z
Berselancar memang menguji adrenalin. (Foto Unsplash/Jeremy Bishop)

BERSELANCAR merupakan olahraga air yang banyak diminati para pelancong. Bahkan tidak sedikit yang rela berburu ombak ke seluruh dunia. Namun, hanya sedikit pantai di dunia ini yang dianggap mewakili kegilaan berselancar. Tak sekadar menguji adrenalin. Olahraga ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatn mental loh.

Secara umum, olahraga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mental. Mulai dari berjalan santai hingga yoga dapat menjadi terapi fisik yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental lainnya. Mengutip Hellosehat, berikut tiga manfaat berselancar bagi kesehatan mental.

BACA JUGA:

Jangan Dianggap Sepele, Begini Pentingnya Asupan Nutrisi Sebelum Olahraga


1. Interaksi dengan alam ringankan stres

berselancar
Berinteraksi dengan alam, yakni ombak laut. (Foto: Unsplash/Sincerely Media)


Ketika berselancar, kamu akan berinteraksi dengan alam, yakni laut. Ternyata, berolahraga dikelilingi dengan alam memberikan efek positif pada kesehatan fisik dan mental. Melansir laman Harvard Health, terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa berjalan di tengah alam dapat menurunkan tingkat stres dan rasa cemas. Sejauh ini belum jelas mengapa kondiis ini terjadi. Namun, ada kemungkinan hal ini berkaitan dengan aktivitas otak.

Sementara itu, efek dari menghabiskan waktu di tengah alam juga akan lebih besar ketika mendengarkan suara alam dan beraktivitas fisik di air, seperti berselancar. Oleh karena itu, tingkat kelelahan mental yang dirasakan para peselancar mungkin lebih rendah.


2. Risiko yang sepadan dengan hasilnya

berselancar
Dapat menurunkan tingkat depresi dan rasa cemas. (Foto: Unsplash/Austin Neill)


Ketika berselancar, seseorang membutuhkan mental dan fisik di dalam lingkungan yang terus berubah. Berselancar juga memerlukan komitmen untuk menghadapi risiko jatuh dari papan selancar di tengah laut. Namun ketika kamu berhasil melewati tantangan tersebut, kamu akan jauh lebih senang ketika berhasil 'mengendarai' ombak. Pengalaman ini akhirnya membantu menurunkan tingkat depresi dan rasa cemas dibandingkan populasi umum.

Apabila seseorang merasa senang, tubuh akan mengeluarkan zat dopamin yang membantu mengelola kesehatan mental. Ketika kamu merasa baik bahwa telah mencapai sesuatu, itu karena kamu memiliki gelombang dopamin di otak.

3. Membangun kepercayaan diri

berselancar
Berselancar membuatmu menjadi lebih percaya diri. (Foto: Nathan Hill-Haimes)


Berselancar tentu membutuhkan energi fisik yang cukup banyak. Apalagi berselancar juga menawarkan tantangan yang cukup bervariasi, sehingga membuatnya memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Coba bayangkan, kamu harus membawa papan selancar, mendayung hingga ke tengah laut sambil melihat ombak, hingga menjaga keseimbangan tubuh. Laman Mental Health Foundation mewartakan beraktivitas fisik dapat melepaskan zat kimia di otak yang membuat tubuh merasa lebih baik.

Berselancar jika membuatmu tampak lebih percaya diri dan membuat suasana hati lebih baik. Berbagai alasan tersebut yang membuat surfing memberikan manfaat bagi kesehatan mental karena termasuk aktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin berselancar. Pastikan kamu tidak sendirian di pantai atau mengajak teman yang sudah bepengalaman. Jika masih pemula, disarankan utnuk memakai tali yang diikat di papan selancar. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang nyaman, seperti pakaian selam. Terakhir, lakukan pemanasan sebelum masuk ke air. (and)

BACA JUGA:

Frozen Food, Bisnis Enggak Cengeng di Tengah Pandemi


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH