3 Masalah Kesehatan Saat Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur 3 risiko bermain hp sebelum tidur (Foto: Pexels/adrianna calvo)

SEIRING berkembangnya zaman, pola hidup seseorang ikut berubah. Kini banyak orang yang tak bisa lepas dari ponsel. Saking ketergantungannya, ketika bangun tidur, benda yang pertama dicari adalah ponsel. Benda ini juga kerap menemani sebelum beranjak tidur.

Sayangnya meski banyak membantu kehidupan seseorang, bukan berarti tidak punya dampak negatif. Misalnya, kurangnya bersosialisasi, masalah pada mata akibat terlalu lama menatap layar ponsel, hingga kurang tidur karena terlalu asik berselancar di dunia maya hingga lupa waktu untuk tidur.

Baca juga:

Benarkah Mengonsumsi Minyak Ikan Berpengaruh pada Testis?

Tapi bermain ponsel sebelum tidur punya dampak lain terutama bagi kesehatan otak. Mau tahu apa saja risiko yang bisa terjadi disaat bermain ponsel sebelum tidur? Simak berikut ini!

1. Mempengaruhi durasi tidur

Bermain hp sebelum tidur akan merusak jam tidur (Foto: pexels/Ivan Oboleninov)
Bermain hp sebelum tidur akan merusak jam tidur (Foto: pexels/Ivan Oboleninov)

Menatap layar ponsel sebelum tidur akan membuat kamu terjaga lebih lama sehingga menjadikan kamu menjadi kurang tidur. Waktu otak beristirahat menjadi sangat berkurang dan pada akhirnya kamu akan mudah kelelahan di hari berikutnya.

Baca juga:

Selain Menambah Pengetahuan, Ini Manfaat Mengejutkan dari Membaca

2. Mempengaruhi produksi melatonin

Bermain hp sebelum tidur bisa menyebabkan merasa capek seharian (Foto: pexels/mikoto)
Bermain hp sebelum tidur bisa menyebabkan merasa capek seharian (Foto: pexels/mikoto)

Cahaya biru dari ponsel bisa mempengaruhi produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu untuk mengontrol siklus tidur. Ketika produksi melatonin rendah hal ini bisa meyebabkan seseorang menderita insomnia, mudah marah dan merasa capek sepanjang hari.

3. Meningkatkan risiko kanker

Bermain hp sebelum tidur menyebabkan kanker (Foto: pexels/Bruce Mars)
Bermain hp sebelum tidur menyebabkan kanker (Foto: pexels/Bruce Mars)

Selain membantu mengontrol siklus tidur, melatonin adalah antioksidan yang sangat kuat dan penting bagi tubuh untuk melawan kanker. Hal itu karena melatonin dapat mengurangi jumlah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, paparan cahaya biru dari layar ponsel dapat mempengaruhi produksi melatonin.

Itulah tiga dari sekian banyak risiko bermain ponsel sebelum tidur. Apakah kamu masih mempunyai keinginan untuk bermain ponsel sebelum tidur? (Bel)

Baca juga:

Yuk Ketahui Manfaat dari Kulit Lemon


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH