Indahnya Gua Batu Cermin, Destinasi Wisata yang Ngehits di Labuan Bajo Gua Batu Cermin yang ada di Labuan Bajo. (Foto: instagram@bung.sendi)

LABUAN Bajo merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di kawasan timur Indonesia. Labuan Bajo terkenal karena termasuk Taman Nasional Komodo, terdapat banyak pantai indah, dan wisata pulau.

Tapi tak cuma komodo dan pantai-pantainya, Labuan Bajo juga memiliki objek wisata outdoor terkenal bernama Gua Batu Cermin. Buat wisatawan yang gemar berpetualang dan menyukai sejarah, Gua Batu Cermin layak dikunjungi.

Desa Labuan Bajo tepatnya terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasi Gua Batu Cermin sendiri cukup mudah diakses dari pusat kota.


1. Gua Batu Cermin mampu memantulkan cahaya dengan baik

Gua Batu Cermin. (Foto: instagram.com/medha_id)
Gua Batu Cermin atau warga lokal menyebutnya Watu Sermeng. (Foto: instagram@medha_id)

Gua Batu Cermin oleh warga sekitar disebut Watu Sermeng. Gua itu mampu memantulkan cahaya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke areal lain dalam gua, sehingga terlihat seperti cermin. Gua Batu Cermin juga kedap suara, karena memiliki kemampuan meredam bunyi, sehingga tidak ada suara yang bergema.

“Gua ini tidak bagus untuk memantulkan suara, tapi bagus untuk memantulkan cahaya,” jawab Mario, pemandu wisata Gua Batu Cermin, seperti dikutip Arah Destinasi.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bingung Liburan ke Mana? Curug Ngebul yang Tranding di Media Sosial Ini Bisa Jadi Pilihan


2. Akses mudah Gua Batu Cermin membuatnya semakin diminati pelancong

Gua Batu Cermin. (Foto: instagram.com/elmasoedirman)
Akses ke Gua Batu Cermin sangat mudah. (Foto: instagram@elmasoedirman)

Letak Gua Batu cermin hanya sekitar 15 menit dari pusat kota dengan kendaraan bermotor. Jalanan yang dilewati juga relatif mulus, beraspal, dengan deretan bukit hijau serta pepohonan di sepanjang jalan.

Di pintu masuk kawasan wisata Gua Batu Cermin, kamu akan menemukan sebuah warung makan dan area parkir cukup luas. Setelah membeli tiket, para pengunjung harus berjalan sekitar 300 meter untuk mencapai gua. Terdapat deretan pohon bambu yang rimbun dan memanjakan mata. Sesekali bisa melihat beberapa monyet bergelantungan atau sekadar duduk-duduk di kanan-kiri.

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH