4 Jenis Aplikasi Untuk Editing Audio Podcast di Ponsel Pintar

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 02 September 2020
4 Jenis Aplikasi Untuk Editing Audio Podcast di Ponsel Pintar
Aplikasi untuk memperbagus audio podcastmu-jonathan. (Foto: Unsplash/farber)

DALAM pembuatan podcast yang paling penting adalah audio. Audio yang baik dan jelas akan membuat pendengar betah berlama-lama bersama kamu. Suara merupakan pesan yang sangat penting dalam menyampaikan informasi melalui podcast.

Tak mengheran bila beberapa pembuat podcast rela membeli peralatan mahal untuk meningkatkan kualitas suara dengan tujuan memanjakan telinga pendengarnya. Biasanya mereka membeli mixer dan mic yang memiliki kualitas apik.

Baca Juga:

Podcast Serupa dengan Radio

Namun ada baiknya untuk meningkatkan kualitas audio podcast kamu sebaiknya mempelajari beberapa aplikasi editing audio. Menggunakan software komputer mungkin rumit dan mahal untuk sebagian orang. Tapi kamu tak perlu khawatir, banyak aplikasi ramah di kantong dan sangat mudah untuk digunakan untuk menyaring dan mengedit suara.

Aplikasi tersebut dapat kamu unduh di handphone mu loh! Ada aplikasi yang berbayar namun ada juga aplikasi yang bisa kamu dapatkan dengan cuma-cuma alias gratis. Dengan beberapa aplikasi tersebut kamu dapat membuat podcastmu nampak terlihat profesional.

1. Anchor

pod
Aplikasi Anchor yang bisa digunakan dalam ponselmu. (Foto: Using_Anchor_Review@thepodcasthost)

Pada aplikasi Anchor kamu dapat mendengar, membuat, dan menerbitkan podcastmu sendiri. Anchor juga menyediakan beberapa fitur menarik diantaranya adanya transisi maupun background task, kemudian efek suara, dan impor pesan suara. Beberapa fasilitas tersebut dapat kamu gunakan secara langsung untuk melancarkan editing podcstmu. Untuk mempelajarinya kamu dapat mengikuti tutorial dalam aplikasinya maupun video YouTube.

2. Podbean

pod
PodBean memudahkanmu dalam membuat podcast ringan menggunakan ponselmu. (Foto: screenshot PodBean)

Nah aplikasi ini saangat cocok bagi kamu yang baru memulai podcast. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi pemula karena kamu dapat langsung merekam, mengedit, dan menggabungkan beberapa file audio yang kamu punya. Selain itu kamu juga dapat menambahkan musik dan backsound yang kamu ingin. Tapi kamu harus hati-hati dalam memilih backsound, sebab podcstmu bisa kena copyright loh.

Baca Juga:

Radio Analog Vs Radio Digital Vs Radio Daring, Apa Sih Bedanya?

3. SoundCloud

pod
SoundCloud tak diragukan efektifitasnya dalam membantu menangkap suara. (Foto: DIGITAL DJ TIPS)

Selain untuk mendengarkan lagu SoundCloud juga menawarkan layanan perekaman sekaligus mengunggah ke hosting secara gratis. Pada aplikasi ini dilengkapi dengan alat perekam yang efektif. Keunggulannya dapat dinikmati beberapa pencinta audio karena kamu juga dapat merekam berbagai lagu-lagumu di dalam aplikasi ini.

4. Audio Recorder

pod
Audio Recorder memiliki banyak keunggulan. (Foto: indovoiceover)

Aplikasi ini memiliki rating 4,2 di googleplay. Audio Recorder memudahkan pengguna dalam merekam dan memutar ulang audio baik dalam ponsel pintar maupun dalam tablet. Aplikasi ini didesain untuk perekaman antar muka oleh karena itu aplikasi ini juga cocok digunakan untuk perekaman jarak jauh yang intuitif. Hal tersebut memperlancar proses perekaman, mengambil jeda, mengedit audio dan masih banyak lagi fitur yang dapat kamu gunakan dalam aplikasi ini. Sony adalah pihak pengembang yang membuat aplikasi ini bahkan di beberapa negara Sony Audio Recorder menambahkan fitur transkripsi dari ucapan atau tutur ke teks tertulis via layanan reportext. (joe)

Baca juga:

Kokohnya Radio di Tengah Hantaman Era Digital

#Sistem Audio #Aplikasi #Aplikasi Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan