Kesehatan

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 20 Januari 2020
Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter
Olahraga malam banyak menjadi pilihan masyarakat di Ibu Kota (Foto: 123RF)

SAAT ini olahraga malam hari semakin banyak diminati oleh masyarakat. Hal itu mungkin karena kesibukan kerja dari pagi hingga sore hari, baik di hari biasa atau weekday hingga di akhir pekan.

Seperti contohnya nih gengs, di Ibu kota Jakarta tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, banyak orang yang berolahraga di malam hari. Menariknya setiap malam GBK tak pernah sepi dari orang-orang yang berolahraga.

Baca Juga:

Fakta-Fakta Menarik Seputar Golongan Darah O

Banyak orang yang menggemari olahraga malam, seperti halnya di Jakarta (Foto: 123RF)

Dari mulai sekedar jogging, bersepeda, hingga olahraga berat. Selain berolahraga, orang-orang pun memanfaatkan momen untuk berfoto, dan mengambil gambar video untuk diunggah ke instagram stories.

Sembari olahraga santai, biasanya eksis pun tak ketinggalan yah gengs. Hal itu lantaran view GBK yang eksotis, jadi sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan lewat sebuat foto.

Namun ngemeng-ngemeng nih gengs, kamu tahu enggak sih jika olahraga malam itu berbahaya bagi kesehatan atau tidak?.

Dilansir dari laman Alodokter, perlu diketahui sebelumnya jika selama ini olahraga malam kabarnya bisa berpengaruh buruk pada waktu tidur.

Alasannya karena berolahraga bisa meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, serta mendorong sistem tubuh untuk melepaskan adrenalin. Efek berolahraga menjelang tidur pun dinilai bisa membuat seseorang terjaga sepanjang malam.

Tapi kenyataanya, berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang yang berolahraga dalam waktu pagi siang maupun malam hari, justru akan membuat tidur lebih nyaman di hari tersebut, dibanding dengan orang yang tak melakukan olahraga sama sekali.

Itu artinya, olahraga pada malam hari tak akan memberikan pengaruh buruk pada kondisi tubuhmu. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga malam.

Baca Juga:

Jangan Abaikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Ada beberapa hal yang perluh diperhatikan sebelum melakukan olahraga malam (foto: supersportuae)

Hal pertama yang harus diperhatikan yakni minum air putih yang banyak sebelum, selama, dan setelah olahraga malam. Selain itu, makan malam pun harus pada waktu yang tepat. Jangan makan dengan porsi besar kemudian langsung berolahraga.

Waktu yang tepat untuk berolahraga, ialah dua jam hingga tiga jam usai makan malam. Tapi perlu diingat, makan malam dengan baik dan lebih awal atau tunggu hingga kamu selesai berolahraga.

Konsumsilah makanan yang tepat, karena apa yang kita makan sebelum dan setelah berolahraga memiliki dampak besar pada hasil yang diharapkan usai olahraga malam.

Apapun pilihan makananmu usai berolahraga, pastikan untuk tak makan dengan berlebihan. Mengingat kamu akan tidur dalam waktu dekat.

Lalu, hal ketiga yang perlu kamu perhatikan, yakni membuat rentang waktu beberapa jam antara olahraga dengan tidur. Hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh agar kembali normal, mengembalikan detak jantung seperti saat beristirahat dan tingkat adrenaline yang menjadi stabil.

Intinya nih gengs, rutin berolaharga pada kondisi apapun tetap lebih baik dibandingkan tak berolahraga sama sekali. Tak peduli waktu yang dipilih, pagi ataupun malam, karena efeknya sama-sama menyehatkan.

Olahraga malam sendiri merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang terbiasa lebih aktif sepulang kerja. Namun, yang paling penting ialah lakukan olahraga secara konsisten, demi menunjang kesehatan tubuhmu secara umum. (ryn)

Baca Juga:

Jangan Hujan-hujanan, Bahaya Nyata Mengancam Kesehatan

#Tren Olahraga #Olahraga Ringan #Olahraga Malam
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan