Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Banyak Manfaat Positif Tai Chi, gerakan lambat dengan pernapasan dalam-dalam. (Foto: Pixabay/franciscojcesar)

TAIJIQUAN atau yang lebih akrab dikenal dengan tai chi adalah bentuk latihan sekaligus olahraga yang dimulai sebagai tradisi di Tiongkok. Berbasis seni bela diri, tai chi melibatkan gerakan lambat dan pernapasan yang memiliki banyak manfaat untuk fisik maupun emosi.

Manfaat tai chi termasuk penurunan kecemasan, depresi, serta perbaikan dalam kognisi. Latihan ini juga dapat membantu kamu mengelola gejala beberapa penyakit kronis.

Baca juga:

Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Orangtua dan Anak

Melansir laman Healthline, berikut beberapa manfaat dari tai chi yang bagi kesehatan dan bagaimana latihan tersebut dapat menenangkan pikiran.

Mengurangi stres

Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Sejumlah Manfaat Positif
Mencakup meditasi dan pernapasan terfokus. (Foto: Pexels/Akshar Dave)

Salah satu manfaat utama tai chi adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan, meskipun sebagian besar bukti bersifat anekdotal. Pada tahun 2018, satu studi membandingkan efek tai chi pada kecemasan yang berhubungan dengan stres dengan latihan tradisional.

Para peneliti menemukan bahwa tai chi memberikan manfaat yang sama untuk mengelola kecemasan terkait stres dengan olahraga. Karena tai chi juga mencakup meditasi dan pernapasan terfokus, para peneliti mencatat bahwa tai chi mungkin lebih unggul daripada bentuk olahraga lain untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Tai chi sangat mudah diakses dan berdampak bahaya yang lebih rendah daripada banyak bentuk latihan lainnya. Para peneliti berpendapat bahwa itu aman dan murah, bisa menjadi pilihan yang baik jika sehat dan mengalami kecemasan terkait stres.

Meningkatkan mood

Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Sejumlah Manfaat Positif
Memperbaiki suasana hati. (Foto: Pexels/Craig Adderley)

Tai chi dapat membantu memperbaiki suasana hati kamu saat terserang depresi atau cemas. Penelitian menunjukkan bahwa berlatih tai chi secara teratur dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Disadari bahwa napas dan gerakan yang lambat memiliki efek positif pada sistem saraf dan hormon pengatur suasana hati. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk membangun hubungan yang jelas antara tai chi dan peningkatan mood.

Baca juga:

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

Kualitas tidur yang lebih baik

Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Sejumlah Manfaat Positif
Meningkatkan tidur orang dewasa. (Foto: Pexels/Craig Adderley)

Berdasarkan laporan partisipan orang dewasa muda dengan kecemasan, mengalami peningkatan yang signifikan dalam kualitas tidur setelah berlatih dua kelas tai chi setiap miggu selama 10 minggu. Kelompok yang sama ini juga mengalami penurunan gejala kecemasan mereka.

Tai chi juga dapat meningkatkan tidur untuk orang dewasa yang lebih tua. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2016, peneliti menemukan bahwa latihan tai chi selama dua bulan kelas tai chi dua kali seminggu dikaitkan dengan tidur yang lebih baik pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif.

Menurunkan berat badan

Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Sejumlah Manfaat Positif
Berlatih 5 kali seminggu selama 45 menit. (Foto: Pexels/mali maeder)

Berlatih tai chi secara teratur dapat menurunkan berat badan. Sebuah studi melacak perubahan berat badan pada sekelompok orang dewasa yang berlatih tai chi lima kali seminggu selama 45 menit. Di akhir minggu ke 12, kelompok orang dewasa itu kehilangan sekitar 0,5 kg tanpa mengubah gaya hidup secara drastis.

Meningkatkan kognisi pada orang yang lebih tua

Tai Chi, Bela Diri Khas Tiongkok dengan Sejumlah Manfaat Positif
Meningkatkan daya ingatan. (Foto: Unsplash/Eddy Kalus)

Tai chi dapat meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif. Lebih khusus lagi, tai chi dapat membantu meningkatkan daya ingat dan keterampilan fungsi eksekutif seperti memberi perhatian dan melakukan tugas-tugas kompleks. (Lgi)

Baca juga:

Apakah Lansia Masih Perlu Olahraga?

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH