Jangan Dianggap Sepele, Begini Pentingnya Asupan Nutrisi Sebelum Olahraga Asupan nutrisi sebelum olahraga baik untuk menjaga ketahanan tubuh. (Unsplash/Alexander Redl)

SUDAH olahraga berjam-jam tapi hasilnya belum optimal? Mungkin pangkal soalnya ada pada asupan nutrisi. Bila asupan nutrisi kurang berimbas pada kurangnya ketersediaan energi.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Amankah mengonsumsi Telur Infertil?

Olahraga dengan asupan nutrisi seimbang diperlukan agar tubuh beroleh manfaat tepat. Kesalahan fatal dilakukan banyak orang ketika akan olahraga justru asupan nutrisi tidak dipenuhi. Alhasil, saat berolahraga tubuh akan terasa cepat lelah.

Health and Nutrition Science di Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi menekankan pentingnya jumlah asupan gizi dan waktu konsumsi tepat sangat penting saat berolahraga.

Yoga
Sebelum Yoga juga diperlukan nutrisi seimbang. (Unsplash/Bruce Mars)

"Sebelum, selama dan setelah berolahraga ada porsinya masing-masing. Nutrisi sebelum berolahraga untuk mempersiapkan tenaga dan cairan agar dapat digunakan optimal saat berolahraga," ujar dia dalam NutriClass via daring, Selasa.

Rendy menyarankan sebelum olahraga sebaiknya mengosumsi karbohidrat untuk mengisi cadangan tenaga dalam bentuk glikogen dan jenisnya berbeda bergantung waktu dimiliki sebelum berolahraga.

Baca juga: Game Ponsel UNO versi BTS, ARMY Wajib Main Nih

"Cukupi persediaan karbohidrat. Sejam sebelum berolahraga dan dua jam sebelum berolahraga berbeda (jenis) karbohidratnya," kata dia.

Jika masih punya waktu 2-4 jam sebelum berolahraga, kamu bisa menyantap makanan lengkap namun usahakanlah rendah lemak misalnya nasi merah bersama lauk dada ayam dan sayur.

Angkat Besi
Nutrisi lengkap dan seimbang sangat diperlukan saat akan melakukan olahraga angkat beban. (Unsplash/Victor Freitas)

Namun, ternyata hanya ada waktu 1-2 jam sebelum berolahraga, sebaiknya menyantap kudapan ringan karena lebih sederhana dan tidak lama dicerna tubuh. Pilih semisal buah, yogurt atau oatmeal dengan buah.

"Kalau kurang dari sejam, Anda bisa konsumsi sport drink, isinya karbohidrat dan cairan elektrolit," kata Rendy.

Tak disarankan mengonsumsi makanan mengandung lemak sebelum berolahraga karena sulit dicerna tubuh sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Hal tersebut menjadi salah satu alasan orang merasakan sakit perut usai berolahraga. (*)

Baca juga: Kampanye 'Love Myself' dari BTS Menang Inspire Awards 2020 UNICEF


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho