Bumil Disarankan untuk Konsumsi Buah Melon

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 24 Juni 2020
Bumil Disarankan untuk Konsumsi Buah Melon
Melon membuat bumil tetap stabil menjalani aktivitas. (Foto Pexels/Susanne Jutzeler)

MELON buah segar dan manis ini, memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Selain menambah asupan cairan tubuh, melon juga dapat menjaga tekanan darah ibu hamil agar tetap stabil.

Saat hamil, ibu hamil membutuhkan beragam nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh dan tumbuh kembang janin. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat bisa diolah dari pola makan sehat. Melansir laman Alodokter, berikut lima manfaat melon bagi ibu hamil.

Baca Juga:

Harga Lebih Murah, Amankah mengonsumsi Telur Infertil?

1. Membantu perkembangan janin

buah
Memiliki kandungan folat. (Foto: Unsplash/Dainis Graveris)


Di trimester awal kehamilan, ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan folat. Fola sangat berperan penting terhadap perkembangan sistem saraf janin dan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan harian folat, ibu hamil dapat melakukannya dengan rutin mengonsumsi buah melon. Hampir 10 persen kebutuhan harian folat ibu hamil sudah bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi 200 gram melon. Asupan folat juga bisa didapatkan dari sayuran, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

2. Menjaga tekanan darah tetap stabil

melon
Tekanan darah menjadi lebih stabil. (Foto: Unsplash/Kenny Timmer)

Selama masa kehamilan, tekanan darah ibu hamil seringkali tidak stabil karena perubahan fisik yang terjadi untuk menunjang kesehatan serta tumbuh kembang janin. Jika tidak terkontrol, tekanan darah bisa menjadi lebih tinggi hingga menyebabkan hipertensi. Kondisi ini bisa berdampak pada kesehatan ibu hamil maupun janin. Dengan mengonsumsi melon, risiko terjadinya hipertensi saat hamil dapat berkurang. Pasalnya, melon rendah akan kandungan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah dan justur tinggi kalium yang berperan dalam mengatur kestabilan tekanan darah.

3. Menjaga kada gula darah tetap normal

melon
Menurunkan peningkatan gula darah. (Foto: Pixabay/imagesBG)

Saat hamil, kadara gula darah tinggi dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan serius, misalnya diabetes gestasional. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kehamilan. Dengan mengonsumsi buah, salah satunya melon, ibu hamil akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami peningkatan kadar gula darah dibandingkan orang yang jarang mengonsumsi buah.

Baca Juga:

Resep Kue Cokelat 'Hits' dengan Tiga Bahan Sederhana

4. Mencegah dan mengatasi sembelit

melon
Mengatasi sembeli. (Foto: Pexels/mike)

Sembelit menjadi salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Keluhan ini biasanya terjadi akibat perubahan hormon saat hamil yang memengaruhi saluran cerna atau kurangnya asupan serat saat hamil. Bumil disarankan untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makan tinggi serat, seperti buah dan sayuran, termasuk buah melon.

5. Mencegah dehidrasi

melon
Memenuhi kebutuhahan cairan. (Foto: Pixabay/stevepb)

Mual dan muntah yang kerap muncul saat hamil bisa menyebabkan bumil berisiko mengalami kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Untuk mencegahnya, bumil perlu cukup minum air putih dan makan yang teratur. Selain itu, buah melon juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi karena tingginya kandungan air di dalam buah ini. (and)

Baca Juga:

Sup Rempah Penjaga Daya Tahan Tubuh

#Ibu Hamil #Wanita Hamil #Perempuan Hamil #Kesehatan Ibu Hamil #Buah
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan