10 Universitas Tertua di Dunia, Salah Satunya Terkait Ekspedisi Hindia Belanda Universitas Cambridge di Inggris. (Foto: Pixabay/alexxxis)

PUSAT-pusat pendidikan tinggi telah ada selama ratusan tahun, dan bahkan ribuan tahun, tetapi tidak semua bertahan dalam ujian waktu. Selama berabad-abad, banyak universitas tertua di dunia telah bubar atau terpecah menjadi perguruan tinggi otonom.

Banyak universitas tertua di dunia juga termasuk yang paling bergengsi dan populer, menawarkan perpaduan antara peninggalan bersejarah dan pandangan kontemporer.

Dikutip Top Uniersities, berikut 10 universitas tertua di dunia. Sebagian besar berlokasi di Eropa, tetapi ada juga perwakilan Afrika yang perlu dipertimbangkan.


1. University of Bologna

University of Bologna. (Foto: instagram.com/tourlandia_)
University of Bologna. (Foto: instagram.com/tourlandia_)

Lokasi: Italia

Didirikan: 1088

"Nourishing Mother of the Studies" sesuai dengan moto Latinnya, Universitas Bologna didirikan pada 1088 dan memegang gelar universitas tertua di dunia. Alumni terkenal termasuk tiga paus, banyak pengusaha, dan beberapa politisi Italia. University of Bologna berada di peringkat ke-180 di QS World University Rankings 2019.


2. University of Oxford

University of Oxford. (Foto: instagram.com/rafaelachang)
University of Oxford. (Foto: instagram.com/rafaelachang)

Lokasi: Inggris

Didirikan pada: 1096-1167

Dengan daftar alumni yang mencakup 27 Perdana Menteri Inggris, 20 Uskup Agung Canterbury, 12 santo, 27 pemenang Nobel, 50 pemenang Hadiah Nobel dan Sir Stephen Hawking, University of Oxford sama terhormatnya. Saat ini peringkat kelima di peringkat dunia.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Rutinitas Pagi yang Gampang Dilakukan untuk Menurunkan Berat Badan


3. University of Salamanca

Universidad de Salamanca. (Foto: instagram.com/ussp_usal)
Universidad de Salamanca. (Foto: instagram.com/ussp_usal)

Lokasi: Spanyol

Didirikan pada: 1134

Universitas Salamanca didirikan pada tahun 1134 dan diberi Piagam Kerajaan pada tahun 1218, menjadikannya lembaga tertua di Spanyol, setelah Universitas Palencia yang sekarang tidak ada lagi. Institusi tempat Christopher Columbus mengajukan kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan atas ekspedisi Hindia-Belanda di akhir abad ke-15. Berada di peringkat 591-600 QS World University Rankings 2019.


4. University of Paris

University of Paris. (Foto: instagram.com/lucreziavandoni)
University of Paris. (Foto: instagram.com/lucreziavandoni)

Didirikan pada: 1160-1250

Didirikan antara 1160 dan 1250 di ibu kota Prancis, Universitas Paris, sering dikenal sebagai "la Sorbonne" dikenal sebagai salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa. Saat ini, Universitas Paris tersebar di seluruh kota yang telah dibagi menjadi 13 lembaga otonom pada tahun 1970.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kota-Kota Favorit yang Diperhitungkan Dunia Pariwisata, Bali Masuk Lima Besar


5. University of Cambridge

University of Cambridge. (Foto: instagram.com/laviefighting)
University of Cambridge. (Foto: instagram.com/laviefighting)

Lokasi: Inggris

Didirikan: 1209

Didirikan 1209 oleh sekelompok sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford karena konflik politik, Universitas Cambridge kini berada di peringkat keenam di dunia. Cambridge memiliki sekitar 21.600 siswa, 4.100 di antaranya berasal dari luar Uni Eropa.


6. University of Padua

University of Padua. (Foto: instagram.com/giuliodix_ph)
University of Padua. (Foto: instagram.com/giuliodix_ph)

Lokasi: Italia

Didirikan: 1222

Universitas Padua (Universita di Padova atau UNIPD) didirikan pada 1222 dan merupakan salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan di Italia yang masih beroperasi. Saat ini peringkat ke-249. Universitas mendirikan Kebun Raya Padova yang sekarang menjadi salah satu taman akademik tertua di dunia.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Berikut Beberapa Kiat Bermanfaat untuk Kurangi Penggunaan Gawai pada Anak


7. University of Naples Federico II

University of Naples Federico II. (Foto: instagram.com/costellazionediorione)
University of Naples Federico II. (Foto: instagram.com/costellazionediorione)

Lokasi: Italia

Didirikan: 1224 (1258)

Didirikan pada 1224 oleh Frederick II, kaisar Romawi, Universitas Naples - Federico II terletak di Naples, kota terbesar ketiga di Italia. University of Naples Federico II berperingkat 472 dunia dan antara alumni yang paling terkenalnyaadalah filsuf dan teolog Thomas Aquinas.


8. University of Siena

University of Siena. (Foto: instagram.com/loremarto)
University of Siena. (Foto: instagram.com/loremarto)

Location: Italia

Didirikan: 1240

Terletak di kota kecil Siena di wilayah Tuscany, University of Siena adalah salah satu universitas tertua di dunia dengan peringkat 701-750 dunia. Siena juga penting secara historis, telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan dikunjungi setiap tahun oleh lebih dari 163.000 wisatawan untuk menikati makanan, seni, museum, dan warisan abad pertengahan.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Makanan-Makanan Ini Mesti Dihindari kalau Kamu Pakai Kawat Gigi


9. University of Coimbra

University of Coimbra. (Foto: instagram.com/blieftravel)
University of Coimbra. (Foto: instagram.com/blieftravel)

Lokasi: Portugal

Didirikan: 1290

Meskipun awalnya didirikan di ibukota Portugal pada tahun 1290, dipindahkan beberapa kali, University of Coimbra akhirnya berakhir di Coimbra. Universitas ini telah banyak melewati banyak reformasi radikal, dan selama beberapa dekade abad ke-18 itu adalah satu-satunya universitas yang beroperasi di Portugal. Pada 2013, Universitas Coimbra masuk daftar Warisan Dunia UNESCO.

10. Al-Azhar University

Al-Azhar Universty. (Foto: instagram.com/asymmetricworld)
Al-Azhar Universty. (Foto: instagram.com/asymmetricworld)

Lokasi: Mesir

Didirikan: 970

Meskipun tidak mendapatkan status universitas sampai tahun 1961, Universitas Al-Azhar layak masuk dalam daftar ini karena awalnya didirikan pada awal 970 Masehi di Kairo, Mesir. Awalnya merupakan madrasah yang mengajarkan siswa dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Universitas ini pertama kali dikenal sebagai pusat pembelajaran Islam tetapi sejak itu mengembangkan kurikulum modern mata pelajaran sekuler. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Hidangan Mewah Salmon yang Lezat dan Menyehatkan

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH