16 Tahun Film Spider-Man 2, Berikut 5 Fakta Unik Manusia Laba-Laba dari Marvel Lima fakta kece mengenai manusia laba-laba dari Marvel (Foto: Screen Rant)

SUDAH 16 tahun sejak film Spider-Man pertama yang dibuat oleh Sony rilis di layar lebar. Spider-Man 2 dari sutradara Sam Raimi pada masanya diklaim menjadi salah satu film superhero terbaik yang pernah hadir di box office.

Bahkan hingga sekarang, masih banyak perdebatan, pencarian easter eggs, hingga para penggemar Marvel yang masih menonton film Spider-Man versi itu.

Baca juga:

Bos Lama Peter Parker Kembali, J.K. Simmons Bakal Hadir di Film Spider-man Terbaru

Melihat pertarungan terbaik Spider-Man melawan Doctor Octopus dengan kualitas film yang tak termakan waktu membuat film ini masih layak ditonton di tahun 2020. Melansir dari laman Screen Rant, inilah lima fakta unik si manusia laba-laba dari Marvel yang belum banyak kamu tahu.

1. Inspirasi Stan Lee saat membuat Spider-Man

16 Tahun Film Spider-Man 2, Berikut 5 Fakta Unik Manusia Laba-Laba dari Marvel
Terinspirasi dari lalat yang merangkak di dinding (Foto: CBR)

Bukan seekor laba-laba, Stan Lee ternyata mendapatkan inspirasi untuk membuat superhero Spider-Man dari seekor lalat yang hinggap di dinding, merangkak dan terbang kesana kemari.

Karena inspirasi tersebut, ia langsung berangkat ke kantor Marvel dan mempresentasikan superhero yang bisa merangkak secara vertikal, yakni Stick-to-Wall Man.

Banyak nama yang dibuat oleh Stan Lee termasuk Insect-Man, Fly-Man, dan Mosquito-Man. Akhirnya nama Spider-Man yang menjadi pilihan terbaik untuk konsep superhero Marvel.

Bahkan Martin Goodman selaku presiden dari Marvel Comic menganggap bahwa itu adalah ide terburuk yang pernah ia dengar. Tapi nyatanya? Laris manis hingga sekarang.

2. Peter Parker bukanlah Spider-Man pertama

16 Tahun Film Spider-Man 2, Berikut 5 Fakta Unik Manusia Laba-Laba dari Marvel
Peter Parker adalah Spider-Man kedua di komik Marvel (Foto: CBR)

Peter Parker bukanlah orang yang pertama menjadi Spider-Man. Marvel ternyata sudah memperkenalkan musuh manusia laba-laba pada komik Journey into Mystery edisi ke-73, supervillain yang memiliki bentuk yang 'enggak' Spider-Man banget bernama Man-Spider.

Peter Parker diperkenalkan sebagai superhero teaser untuk komik Amazing Fantasy edisi ke-15, dan diberikan komik untuk menceritakan Spider-Man dengan nama The Amazing Spider-Man.

3. Spider-Man punya banyak pacar

16 Tahun Film Spider-Man 2, Berikut 5 Fakta Unik Manusia Laba-Laba dari Marvel
Banyak wanita yang mau dekat dengan Peter Parker (Foto: CBR)

Meski Peter Parker dulunya adalah seorang kutu buku yang tidak disukai banyak lawan jenis. Tetapi setelah mendapatkan kekuatan laba-laba radioaktif membuat Peter Parker memiliki tingkat percaya diri yang tinggi. Bahkan ketika dirinya duduk di bangku kuliah, banyak sekali perempuan yang mengejarnya.

Mari kita sebut satu-satu, Mary Jane Watson sahabat dari Parker, Liz Allen, sekretaris Daily Bugle Betty Brant, Gwen Stacy, Felicia Hardy yang dijuluki sebagai Black Cat, Debra Whitman, dan Marcy Kane.

Di lini gebetan, ia pernah menggaet Cissy Ironwood, sepupu dari Gwen Stacy, Carlie Cooper, Kitty Pride, juga superhero kece seperti Captain Marvel.

Baca juga:

Tom Holland Konfirmasi Kapan Produksi Spider-Man 3 Dimulai

4. Orang tuanya bekerja di S.H.I.E.L.D

16 Tahun Film Spider-Man 2, Berikut 5 Fakta Unik Manusia Laba-Laba dari Marvel
Richard dan Mary Parker bekerja untuk S.H.I.E.L.D (Foto: Screen Rant)

Banyak film dan serial kartun menjelaskan bahwa Peter Parker adalah seorang anak yatim yang dibesarkan oleh Aunt May dan Uncle Ben. Tetapi jauh dari cerita tersebut, kehidupan orang tua Parker menjadi sebuah misteri di dunia film dan kartun.

Tetapi misteri tersebut diungkap di komik The Untold Tales of Spider-Man, dimana Richard dan Mary Parker, orang tua dari Peter Parker adalah seorang agen S.H.I.E.L.D yang bekerja untuk pemerintah.

Setelah Peter Parker lahir, Richard dan Mary meninggal karena kecelakaan. Red Skull adalah dalang dari peristiwa tersebut, hingga sekarang hal itu masih belum diketahui oleh Peter Parker.

5. Tiga aktor ternama yang hampir menjadi Spider-Man

16 Tahun Film Spider-Man 2, Berikut 5 Fakta Unik Manusia Laba-Laba dari Marvel
Banyak aktor yang mengantri untuk menjadi Spider-Man (Foto: Screen Rant)

Selain Tobey, Garfield, dan Holland, banyak sekali aktor yang mengantri untuk memerankan Peter Parker di layar lebar. Pada saat pra-produksi film, Sony telah membuat naskah Spider-Man yang berencana ingin diperankan oleh Leonardo DiCaprio.

Tapi DiCaprio menolak tawaran tersebut dan memberikan peran tersebut ke sahabatnya yakni Tobey Maguire. Pada saat itu, Freddie Prinze Jr, dan Jude Law telah mengantri untuk audisi sebagai Peter Parker.

Jake Gyllenhaal juga ingin menggantikan Tobey Maguire ketika dirinya mengalami cedera punggung. Tetapi Maguire berhasil sembuh dari cedera tersebut tepat waktu sebelum benar-benar digantikan oleh Gyllenhaal.

Pada saat reboot film di tahun 2012, Josh Hutcherson, Michael Cera, dan Robbert Pattinson telah ditunjuk untuk berperan menjadi Peter Parker versi The Amazing Spider-Man sebelum resmi diperankan oleh Andrew Garfield.

Sebelum Tom Holland, aktor ternama seperti Asa Butterfield, Nat Wolff, dan Chandler Riggs juga sudah mengantri pada audisi Spider-Man versi MCU. (dnz)

Baca juga:

Chiwetel Ejiofor Kembali Perankan Mordo di Sekuel Film Doctor Strange


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH