Benarkah Mengonsumsi Minyak Ikan Berpengaruh pada Testis? Minyak ikan bila dikonsumsi rutin akan menyehatkan testis (Foto: Pexels/Pixabay)

MEMILIKI testis sehat sangat penting. Testis merupakan tempat penghasil sperma. Jika testismu sehat, apalagi besar, kamu bisa menghasilkan jumlah semen yang amat banyak ketika ejakulasi. Kamu bisa subur.

Melansir Mirror, sebuah penelitian menyebut mengonsumsi minyak ikan dapat memperbesar testis. Tak hanya itu, minyak ikan juga bermanfaat untuk menghasilkan sperma berkualitas dan menyehatkan kadar hormon.

Baca juga:

Jangan Pernah Menahan Ejakulasi, Ini Akibatnya!

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 1.700 pria di Denmark. Studi yang dilakukan oleh University of Southern Denmark itu juga menemukan bahwa pria yang rutin mengonsumsi minyak ikan memiliki kadar testosteron yang lebih sehat.

Minyak ikan diperkirakan bisa memperbesar testis (Foto: Pexels/Pixabay)

"Kami menemukan bahwa asupan suplemen minyak ikan selama tiga bulan terakhir dikaitkan dengan volume semen yang lebih tinggi, jumlah sperma, dan ukuran testis," ujar tim peneliti, Tina Kold Jensen.

Menurut Jensen, banyak pria yang mengalami penurunan jumlah semen dalam beberapa dekade terakir. Penyebab pastinya sampai saat ini belum diketahui. Tapi ada kemungkinan penyebabnya karena masalah berat badan yang berlebihan. "Penurunan kualitas semen telah didokumentasikan selama 50 hingga 70 tahun terakhir," tambahnya.

Semantara itu, pakar kesuburan Prof Allan Pacey dari Universitas Sheffield mengatakan minyak ikan memang dapat membantu kesuburan pria. "Pria yang mengonsumsi suplemen minyak ikan selama tiga bulan sebelum mereka menghasilkan sampel semen, memiliki testis yang sedikit lebih besar, dan menghasilkan sperma yang lebih banyak saat ejakulasi," tutur Pacey.

Baca juga:

Pria, Celana Jins Bisa Jadi Musuh Kamu

Namun, lanjut Pacey, penemuan ini belum bisa terbukti secara mutlak. Belum bisa dipastikan apakah minyak ikan memang menjadi penyebab utama untuk menjaga kesuburan pria. Masalahnya. dalam penelitian itu, para peserta memang pria muda dan memiliki gaya hidup sehat.

Minyak ikan memperbanyak jumlah semen (Foto: Pexels/Pixabay)

Itu artinya, gaya hidup sehat memang berpengaruh terhadap kualitas kesuburan pria. Jangan merokok dan minum alkohol. Kemudian, mulailah mengonsumsi makanan sehat, terutama sayuran dan rutinlah berolahraga.

"Menjadi bugar dan sehat adalah penting bagi kesehatan reproduksi pria dan perempuan. Ini tidak membantu kami untuk mengatakan apakah minyak ikan secara khusus bermanfaat," tegas Dr Kevin McEleny, Konsultan Androlog. (ikh)

Baca juga:

Pria Wajib Tahu Gejala Gonore Ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH