4 Cara Ampuh Cegah Nyeri Otot Posisi yang sama sepanjang hari akan mengakibatkan nyeri otot. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

NYERI otot memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bila sudah menyerang tubuh bergerak sangat terbatas. Sakitnya tidak sekaligus datang, melainkan perlahan.

Gangguan pada otot seperti nyeri otot, kesemutan, dan keram dapat terjadi kapan saja. Ini muncul karena kebiasaan buruk yang orang lakukan. Laman halodoc memberikan tips mencegah nyeri oto.


Baca Juga:

Menguji Adrenalin, Berselancar Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental


1. Olahraga

olahraga
Lakukan olahraga yang teratur. (Foto: Pixabay/skeeze)


Olahraga secukupnya dapat membantu terhindar dari nyeri. Dengan olahraga teratur dan cukup membuat tubuh terbiasa bergerak. Olahraga mampu membuat otot terlatih sehingga nyeri tidak akan muncul. Namun sebaiknya Jangan lakukan olahraga keras secara tiba-tiba. Karena otot belum terbiasa beraktivitas keras malah menjadikan tubuh mudah terkena nyeri otot.


2. Gerak tubuh

gerak
Berada di posisi yang sama dalam waktu lama akan membuat otot tak bergerak. (Foto: Pexels/burst)

Kebiasaan kebanyakan pekerja kantor adalah berada dalam posisi yang sama sepanjang hari. Padahal posisi yang sama dalam waktu lama memunculkan nyeri otot. Hal ini sebenarnya sangat mudah diatasi. Yakni dengan melakukan pergerakan berbeda dalam masa tertentu. Misalnya jalan-jalan setiap 1 jam sekali. Dengan demikian kamu akan terhindar dari nyeri leher dan punggung karena terlalu lama duduk.


Baca Juga:

Bumil Disarankan untuk Konsumsi Buah Melon


3. Konsumsi makanan

makan
Makan banyak dan badan yang tak pernah bergerak kombinasi yang tidak baik. (Foto: Pexels/bruce mars)


Sesuatu yang berlebihan kadang tidak baik begitu juga dengan makan. Jika kamu makan melebihi batas konsumsimu dalam sehari, hal buruk akan muncul. Salah satunya adalah obesitas. Karena kelebihan berat badan maka nyeri dapat dengan mudah menyerang. Ini disebabkan tubuh mulai melemah dan letak pusat gravitasi tubuh akan bergeser ke depan. Tubuh akan menerima beban yang sebelumnya tidak pernah dirasakan sebelumnya, cenderung membuat otot menjadi nyeri.


4. Susu

susu
Minumlah susu yang baik untuk tulang. (Foto: Pexels/bruce mars)


Susu memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang. Tulang yang sehat dan kuat akan membantu diri terhindar dari nyeri otot. Tulang yang kuat akan membantu otot lebih mampu bergerak melakukan aktivitas. Selain susu, suplemen juga dapat dikonsumsi sebagai tambahan vitamin dan kalsium yang akan membnantu tulang tetap kuat dan sehat. (joe)

Baca Juga:

Jangan Dianggap Sepele, Begini Pentingnya Asupan Nutrisi Sebelum Olahraga


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH