4 Rekomendasi Game City Building Illustrasi Game City Building (Foto: eGG)

BERMAIN game dengan genre simulasi memang cukup menyenangkan dan menantang. Alasannya karena pemain dituntut untuk melakukan sama persis dengan apa yang ada di dunia nyata, namun dalam format video game.

Salah satu subgenre game simulasi yang cukup digemari di kalangan gamer PC adalah city building. Sesuai namanya, pemain dituntut membangun dan mengatur isi kota tersebut. Apa saja game city building yang direkomendasikan? Mari kita simak daftarnya.

Baca juga:

Rilis Sebetar Lagi, Berikut Fakta-fakta The Last of Us Part 2


1. SimCity 4

Game SimCity 4
SimCity 4 (Foto: Reddit)

SimCity 4 merupakan game dengan genre city building yang cukup terkenal di dunia. Game tersebut dirilis pada tanggal 14 Januari 2003 dan diciptakan oleh Maxis. Layaknya game city building, pemain ditugaskan menjadi walikota dan mengatur keseluruhan isi kota, termasuk memikirkan kesejahteraan penduduk.

SimCity 4 memiliki 3 mode terpisah, salah satu mode terunik di game ini adalah God Mode. Pada mode ini pemain bisa mendatangkan bencana sendiri seperti tornado atau gempa. SimCity 4 memiliki kompleksitas yang cukup rumit untuk pemula. Tapi meskipun terkenal sulit, SimCity 4 tetap menyenangkan dan menantang untuk dimainkan.

2. Cities: Skyline

Game Cities Skyline
Cities Skyline (Foto: Steam)


Cities: Skyline adalah game city building yang dirilis oleh Paradox Entertainment dan diciptakan oleh Colossal Order. Cities: Skyline memiliki objektif game city building pada umumnya yaitu membangun kota dan menata kota tersebut agar tidak ada masalah.

Cities: Skyline tidak memiliki mekanis serumit game pesaingnya yaitu SimCity. Hingga kini, game yang dirilis pertama kali pada tanggal 10 Maret 2015 untuk platform PC tersebut sudah memiliki 11 judul ekspansi untuk menambah keseruan permainan.

Baca juga:

5 Game Nintendo Wii Terlaris

3. Anno 2205

Game Anno 2205
Anno 2205 (Foto: Gamerobo)


Anno 2205 tidak hanya berkutat pada genre city building, namun juga ditambahkan elemen simulasi ekonomi. Hal ini membuatnya sedikit berbeda dari kedua game di atas. Anno 2205 mengambil latar waktu futuristik di tahun 2205.

Pada seri ini, sang developer yaitu Blue Byte juga menghadirkan mode bernama 'session mode'. Di mana mode tersebut membuat pemain bisa mengatur kotanya yang berada di Bumi dan di Bulan.

Tidak hanya membangun, pemain juga diperintah untuk melakukan pertukaran sumber daya antar koloni sehingga bisa mengembangkan koloninya masing-masing. Anno 2205 dirilis pada tanggal 3 November 2015 dan banyak mendapat pujian bagus dikarenakan grafik serta animasinya yang memukau.


4. Tropico 6

Game Tropico 6
Tropico 6 (Foto: Xboxhub)


Tropico 6 menggabungkan city building, manajemen serta simulasi politik dalam satu judul game. Pemain diceritakan menjadi 'El Presidente' yang memimpin negara Tropico dengan ideologi komunisme.

Pada game tersebut, terdapat 4 era yang harus dilalui yaitu era kolonial, era perang dunia, era perang dingin dan era modern. Tidak seperti seri Tropico sebelumnya yang hanya memiliki 1 pulau untuk dibangun, kini di Tropico 6 pemain dapat membangun kota di lebih dari 1 pulau. Tropico 6 dirilis pada tanggal 29 Maret 2019. (PP)

Baca juga:

Bernostalgia dengan 5 Game PS 1 Ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH