Selain Menambah Pengetahuan, Ini Manfaat Mengejutkan dari Membaca Membaca miliki manfaat yang mengejutkan (Foto: pixabay/silviarita)

MUNGKIN kamu pernah berpikir jika membaca merupakan kegiatan yang sangat menjenuhkan. Bahkan sebagian orang merasa enggan meluangkan waktu untuk membaca.

Padahal, saat membaca kita bisa menggunakan banyak bagian dari otak. Lalu salah satu manfaat membaca ialah sebagai bentuk pelatihan, untuk memelihara kesehatan otakmu.

Baca Juga:

Cara Baru Membaca, Membantu Siswa Menghafal 100.000 Kata dalam 5 Menit

Jika membiasakannya sejak kecil, membaca bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan serta bermanfaat. Karena lewat membaca, kamu bisa memperoleh banyak informasi yang sebelumnya tak kamu ketahui.

Membaca tak hanya sekadar untuk menambah wawasan. Berbagai penelitian menunjukan jika membaca bisa melatih fungsi otak, menjernihkan pikiran serta memperkuat memori.

Membaca sejak dini miliki banyak manfaat (Foto: pixabay/victoria_borodinova)

Manfaat membaca akan didapat berdasarkan usia. Untuk anak-anak beberapa manfaat yang bisa didapat dari membaca antara lain mengajarkannya tentang komunikasi, membangun keterampilan mendengar, daya ingat, kosa kata, dan memumpuk kecerdasannya.

Selain itu membaca pun akan memberikan informasi tentang dunia di sekitarnya, memperkenalkan beragam wawasan (angka, huruf, warna dan bentuk) dengan cara yang menyenangkan.

Untuk menerapkan kegiatan positif dengan mengajak anak untuk gemar membaca, tak melulu harus membeli buku. Kamu bisa memanfaatkan buku yang dipinjam dari perpustakaan. Karena disana terdapat beragam buku, dari mulai untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Baca Juga:

Inilah Buku-Buku Bacaan Favorit Presiden Indonesia Mulai Bung Karno Sampai Jokowi

Bagi orang dewasa dan lansia, membaca juga punya banyak manfaat (Foto: pixabay/porquoipas)

Sementara, manfaat membaca bagi orang dewasa atau lansia juga tak kalah menariknya. Salah satunya ialah dapat memperbaiki daya ingat.

Karena, seiring bertambahnya usai, daya ingat seseorang bisa saja menurun. Daya ingat yang semakin menurun, membuat lansia tak bisa lagi hidup mandiri. Sehingga butuh bantuan dari orang lain.

Membaca juga seperti halnya senam mental untuk otak. Dilansir dari laman alodokter, penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa membaca bisa memengaruhi proses pemikiran dan mengaktifkan kinerja otak kita.

Lewat membaca kamu juga bisa memosisikan diri kamu dengan posisi orang lain sesuai dengan karakter tertentu, pada buku yang kamu baca. Dengan membaca pun kamu bisa membayangkan beragam kondisi atau situasi, dan itu merupakan tantangan yang baik untuk kesehatan otak kamu.

Menariknya, lagi membaca bisa membuatmu belajar dan mengetahui situasi emosional agar menjadi lebih baik lagi. Hal itu berguna untuk anak-anak, remaja, hingga lansia. Dengan begitu, hobi membaca mempunyai manfaat terkait kecerdasan sosial.

Fakta lainnya, penelitian mengungkapkan, orang yang tumbuh di rumah yang memiliki banyak buku, besar kemungkinan mencapai pendidikan tinggi, memperoleh pendapatan besar, dan memiliki fungsi kognitif yang baik di masa depannya. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Membaca Buku dengan Benar

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH