Myanmar Selamatkan Kapal Berisi 200 Imigran

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Jumat, 22 Mei 2015
Myanmar Selamatkan Kapal Berisi 200 Imigran
Foto: The Online Citizen

MerahPutih Internasional - Angkatan Laut Myanmar dilaporkan telah menyelematkan 200 imigran yang terombang-ambing di kapal. Myanmar menyebut ratusan orang itu sebagai imigran Bangladesh dan menolak menyebutnya sebagai kelompok Muslim Rohingya.
 
Seperti dilansir laman Reuters, kepala militer Myanmar menyatakan beberapa pendatang, yang mendarat di Malaysia dan Indonesia, diduga berpura-pura sebagai warga Rohingya dari Myanmar agar bisa menerima bantuan dari PBB.
 
Terdapat 1,1 juta warga etnis Rohingya di Myanmar. Mereka hidup dalam kondisi apartheid di wilayah Rakhine, Myanmar barat. Dari jumlah itu, sekitar 140.000 orang mengungsi setelah terjadi bentrok dengan umat Budha di Rakhine tahun 2012.

Amerika Serikat pekan ini mengecam Myanmar karena gagal mengatasi penyebab krisis, yang oleh para pengamat berawal dari penolakan Myanmar mengakui Rohingya, kelompok etnis minoritas yang tinggal di Myanmar barat, sebagai warga negara.
 
Pemerintah wilayah Rakhine, Myanmar dalam siaran persnya menyatakan bahwa mereka menemukan dua kapal. Satu kapal berisi ratusan imigran sedangkan kapal yang lainnya kosong. Kapal itu berasal dari Ranong, di Thailand selatan.
 
”Ketika berpatroli di perairan Myanmar, kapal Angkatan Laut Myanmar 568 menemukan kapal yang berisi 200-an orang Bengali serta kapal kosong di laut yang berjarak sekitar empat mil dari sebelah barat Thinbaw Gway, Maungdaw," ungkap juru bicara Pemerintah Myanmar, Ye Htut yang menyebut imigran gelap Bangladesh dengan sebutan Bengali.
 
Htut menilai secara keseluruhan ada 219 orang yang ada di kapal tersebut. Myanmar selama ini dikecam sejumlah pihak, karena dianggap menjadi salah satu penyebab munculnya masalah imigran Rohingya.

Baca Juga:

Terus Ditekan, Myanmar Janji Lindungi Muslim Rohingya di Negaranya

Amerika Desak Myanmar untuk Lindungi Warga Rohingya

Etnis Rohingya Alami Kekerasan Sesama Pengungsi

Malaysia Tegas Menolak Pengungsi Rohingya

Terkait Rohingya, Politikus PKS: Tarik Dubes Indonesia di Myanmar!

#Myanmar #Imigran Rohingya
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan