksi wifi.

4. Luxury camping, Lak Lake, Vietnam

Cardamom Tented Camp. (Foto: instagram.com/cardamomtented_camp)
Cardamom Tented Camp. (Foto: instagram.com/cardamomtented_camp)

Menjelajahi Danau Lak

Sekitar 150 km utara Da Lat di Dataran Tinggi Tengah, Danau Lak pernah menjadi tempat kecantikan favorit Kaisar Bao Dai (memerintah 1926-1945). Saat ini tempat ini populer di kalangan wisatawan, banyak dari mereka datang untuk mengambil bagian dalam kunjungan Vietnam tradisional.
Kamu bisa menjelajahi danau dengan menyewa longboat, menjelajahi desa-desa Mnong di sepanjang danau. Untuk pergi sedikit lebih jauh, sewalah sepeda dan pergi ke pedesaan di mana ada perkebunan kopi dan karet yang keren untuk dijelajahi.


Y Lak Tented Camp

Glamping ini terletak di sebuah bukit hijau di atas pemandangan danau. Y Lak Tented Camp menawarkan pondok-pondok bertingkat dan bungalow kayu.

Semua kamar memiliki balkon tepi danau di mana kamu dapat menyaksikan matahari terbenam yang spektakuler di atas danau. Ada sebuah restoran yang bertempat yang dikelilingi oleh taman organik, tempat para koki menanam rempah-rempah dan sayuran untuk mengisi piring makan kamu. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

Tak Melulu Wisata Sejarah, Berikut Pulau-Pulau Terindah yang Wajib Dikunjungi di Turki

#Glamping #Glamping Likeside #Wisata Dunia #Asia Tenggara
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan