Yuk Ketahui Manfaat dari Kulit Lemon Kulit lemon banyak manfaatnya (Foto: Boldsky/Makype)

LEMON adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Buah dengan rasa asam ini biasanya dibuat jus ataupun sebagai perasa asam di beberapa makanan. Biasanya orang akan mengambil sari lemon dan membuang kulitnya.

Padahal, menurut sebuah penelitian kulit jeruk lemon memiliki jumlah senyawa flavonoid tertinggi bernama flavon polimethoxylated (PMFs) dibandingkan dengan bagian buah lainnya yang dapat dimakan.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa manfaat kulit lemon yang harus kamu ketahui.

Baca juga:

Fakta-Fakta Menarik Seputar Golongan Darah O

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mampu meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Boldsky)
Mampu meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Boldsky)

Kulit lemon mengandung flavonoid, vitamin C dan pektin, sejenis serat larut yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pectin membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Hal itu lantaran pectin bisa meningkatkan ekskresi asam empedu, yang diproduksi oleh hati dan menghambat penyerapan kolesterol.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mampu menurunkan berat badan (Foto: Boldsky)
Mampu menurunkan berat badan (Foto: Boldsky)

Kulit lemon mengandung pektin yang dikenal dapat menurunkan berat badan dan dapat memperlambat penumpukan lemak dalam tubuh. Pektin menyerap air dan membentuk massa kental, yang berjalan melalui lambung dan usus kecil. Ini membuat kamu merasa kenyang untuk periode waktu yang lebih lama.

Baca juga:

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Meningkatkan eksehatan tulang (Foto: Boldsky)
Meningkatkan eksehatan tulang (Foto: Boldsky)

Kulit lemon mengandung sejumlah besar kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin C. Semua nutrisi ini membantu mencegah osteoporosis, rheumatoid arthritis dan kondisi tulang lainnya.

4. Melawan kanker

Melawan kanker (Foto: Boldsky)
Melawan kanker (Foto: Boldsky)

Kulit lemon menunjukkan sifat melawan kanker karena adanya flavonoid dan vitamin C di dalamnya. Ini menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Sementara kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, pada akhirnya menghilangkan sel kanker yang bermutasi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Foto: Boldsky)
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Foto: Boldsky)

Kulit lemon memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan flavonoid dan vitamin C-nya. Jika kamu merasa sakit, masukan sedikit kulit lemon ke dalam makanan atau teh kamu untuk memberikan tambahan energi ke tubuh.

Baca juga:

Ampas Teh untuk Kecantikan


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani