BPK Ungkap Keterlibatan Pihak Ketiga di Balik Kasus Petral

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 08 November 2015
BPK Ungkap Keterlibatan Pihak Ketiga di Balik Kasus Petral
Menteri ESDM Sudirman Said (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR di DPR Jakarta, Rabu (8/4). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

MerahPutih Peristiwa - Audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap anak usaha PT Pertamina (Persero) yaitu Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) telah selesai dilakukan pada Kamis (5/11) lalu. Hasil audit tersebut salah satunya mengungkap ada keterlibatan pihak ketiga dalam mengatur bisnis di Petral.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ada tiga poin penting hasil dari audit BPK tersebut. Hal yang diungkap Sudirman yaitu adanya keterlibatan pihak ketiga dalam proses pengadaan dan jual-beli minyak mentah dan produksi BBM di Pertamina Energi Service (PES).

"Pihak ketiga ini bukanlah pemerintah, bukan manajemen Petral, bukan juga manajemen Pertamina," kata Sudirman Said dalam saat konferensi pers "Membangun Lanskap Baru Sektor ESDM 1 Tahun Capaian Kinerja Kementerian ESDM", di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (8/11).

Sudirman Said tidak menyebutkan secara terinci tentang pihak ketiga tersebut. Dalam catatan Sudirman Said, tiga poin penting hasil audit tentang pihak ketiga tersebut: Pertama, terbukti melalui dokumentasi Petral bahwa pihak ketiga tersebut berperan dari mulai mengatur tender hingga memunculkan harga dari hasil hitungan sendiri.

Kedua, lebih jauh lagi pihak ketiga ini berhasil memengaruhi personal di PES untuk memuluskan aksi mereka dalam upaya mengatur tender dan harga tersebut. Poin ketiga, akibat ikut campurnya pihak ketiga itu, Petral dan Pertamina tidak memeroleh harga terbaik ketika melakukan pengadaan minyak maupun jual beli produk BBM.

"Memang tidak menghitung berapa negara dirugikan. Tapi yang jelas, bahwa tindakan-tindakan yang dilakukan pihak ketiga itu merugikan negara," kata Sudirman Said. (rfd)

 

Baca Juga:

  1. Kerugian Negara oleh Petral Akan Diproses secara Hukum
  2. Sudirman Said Beberkan Hasil Audit BPK terhadap Petral
  3. Setahun Jokowi-JK, Bubarkan Petral Hingga Beroperasinya TPPI
  4. Terkait Pembubaran Petral, Faisal Basri: Lebih Baik Pak SBY Diam Saja
  5. Menteri ESDM Mendadak Bungkam Ditanya Soal Petral
#Audit BPK #ESDM #Pertamina #Petral #Sudirman Said
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan