Dunia Tersembunyi Organisme Terkecil di Laut Terungkap

Fadhli Fadhli - Jumat, 22 Mei 2015
Dunia Tersembunyi Organisme Terkecil di Laut Terungkap
Organisme planktonik seperti makhluk-makhluk bersel tunggal yang ditemukan di seluruh lautan. (Foto: Christian Sardet / Tara Oceans)

MerahPutih Sains - Dunia tersembunyi dari organisme terkecil laut telah terungkap dalam serangkaian makalah yang diterbitkan dalam jurnal Science. Sebuah tim internasional telah mempelajari sampel plankton yang dikumpulkan selama ekspedisi global dalam tiga tahun.

Sejauh ini mereka telah menemukan 35.000 spesies bakteri, 5.000 virus baru,juga 150.000 tanaman dan makhluk bersel tunggal. Mereka percaya bahwa temuan ini baru bagi ilmu pengetahuan.

Dr Chris Bowler, dari Pusat Nasional untuk Penelitian Ilmiah (CNRS), di Paris, mengatakan kepada BBC, "Kami memiliki deskripsi paling lengkap organisme planktonik sampai saat ini,hal apa yang ada dalam virus, bakteri dan protozoa.Kami akhirnya memiliki katalog yang hadir secara global."

Organisme planktonik hanya hidup beberapa menit, tetapi mereka semua mencakup 90% dari keseluruhan kehidupan di lautan. Mereka termasuk virus, bakteri, serta tanaman dan makhluk sel tunggal (protozoa).

Mereka merupakan dasar dari rantai makanan dan menghasilkan setengah dari kebutuhan oksigen laut melalui fotosintesis. Namun, sampai sekarang hanya sedikit yang dapat diketahui tentang ekosistem laut yang tak terlihat ini.

Tara expedition yang didanai oleh perancang busana Prancis, Agnes B, tergerak untuk mengubah itu. Kala itu, tim ilmuwan internasional ini mengambil bagian dalam ekspedisi antara tahun 2009 sampai 2013.

Mereka berlayar sejauh 30.000km di lautan dunia. Para peneliti itu mengumpulkan 35.000 sampel yang diambil dari kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut, di bawah gelombang. Proyek ini telah menelan biaya sekitar 10 juta euro.

 

Baca juga:

Misi Pertama SpaceX

Misi Satelit Jason 3

NASA Adakan Kompetisi Desain Habitat

Penyu Selamat Berkat Teknologi 3D

Stephen Hawking Peringatkan Artificial Intelligence Bisa Akhiri Manusia

#Organisme Laut
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan