5 Tarian Aerobik Favorit Publik yang Lagi Hype Tarian aerobik kekinian yang bisa dicoba untuk berolahraga (Foto: Pixabay/arembowski)

RUTINITAS dan latihan tari dalam aerobik sangat menyenangkan dan efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika kamu mencari cara keren untuk membuang lemak dan meningkatkan metabolisme, tarian aerobik adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Mampu membakar hingga 800 kalori dalam satu jam dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Tarian aerobik umumnya mengacu pada balet, jazz, zumba dan banyak lagi. Latihan tarian aerobik umumnya memiliki risiko cidera rendah karena dilakukan dalam kecepatan lambat, dan merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang sedang hamil, kelebihan berat badan, atau lansia.

Baca juga:

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

Namun, tidak semua tarian aerobik masuk kategori olah raga low-impact. Beberapa jenis aerobik termasuk latihan dengan intensitas tinggi dan sangat menyehatkan tubuh. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat kamu merasa bahagia dari dalam. Melansir laman stylecraze, berikut beberapa jenis tarian aerobik yang kini populer.

Zumba

5 Tarian Aerobik Populer yang Bisa Membuatmu Sehat Sekaligus Bahagia
Memiliki ritme yang lambat dan cepat. (Foto: Pixabay/Luisb)

Merupakan program kebugaran yang hebat, Zumba menggabungkan musik Latin, Internasional, dan Salsa dengan beberapa gerakan tarian yang luar biasa dan menyenangkan. Kamu akan menemukan latihan interval, latihan resistensi, dan latihan kekuatan. Akan ada ritme yang lambat dan cepat bergantian sehingga dapat terus membakar kalori.

Zumba bukan hanya untuk orang yang bisa menari. Menawarkan langkah-langkah sederhana namun sangat baik unutk jantung dan sangat menyenangkan. Kamu tidak hanya akan menikmati latihan tetapi juga dapat menurunkan berat badan ekstra lebih cepat dari yang bisa kamu bayangkan.

Jazzercise

5 Tarian Aerobik Populer yang Bisa Membuatmu Sehat Sekaligus Bahagia
Meningkatkan kebugaran. (Foto: classpass)

Jazzercise akan bekerja pada semua bagian tubuh dan membantu mencapai tingkat kebugaran. Terkenal sejak tahun 1970-an, latihan ini sangat efektif karena meningkatkan denyut jantung, dan memiliki kombinasi latihan kardio dan resistensi yang hebat.

Kurang lebih ada sekitar 78.000 lebih instruktur jazzercise di dunia saat ini. Belakangan, tidak sedikit pusat kebugaran yang mengadakan kelas jazzercise setiap minggunya.

Baca juga:

Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Banyak Manfaat Positif

Ballroom Dancing

5 Tarian Aerobik Populer yang Bisa Membuatmu Sehat Sekaligus Bahagia
Perlu dilakukan berpasangan (Foto: Pexels/Marko Zirdum)

Walau tidak terlalu fleksibel untuk dilakukan, namun ballroom dancing memiliki banyak manfaat. Merupakan jenis aktivitas moderat dan populer di seluruh dunia.

Satu-satunya kelemahannya adalah bahwa tarian ini tidak dapat dilakukan hanya seorang diri. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan pasangan.

Belly Dancing

5 Tarian Aerobik Populer yang Bisa Membuatmu Sehat Sekaligus Bahagia
Artikulasi tubuh menjadi suatu keharusan. (Foto: Pixabay/ITSI)

Terkenal dengan keindahan dan nuasa eksotisnya. Belly dancing pertama kali muncul di negara-negara timur tengah seperti Mesir dan Turki beberapa dekade yang lalu.

Merupakan bentuk tarian solo di mana artikulasi tubuh adalah suatu keharusan. Terdapat berbagai bentuk tarian perut, dan masing-masing memiliki gaya yang unik.

Masala Bhangra

5 Tarian Aerobik Populer yang Bisa Membuatmu Sehat Sekaligus Bahagia
Tarian khas India yang menyenangkan dan mengasyikan (Foto: gonomad)

Merupakan salah satu tarian paling populer yang termasuk dalam kategori aerobik. Masala Bhangra adalah bentuk tarian keren, menyenangkan, juga mengasyikkan. Tentunya akan membuat siapa saja tertarik. Masala Bhangra berasal dari Punjab sejak berabad-abad lalu dan merupakan tarian budaya negara India. (Lgi)

Baca juga:

Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Orangtua dan Anak

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH