4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau Sepatu merupakan salah satu benda yang rentan bau (Foto: Pixabay/annca)

BANYAK hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli sepatu memang bukan hanya tampilannya saja. Tetapi juga kenyamanannya. Selain itu, bahan dari sepatu yang mau kamu beli juga harus dipikirkan. Ada sepatu yang memang sulit untuk dibersihkan. Ada juga yang memang tidak perlu sampai dibasuh air. Kalau salah sepatu akan menghantuimu sepanjang hari.

Melansir dari laman cleanipedia.com, sepatu memang salah satu benda penting yang kurang mendapat perhatian kita. Setelah dipakai biasanya tidak dirawat dengan baik. Merawat sepatu bukan hanya untuk mempertahankan kualitasnya saja.

Baca juga:

4 Sneakers Classic yang Tak Lekang Oleh Waktu

Menghindari sepatu dari aroma tak sedap juga wajib kamu lakukan. Tak mau repot mencuci sepatu setiap hari? Yuk intip tips dan trik berikut agar sepatumu tetap segar dan terasa nyaman dipakai.

1. Deodoran

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau
Deodoran semprot bisa menghilangkan bau di dalam sepatu (Foto: Pixabay/bobanmk)

Percaya atau tidak, deodoran yang biasa dipakai di ketiak ternyata ampuh untuk menghilangkan bau sepatu. Bukan jenis roll on ya. Kamu bisa menggunakan deodoran semprot di alas sepatu atau di kakimu sebelum digunakan.

Selain aromanya yang wangi dan segar, deodoran mampu menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap. Deodoran juga akan menahan produksi keringat berlebih.

2. Lotion Zaitun

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau
Gunakan lotion zaitun untuk menutrisi kaki (Foto: Pixabay/silviarita)

Siap-siap cari lotion zaitun di supermarket terdekat ya. Karena lotion zaitun dinilai ampuh menghilangkan bau kaki. Sehingga sepatumu tidak akan bau apek lagi.

Gunakan lotion zaitun sesaat setelah mandi. Zaitun memang membutuhkan waktu yang agak lama untuk menyerap ke dalam kulit. Tapi khasiatnya jempolan deh!

Baca juga:

Sepatu Kamu Putih? Begini Cara Membersihkannya

3. Taburkan Kopi

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau
Kamu juga bisa menggunakan taburan kopi bubuk untuk menghilangkan aroma tak sedap (Foto: Pixabay/kalhh)

Setiap malam taburkan bubuk kopi ke dalam sepatumu. Jangan yang ada gulanya ya, nanti disemutin! Cari bubuk kopi olahan yang belum dicampur apapun.

Aroma kopi yang kuat mampu menghilangkan bau tak sedap di dalam sepatu. Cukup diamkan semalaman, besok paginya sepatumu siap digunakan.

4. Penatu Khusus Sepatu

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau
Cuci sepatu di penatu khusus sebulan sekali (Foto: Pixabay/Pexels)

Jangan mencuci sepatu di penatu biasa untuk pakaian. Pilihlah penatu khusus sepatu. Mereka memiliki sabun khusus yang diperuntukan bagi bahan sol.

Kandungan di dalamnya pun lebih ampuh membunuh kuman. Beberapa penatu khusus sepatu bahkan memiliki cairan khusus yang membuat aroma sepatu segar dalam jangka waktu panjang. (mar)

Baca juga:

Sneakers Terbaik Pertengahan 2019


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH