Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Orangtua dan Anak Yuk intip beberapa rekomendasi olahraga untuk orangtua dan anak (Foto: Pixabay/Pexels)

SAAT ini banyak anak-anak yang lebih banyak menonton TV dan bermain gawai> Akibatnya mereka jarang bergerak. Tentunya ini merupakan gaya hidup yang tidak sehat. Karenanya, peran orangtua disini sangatlah penting untuk tumbuh kembang buah hati.

Untuk orangtua yang ingin buah hatinya tetap sehat, sebaiknya lakukanlah berbagai olahraga dengan anak. Selain menyenangkan, kamu juga bisa tampil sehat bersama-sama. Karena aktivitas fisik pada anak, dipercaya bisa membangun tulang dan otot yang kuat, mencegah obesitas, dan membuat sang anak lebih mudah menangkap pelajaran di sekolah.

Baca Juga:

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

Bersepeda salah satu olahraga yang pas dan menyehatkan bagi si kecil (Foto: Pixabay/mabelamber)

Untuk orang dewasa, olahraga mungkin identik dengan gym, mengangkat beban atau treadmill. Namun berbeda dengan anak-anak ada beberapa kegiatan fisik yang bisa melatih tubuh si kecil, dan tentunya bisa dilakukan bersama-sama dengan orangtuanya.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, Olahraga pertama yang cocok untuk orangtua dan anak yakni bersepeda. Berdayakanlah kekuatan otot si kecil, dengan membiarkannya naik sepeda ke sekolah, rumah teman, taman, ataupun toko terdekat. Para Ibu juga bisa mengajak sang buah hatinya berolahraga naik sepeda setiap akhir pekan ke taman, atau sekadar keliling kompleks tempat tingga. Untuk lebih menarik, kamu juga bisa menambah jarak tempuh mengayuh sepeda setiap minggunya.

Bisa juga dengan mengajak anak berjalan kaki. Usai makan, ajaklah si kecil untuk berjalan kaki di sekitar rumah selama kurang lebih 30 menit. Bunda dapat menambah jarak tempuk jalan kaki tersebut setiap minggunya. Atau jika kamu memiliki bintang peliharaan seperti anjing, ajaklah anak untuk -jalan bersama hewan kesayangannya.

Baca Juga:

Amankah Olahraga Saat Perut Kosong? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Berkebun sangat menyehatkan dan bisa menambah pengetahuan anak. (Foto: Pixabay/toon-p)

Olahraga yang ketiga yakni berkebun. Biasanya anak-anak gemar bermain kotor-kotoran dengan tanah. Selain dapat membuat tubuh mereka bergerak, si kecil pun akan ikut membantumu menamam tumbuhan. Tentu si kecil akan jadi tahu bagaimana cara menanam dan mengeenal berbagai macam tumbuhan.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarinya merawat dan menyiram tanaman hingga subur. Perlu diketahui, menurut penelitian, berkebun merupakan olahraga yang bagus untuk mencegah osteoporosis. Jadi sangat bermanfaat untuk orangtua dan anak.

Olahraga yang keempat yakni bermain sepak bola, atau bola basket. Lakukanlah usai makan atau ketika si kecil pulang sekolah. Setidaknya lakukan olahraga tersebut bersama si kecil 30 menit tiap tiga kali seminggu.

Nah, daripada si kecil terus-menerus menonton televisi dan sibuk dengan gadgetnya, yuk ajak si kecil untuk aktif menggerakan tubuh dengan beberapa tips aplikasi olahraga diatas. Jika si kecil sudah besar, jangan lupa juga untuk mengajarkan padanya tentang pentingnya berolahraga, agar dia makin termotivasi. (ryn)

Baca Juga:

Fakta-Fakta Tentang Olahraga yang 'Katanya' Bisa Membuat Badan Kamu Lebih Tinggi

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH