"Atlet Wajib Dibekali Pendidikan yang Layak"

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 10 Desember 2015
Tidak hanya mementingkan latihan dan persiapan pertandingan, atlet juga wajib dibekali pendidikan yang layak. (Foto: ilustrasi detiksport)

MerahPutih Olahraga - Tidak hanya mementingkan latihan dan persiapan pertandingan, atlet juga wajib dibekali pendidikan yang layak. Hal tersebut, diutarakan pengamat olahraga, Suharto Olii.

Dengan begitu, dikatakan Suharto Olii, tidak ada lagi cerita pilu yang terjadi setelah atlet tersebut tidak lagi turun gelanggang. Sebab dengan menempuh pendidikan dan mendapatkan ilmu yang lebih tinggi, bisa dimanfaatkan untuk terus menopang kehidupan.

"Kalau punya bekal pendidikan, atlet bisa dipekerjakan. Baik itu di bank, ataupun di sektor-sektor lainnya yang bermartabat. Kita bisa katakan kondisi atlet sekarang lebih beruntung karena sudah menyadari pentingnya hal tersebut. Tentu sangat berbeda dengan atlet di tahun 1990 ke bawah yang tidak mengutamakan pendidikan," terangnya.

Ditambahkannya lagi, ketika Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dijabat Adhyaksa Dault, mempekerjakan atlet berprestasi dan berpendidikan, juga sudah terjadi. Dicontohkannya, atlet atletik seperti Suryo Agung, diangkat menjadi PNS di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kemudian Juana Wangsa Putri, dua kali Olimpide (2000-2004) dia PNS di Dispora DKI Jakarta. Di Asian Games 2002, dia meraih medali perak. Lalu kalau SEA Games, tidak terhitung. Ada juga Imam Agus Faisal, Laudry Maspaitella, Risko Herlambang, atlet voli yang akhirnya kerja di bank," sambungnya.

"Lebih jauh lagi, ada juga peraih medali perak di Olimpiade Seoul, Kore Selatan, tahun 1988, salah satu trio srikandi pemanah Indonesia, Nurfitriyana Saiman. Dia kerja sebagai Kepala Cabang Pembantu Bank DKI Jakarta. Lalu di renang ada Lukman Niode, sekarang menjabat Wakil Ketum Satlak Prima (perunggu di Asian Games tahun 1982) dan pernah tampil di Olimpiade Los Angles tahun 1984," pungkasnya.(esa)

Baca juga:

  1. Pengamat Sebut Penataan 'Tali Asih' Berikan Banyak Manfaat
  2. Pengamat Minta Pemerintah Wujudkan Dana Pensiun Atlet Berpestasi
  3. Pengamat Berharap Penataan Strategi Pemberian Bonus Bagi Mantan Atlet
  4. Mengupas Kisah Miris Mantan Atlet Taekwondo dari Papua
  5. Kisah Haru Mantan Taekwondo Indonesia Berbakat yang Rendah Hati
  6. Suharyadi, Petenis Peraih Emas yang Terlupakan
  7. Atlet Nasional Terpuruk di Penghujung Kariernya

 

#Bonus Atlet #Olah Raga #Atlet Bernasib Malang #Nasib Mantan Atlet Nasional #Mantan Atlet Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan