Sepatu Kamu Putih? Begini Cara Membersihkannya Merawat sepatu putih memang harus diperhatikan sekali. (Foto: Pixabay/congerdesign)

SEPATU putih tak lekang oleh waktu. Bisa jadi setiap orang memiliki sepatu berwarna ini, baik berjenis kanvas, kulit maupun suede. Hanya saja sepatu putih memang harus ekstra dalam merawatnya. Susah? Tidak juga!

Satu-satunya kelemahan sepatu putih adalah nyata sekali goresan kotorannya. Menjaganya agar tetap putih cerah bisa menjadi tantangan. Bagaimana kamu mulai membersihkan sepatu putih?

Sepatu putih memang harus rajin dibersihkan. Cara terbaik membersihkan dan mencuci sepatu putih adalah dengan tangan bukan dengan mesin. "Kerusakan tidak hanya dapat merusak drum mesin cuci, tetapi juga dapat merusak sepatu kamu. Bahkan dalam beberapa kasus, membuat noda lebih buruk," kata Sean Perry, pendiri perusahaan pembersih Neat Services yang berbasis di London seperti yang dituliskan dari laman health.

Selain jangan dimasukan ke mesin cuci, sebaiknya jangan pernah memakai pemutih, sebab dapat merusak sepatu. Namun dapat menggunakan soda kue, cuka putih atau hidrogen peroksida.

Berikut ini merupakan 3 cara membersihkan sepatu putih dari berbagai jenis.

Sepatu kanvas putih

sepatu
Jangan pernah menggunakan pemutih. (Foto: mom4real.com)

Membersihkan sepatu kanvas berwarna putih mudah saja, Jennifer Gregory dari Neighborly Molly Maid, menyarankan menggunakan satu galon air campurkan dengan satu gelas soda kue dan deterjen cair secukupnya. Lepaskan tali sepatu dan rendam bersama dengan sepatu. Setelah satu jam baru disikat dengan sikat kecil atau sikat gigi. Sikat ini dipakai untuk membersihkan bagian dalam dan luar sepatu. Cara ini membantu menghilangkan noda dan bau. Bilas sepatu sampai bersih dan biarkan sampai benar-benar kering.


Sepatu kulit putih

sepatu
Perlu penanganan khusus untuk jenis sepatu ini. (Foto: Pexels/Godisable Jacob)

Sepatu kulit putih bisa dibersihkan dengan menggunakan pembersih rumah tangga. Manfaatnya dapat menghilangkan noda di permukaan. Dave Bowden, pendiri blog Irreverent Gent, menyarankan pembersih itu diseka perlahan pada permukaan dari mulai ujung tumit hingga ke bagian depan. Kemudian baru beralih ke bagian solnya. Ia menyarankan bila menemukan goresan di kulit, coba tutupi dengan cat kuku putih.


Sepatu suede putih

sepatu
Gunakan pembersih khusus suede. (Foto: howtocleanstuff.net)

Bersihkan sepatu suede dengan menggunakan suede dan nubuck cleaning kit atau pembersih sepatu suede premium, saran Jennifer Rodriguez, dari Pro Housekeepers. Biasanya cara ini dengan mudah menghilangkan kotoran tanpa merusak sepatu." (gsh)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH