Sobat Budaya Buka Rahasia Kuliner Nusantara

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 28 November 2016
Sobat Budaya Buka Rahasia Kuliner Nusantara
Peta Kuliner Nusantara merupakan peta kekerabatan dari 1.458 kuliner yang telah didata dalam budaya-indonesia.org. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

MerahPutih Kuliner – Selain dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, Indonesia pun tak luput dari keberagaman kuliner yang memiliki khas sendiri jika dibandingankan dengan negara lainnya.

Bahkan, selain menyajikan rasa khas, kuliner tradisional Indonesia pun menyimpan sebuah nilai historis atau filosofi dari ragam kuliner tersebut. Dan kekayaan rempah-rempah Indonesia, tak ayal mewarnai kuliner tradisional negeri.

Ihwal demikian, yang kemudian membuat Ketua Umum Sobat Budaya, Siti Wulandari mengatakan bahwa berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Indonesia memiliki ribuan kuliner yang tersebar di seluruh pelosok negeri. "Peta Kuliner Nusantara merupakan peta kekerabatan dari 1.458 kuliner yang telah didata dalam budaya-indonesia.org," kata Wulandari kepada merahputih.com. Ahad (27/11).

Dan menariknya, pada peta tersebut Wulandari menjelaskan tentang keberagaman dan kekerabatan kuliner yang ada. "Di dalam #IndoMuse app (sebuah aplikasi peta kekerabatan kuliner), kita bisa mempelajari bahan dasar, bumbu-rempah, dan pemaknaan atas kuliner tersebut," jelasnya.

Karena itu, dengan adanya Peta Kuliner Nusantara, Wulandari berharap masyarakat semakin tahu akan informasi keberagaman panganan tradisional Indonesia. "Memberikan inspirasi bagi masyarakat atau pun UKM utk mengembangkan ragam jenis kuliner ke ranah bisnis, memberikan edukasi tentang pemaknaan dan filosofi di balik kuliner kepada masyarakat karena setiap kuliner punya ceritanya masing-masing," harapnya.

"Sebagai data dan alat penangkal jika terjadi sengketa atau klaim kuliner dan sebagai identitas atas kekayaan dan keragaman kuliner Nusantara," tambahnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Lomba 4 Masakan di Festival Kuliner Yogya
  2. Cari Kuliner Lengkap, Datang Aja ke CFD Solo
  3. Restoran Kapal Cheng Ho Cirebon Tawarkan Kuliner Plus
  4. 91 Persen Sempurna, Sajian Kuliner di Clique Kitchen and Bar
  5. Gangan, Kuliner Khas Belitung
#Kuliner Nusantara #Festival Kuliner Nusantara #Kuliner Tradisional #Masakan Indonesia #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan